7 Gejala Kekurangan Vitamin B12 yang Mudah Dikenali, Salah Satunya Sebabkan Depresi

Rabu, 24 Juni 2020 14:00 Reporter : Ani Mardatila
7 Gejala Kekurangan Vitamin B12 yang Mudah Dikenali, Salah Satunya Sebabkan Depresi Ilustrasi depresi. ©2015 Merdeka.com/shutterstock

Merdeka.com - Vitamin B12 adalah nutrisi penting yang membuat tubuh berfungsi dengan baik. Gejala kekurangan vitamin B12 termasuk kelelahan, suasana hati yang rendah, dan masalah saraf.

Tubuh manusia tidak membuat vitamin B12, jadi orang harus mendapatkan nutrisi ini dari makanan mereka. Sangat penting untuk membuat DNA dan sel darah merah, dan membantu mendukung sistem saraf.

Vitamin B12 berperan penting dalam produksi sel darah. Banyak gejala kekurangan vitamin B12 muncul karena menyebabkan kurangnya sel darah yang sehat. Tubuh membutuhkan banyak sel-sel ini untuk mendapatkan oksigen di seluruh tubuh dan menjaga kesehatan organ.

Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan masalah fisik dan psikologis. Berikut gejala kekurangan vitamin B12 pada seseoranng:

1 dari 8 halaman

Fungsi Vitamin B12

Vitamin B12 memiliki fungsi penting dalam produksi DNA yang merupakan kode genetik tubuh. DNA mengarahkan pembentukan yang tepat dari setiap bagian tubuh.

Vitamin B12 juga mengurangi homocysteine, salah satu bahan kimia alami tubuh. Jika homocysteine tidak dimetabolisme dengan baik, maka itu menyebabkan peradangan dan kerusakan toksik pada tubuh.

2 dari 8 halaman

Gejala Kekurangan Vitamin B12

Orang yang kekurang vitamin B12 akan memiliki gejala dan berefek pada kondisi tubuh mereka sebagai berikut:

Anemia

Anemia adalah berkurangnya fungsi sel darah merah (RBC). Manifestasi klinis utama defisiensi B12 adalah anemia megaloblastik, yang merupakan jenis anemia yang sering menyebabkan kelelahan dan takikardia (denyut jantung cepat), dan kadang-kadang pusing. 

Vitamin B12 adalah nutrisi yang diperlukan untuk produksi sel darah merah normal. Sel darah merah memberikan oksigen penghasil energi ke seluruh tubuh untuk memberi daya pada semua kebutuhan tubuh.

Anemia megaloblastik dapat didiagnosis dengan tes darah.

3 dari 8 halaman

Neuropati Perifer

Neuropati perifer adalah jenis gangguan saraf. Ini berarti bahwa saraf itu sendiri mungkin rusak atau ada kekurangan myelin. Myelin adalah penutup pelindung saraf tepi. Vitamin B12 adalah faktor pendamping dalam pembentukan mielin, dan dengan demikian defisiensi vitamin B12 mencegah pembentukan mielin sesuai kebutuhan.

Dengan defisiensi B12, kerusakan saraf langsung dikombinasikan dengan penurunan mielin yang mengganggu fungsi saraf normal. Saraf perifer mengontrol gerakan dan sensasi tubuh.

Gejala neuropati perifer biasanya mempengaruhi kaki dan tangan dan dapat meluas hingga mencakup lengan dan tungkai juga. Gejala yang paling umum termasuk:

  • Perasaan geli
  • Mati rasa
  • Kelemahan
4 dari 8 halaman

Demensia

Demensia adalah penyakit yang ditandai dengan hilangnya ingatan dan perubahan perilaku. Ada banyak penyebab demensia, dan kekurangan vitamin B12 adalah salah satu penyebab yang lebih baru diketahui. 

Penelitian ilmiah menunjukkan bahwa demensia yang terkait dengan defisiensi vitamin B12 mungkin akibat peningkatan kadar homocysteine. Gejala demensia meliputi:

  • Kelupaan 
  • Kelinglungan
  • Kesulitan memecahkan masalah
  • Ketidakmampuan berkonsentrasi
  • Kehilangan kemampuan untuk mengurus diri sendiri
  • Apati 
  • Halusinasi 
5 dari 8 halaman

Gejala Lainnya

Depresi adalah kemungkinan manifestasi defisiensi vitamin B12 dan dapat disertai dengan anemia atau demensia.

Stroke adalah kondisi medis yang ditandai oleh gangguan aliran darah ke otak, menyebabkan cacat fisik atau mental. Kekurangan vitamin B12 dapat meningkatkan risiko stroke di kalangan anak muda yang tidak berisiko stroke. Ada atau tidaknya suatu tautan sangat kontroversial, dan risikonya dapat diakibatkan oleh kadar homocysteine yang berlebih.

Mielopati berarti penyakit sumsum tulang belakang. Kekurangan vitamin B12 menyebabkan sejenis penyakit tulang belakang yang disebut degenerasi gabungan medula spinalis subakut, yang merupakan kehilangan myelin pelindung dari area tertentu dari medula spinalis yang mengendalikan keseimbangan dan sensasi.

Gejala degenerasi gabungan subakut medula spinalis meliputi:

  • Kelemahan 
  • Mati rasa, kesemutan 
  • Kelenturan 
  • Masalah keseimbangan 

Pembengkakan lidah juga disebabkan oleh defisiensi vitamin B12. Glossitis adalah nama yang digunakan untuk menggambarkan lidah yang menyakitkan dan luar biasa halus yang dapat disebabkan oleh kekurangan nutrisi ini.

6 dari 8 halaman

Penyebab Kekurangan Vitamin B12

Asupan Diet Rendah

Penyebab paling umum dari kekurangan vitamin B12 adalah kurangnya vitamin B12 dalam makanan. Vitamin B12 adalah nutrisi yang hanya ditemukan dalam produk hewani seperti daging, ayam, ikan, telur, dan susu. 

Karenanya, vegan berisiko tinggi terhadap vitamin B12 rendah gizi, seperti juga orang-orang non-vegan yang tidak cukup makan makanan kaya vitamin B12 ini.

7 dari 8 halaman

Penyerapan Rendah

Vitamin B12 diserap oleh usus kecil, tetapi membutuhkan beberapa proses awal di perut terlebih dahulu. Karena itu, beberapa kondisi yang mempengaruhi lambung atau usus kecil dapat mengganggu penyerapan vitamin B12 yang tepat. Faktor intrinsik adalah protein yang diproduksi di lambung yang bergabung dengan vitamin B12 sebelum dapat diserap di usus kecil.

Penyakit autoimun, operasi bypass lambung, dan radang lambung adalah semua situasi yang mengganggu produksi dan fungsi faktor intrinsik, dan dengan demikian vitamin B12 dalam makanan mungkin tidak cukup diserap ke dalam tubuh, dan sebaliknya, dihilangkan melalui buang air besar.

Penggunaan alkohol yang berat menyebabkan perubahan pada lapisan lambung, mengganggu produksi faktor intrinsik, menyebabkan defisiensi B12.

Penyakit usus seperti penyakit Crohn dan penyakit seliaka dapat mencegah penyerapan vitamin B12 dalam usus kecil, menyebabkan kekurangan bahkan jika ada cukup vitamin B12 dalam makanan.

8 dari 8 halaman

Penyakit Anemia Pernisiosa

Anemia pernisiosa adalah penyakit autoimun yang mengurangi atau menghilangkan faktor intrinsik, protein dalam lambung yang mengikat diet B12 sehingga dapat diserap. 

Hal ini menyebabkan defisiensi B12 melalui malabsorpsi. Jenis kekurangan B12 ini tidak dapat diobati dengan penggantian B12 oral dan memerlukan perawatan dengan suntikan vitamin B12. Gejala anemia pernicious meliputi:

  • Kelelahan
  • Kekurangan energi
  • Sakit kepala ringan
  • Depresi 
  • Sakit kepala
  • Detak jantung yang cepat 
  • Dering di telinga

Obat-obatan dapat mengganggu penyerapan vitamin B12. Obat yang paling umum yang dapat menyebabkan kadar vitamin B12 rendah meliputi:

  • Metformin: obat yang digunakan untuk mengobati diabetes
  • Colchicine: obat yang digunakan untuk mengobati asam urat
  • Chloramphenicol: antibiotik yang digunakan untuk mengobati infeksi
  • Banyak obat yang digunakan untuk pengobatan mulas
[amd]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini