7 Cara Mempercepat Pertumbuhan Rambut, Jangan Terlalu Banyak Mewarnainya

Senin, 9 November 2020 08:01 Reporter : Ani Mardatila
7 Cara Mempercepat Pertumbuhan Rambut, Jangan Terlalu Banyak Mewarnainya Ilustrasi rambut. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Anda dilahirkan dengan jumlah folikel rambut sebanyak kurang lebih 5 juta, menurut American Academy of Dermatology (AAD). Dari jumlah tersebut, sekitar 100.000 folikel ada di kulit kepala Anda. Mengenai kerontokan rambut, AAD mengatakan bahwa kehilangan sekitar 50 hingga 100 rambut sehari sangatlah normal.

Rambut tumbuh dari akar di bagian bawah folikel di bawah kulit Anda. Darah di kulit kepala Anda menuju ke folikel dan memasok oksigen dan nutrisi ke akar rambut, yang membantu rambut Anda tumbuh.

Saat rambut Anda tumbuh, ia akan mendorong melalui kulit Anda dan melewati kelenjar minyak. Menurut AAD, minyak dari kelenjar inilah yang membuat rambut Anda berkilau dan lembut.

Meskipun genetika berperan dalam menjaga pertumbuhan rambut yang sehat, beberapa faktor lain juga ikut berperan. Meskipun tidak ada ramuan atau obat ajaib yang dapat menghasilkan pertumbuhan instan, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk membantu rambut Anda tumbuh.

Berikut cara mempercepat pertumbuhan rambut dan kebiasaan yang perlu Anda terapkan dirangkum dari laman Healthline :

2 dari 6 halaman

Tahapan pertumbuhan rambut

Rambut tumbuh dalam tiga tahap, dan setiap helai rambut mengikuti garis waktunya sendiri. Ketiga tahap tersebut adalah:

  • anagen: fase pertumbuhan aktif rambut yang berlangsung selama 2-8 tahun
  • catagen: fase transisi di mana rambut berhenti tumbuh, berlangsung selama 4-6 minggu
  • telogen: fase istirahat di mana rambut rontok, berlangsung selama 2-3 bulan

Kulit kepala rata-rata memiliki 90-95 persen, dari folikel rambut dalam fase anagen. Ini berarti sekitar 5-10 persen berada dalam fase telogen, yang menyumbang 100-150 rambut yang rontok setiap hari.

3 dari 6 halaman

Cara mempercepat pertumbuhan rambut

Hindari diet ketat

Menurut Dr. Lindsey Bordone, seorang dokter kulit di ColumbiaDoctors dan asisten profesor dermatologi di Pusat Medis Universitas Columbia, kita tidak dapat mengontrol segala sesuatu yang mempengaruhi pertumbuhan rambut kita. Tetapi ada hal-hal yang dapat kita hindari yang dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan dan peningkatan kerontokan.

“Diet restriktif dapat menurunkan sumber daya dan nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut,” kata Bordone.

“Dan karena pertumbuhan rambut merupakan prioritas yang relatif rendah dibandingkan dengan fungsi tubuh lainnya, pertumbuhan rambut terhenti dengan cepat ketika tubuh Anda sedang stres akibat diet ketat,” jelasnya.

Bordone juga mengatakan bahkan setelah menjalani diet sehat, rambut rontok biasanya berlangsung selama beberapa bulan.

Periksa asupan protein Anda

Jika diet Anda sangat ketat, rambut tidak akan tumbuh secara optimal, dan kerontokan bisa terjadi.

Makan makanan yang seimbang dengan asupan protein yang cukup penting untuk pertumbuhan rambut yang optimal. Umumnya, menurut rekomendasi Bordone, baiknya mengonsumsi 50 gram protein atau lebih per hari.

4 dari 6 halaman

Cobalah produk yang mengandung kafein

Kita semua tahu bahwa kafein dapat memberi Anda dorongan energi, tetapi satu studi 2014, menemukan bahwa mungkin juga memiliki efek meningkatkan pertumbuhan pada rambut Anda.

Menurut penelitian, kafein dapat membantu mendorong pertumbuhan rambut baru pada tingkat molekuler, seluler, dan organ baik pada pria maupun wanita.

Tingkatkan asupan nutrisi Anda

Cara mempercepat pertumbuhan rambut selanjutnya yaitu dengan memenuhi asupan nutrisi Anda. Vitamin, mineral, dan asam lemak tertentu sangat penting untuk kesehatan Anda secara keseluruhan dan juga memainkan peran kunci dalam menyediakan energi yang dibutuhkan tubuh untuk pertumbuhan rambut. Ini meliputi:

Sebuah studi menemukan bahwa mengonsumsi suplemen omega-3 dan omega-6 selama 6 bulan dapat membantu melindungi rambut rontok.

Sementara penelitian yang menunjukkan kemanjuran biotin terbatas, sebuah review dari literatur menemukan 18 kasus yang dilaporkan menunjukkan perbaikan klinis pada kesehatan rambut dan kuku setelah suplementasi biotin.

5 dari 6 halaman

Manjakan diri dengan pijat kulit kepala

Kegiatan memijat kulit kepala dapat membantu mendukung relaksasi dan meringankan stres. Tetapi, menurut penelitian kecil, ini juga dapat membantu meningkatkan kesehatan rambut Anda. Pijat kepala ini dapat menjadi cara mempercepat pertumbuhan rambut.

Studi tersebut meneliti keefektifan pijat kulit kepala setiap hari selama 4 menit. Setelah 24 minggu, para peneliti menemukan bahwa sembilan pria yang terlibat dalam penelitian ini memiliki rambut yang lebih tebal daripada di awal.

Meskipun penelitian tersebut tidak menunjukkan perbedaan nyata dalam pertumbuhan rambut, pijat kulit kepala diperkirakan dapat membantu melebarkan pembuluh darah di bawah kulit. Hal ini, pada gilirannya, dapat menyebabkan rambut lebih tebal dan kuat yang cenderung tidak patah atau rusak.

Anda bisa mendapatkan pijatan kulit kepala profesional atau memanjakan diri dengan pijatan sendiri di rumah.

6 dari 6 halaman

Kurangi Suhu Panas

Panas dari alat pengeriting rambut, pengering rambut, dan pelurus rambut dapat merusak rambut dan menyebabkan kerusakan. Meskipun menghindari penataan panas sama sekali mungkin bukan pilihan, Anda bisa mencoba membatasi seberapa sering Anda menggunakan alat ini. Menurunkan suhu alat penataan rambut yang dipanaskan juga dapat membantu mengurangi kerusakan rambut.

Selain itu, menurut sebuah studi tahun 2011, menggunakan produk pelindung panas sebelum menggunakan alat penata rambut yang dipanaskan dapat mengurangi kerusakan rambut secara signifikan.

Perawatan panas bekerja dengan membentuk penghalang pelindung yang membantu mencegah hilangnya kelembapan saat menggunakan alat yang dipanaskan.

Jangan terlalu banyak mewarnai rambut Anda

Saat kita mewarnai rambut kita dan mengubah teksturnya dengan bahan kimia, proses ini dapat memberi tekanan pada rambut dan menyebabkannya patah.

Tetapi ketika kita mengurangi proses ini, rambut akan lebih sedikit patah dan tampak seperti tumbuh lebih cepat.

Jadi, cara mempercepat pertumbuhan rambut yang terakhir adalah dengan mengurangi mewarnai rambut Anda.

[amd]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini