6 Cara Menghemat Kuota Internet Agar Tidak Boros

Kamis, 30 Juni 2022 12:30 Reporter : Ani Mardatila
6 Cara Menghemat Kuota Internet Agar Tidak Boros Ilustrasi ponsel 4G. © ling-ethnog.org.uk

Merdeka.com - Kebutuhan kuota internet semakin meningkat untuk sebagian besar orang dari waktu ke waktu. Kini, apapun bisa dilakukan hanya dengan bermodalkan ponsel atau komputer, seperti berbelanja, belajar, rapat, mengirim uang, memesan tiket dan banyak lainnya. Semuanya membutuhkan jaringan internet.

Pada akhirnya ada banyak aplikasi di ponsel kita dan tak jarang meski tak digunakan aplikasi-aplikasi tersebut tetap menyerap kuota internet kita. Membayar tagihan kuota internet tiap bulan tentu cukup menguras dompet apabila semakin membengkak. Lantas bagaimana cara menghemat kuota internet agar tidak boros?

2 dari 3 halaman

1. Pantau Penggunaan Data Menggunakan Pembatas Data

Cara menghemat kuota internet bisa dengan mengetahui berapa kuota harian yang dihabiskan Anda setiap harinya. Anda bisa mengetahui sekaligus membatasi penggunaan kuota internet harian dengan langkah berikut di ponsel android:

1. Buka Pengaturan.

2. Buka Jaringan dan Internet > Internet.

3. Ketuk ikon roda gigi di sebelah nama operator.

4. Sekarang, Anda akan melihat jumlah data yang telah Anda gunakan selama ini di bulan berjalan. Gulir ke bawah dan pilih “Peringatan dan Batas Data."

5. Ketuk Siklus penggunaan data seluler. Ini akan memungkinkan Anda untuk mengatur hari ketika akun Anda memulai siklus bulanannya. Ketuk Atur untuk mengatur siklus.

6. Alihkan Setel peringatan data. Kemudian, Anda dapat memasukkan batas yang Anda inginkan.

Pada halaman yang sama, Anda juga dapat mengatur batas data. Ini akan mematikan data seluler segera setelah kehabisan batas yang telah ditetapkan.

ilustrasi teknisi jaringan internet
©2014 Merdeka.com/computerservicenow.com

2. Menggunakan Penghemat Data

Pengguna juga dapat memanfaatkan mode Data Saver yang tersedia di sebagian besar smartphone Android saat ini. Mode Penghemat Data aktif saat ponsel dalam keadaan mati Wi-Fi dan tidak memungkinkan ponsel cerdas menggunakan banyak data di aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Ikuti langkah-langkah berikut untuk mengetahui cara menghemat kuota internet dengan mengaktifkan mode Penghemat Data:

1. Buka Pengaturan > Data dan Internet > Penghemat Data.

2. Aktifkan Penghemat Data.

3. Kurangi Penggunaan Internet Seluler: Gunakan Wi-Fi

Cara menghemat kuota internet yaitu dengan mengubah cara berpikir Anda tentang mengakses internet melalui ponsel Anda.

Ponsel cerdas memiliki dua cara untuk online: internet seluler dan Wi-Fi. Anda mungkin sering menggunakan Wi-Fi. Lagi pula, kini Wi-Fi gratis tersedia hampir di mana-mana, di pusat kota, pusat perbelanjaan, pusat transportasi, dan kampus.

Ada kesimpulan yang jelas: untuk mengurangi penggunaan data, gunakan Wi-Fi di mana pun tersedia. Tidak semua jaringan Wi-Fi aman, tetapi Anda dapat melindungi diri sendiri dengan berlangganan VPN seluler.

4. Hentikan Aplikasi dari Sinkronisasi secara Otomatis

Saat Anda menggunakan ponsel, banyak aktivitas terjadi di latar belakang. Misalnya, Google Play dan App Store Apple memeriksa pembaruan dan aplikasi email Anda mencari pesan baru. Sementara itu, aplikasi media sosial mendorong pembaruan ke ponsel; daftarnya terus berlanjut.

Semua data ini menambah penggunaan internet seluler. Ini bahkan bukan tentang pembaruan aplikasi, hanya data yang mereka sinkronkan. Aplikasi apa pun yang Anda gunakan dengan persyaratan reguler untuk data menghabiskan uang Anda.

Cara Menonaktifkan Sinkronisasi Aplikasi Android

Anda dapat menonaktifkan beberapa aplikasi yang disinkronkan di Setelan > Aplikasi & notifikasi. Di sini Anda akan menemukan aplikasi yang menyinkronkan berbagai data, seperti kontak Anda. Ketuk masing-masing dan periksa penggunaan data, jika terlalu banyak, ketuk Penggunaan data, lalu nonaktifkan Data latar belakang.

3 dari 3 halaman

5. Perbarui Aplikasi melalui WiFi

Jika aplikasi Anda disetel untuk diperbarui secara otomatis, mereka mungkin menghabiskan data melalui jaringan seluler. Anda dapat mengatur perangkat Anda untuk memperbarui aplikasi melalui WiFi hanya untuk menghemat data bulanan Anda.

Di iOS, buka Pengaturan> App Store> gulir ke "Data Seluler" dan alihkan "Unduhan Otomatis" ke posisi mati.

Di Android, buka Play Store dan ketuk Menu > Pengaturan > Perbarui aplikasi secara otomatis, lalu pilih “Perbarui aplikasi secara otomatis melalui Wi-Fi saja.”

6. Matikan Unduhan Otomatis

Cara menghemat kuota agar tidak boros yaitu dengan mematikan unduhan otomatis terutama di aplikasi WhatsApp.

Cara Berhenti Mengunduh dan Menyimpan Gambar, Video, dan Media Lain Secara Otomatis di Whatsapp untuk Android

WhatsApp untuk Android memiliki sakelar yang memungkinkan Anda menghentikan pengunduhan gambar dan video. Inilah cara yang dapat dilakukan:

Buka WhatsApp, pastikan Anda melihat jendela utama - tempat semua obrolan ditampilkan. Ketuk tiga titik vertikal di kanan atas > Pengaturan.

Sekarang ketuk Pengaturan obrolan > Unduh otomatis media. Anda akan melihat tiga opsi: Saat menggunakan data seluler, Saat terhubung di Wi-Fi, dan Saat roaming. Ketuk masing-masing dan nonaktifkan unduhan otomatis dengan menghapus centang pada ketiga opsi - Gambar, Audio, dan Video.

[amd]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini