5 Manfaat Kunyit Putih untuk Kecantikan, Hilangkan Jerawat Hingga Atasi Rambut Rontok

Rabu, 16 September 2020 09:15 Reporter : Ani Mardatila
5 Manfaat Kunyit Putih untuk Kecantikan, Hilangkan Jerawat Hingga Atasi Rambut Rontok kunyit putih. bukalapak.com

Merdeka.com - Sering disebut sebagai Zedoaria atau Amba Haldi, kunyit putih sebenarnya adalah akar dari tanaman Curcuma zedoaria. Ia adalah ramuan abadi dan merupakan anggota dari genus Curcuma dan keluarga Zingiberaceae.

Kunyit putih merupakan tanaman asli India dan Indonesia, tetapi juga telah dibudidayakan di Eropa dan Amerika Serikat. Ia diperkenalkan ke Eropa oleh orang Arab sekitar abad keenam, tetapi penggunaannya sebagai bumbu di Barat saat ini sangat jarang, telah digantikan oleh jahe.

Pada abad pertengahan, kunyit putih dihargai dalam perdagangan rempah-rempah karena orang mengira aromanya adalah kombinasi mangga, kunyit, dan jahe.

Tanaman ini juga dinyatakan dalam puisi abad ke-13 Roman de la Rose, dan dipuji oleh Nicolas Culpeper, seorang tabib abad ke-17, karena kemampuannya untuk melawan racun, mengobati flu, muntah, menghentikan menstruasi dan fluks, membunuh cacing, dan meredakan sakit perut.

Meski kunyit putih saat ini sudah jarang digunakan lagi sebagai bumbu dan sering diganti dengan jahe, kunyit masih digunakan dalam masakan Asia. Di Indonesia, bubuk kunyit putih sering ditambahkan pada masakan kari.

Di Thailand, kunyit putih segar yang diiris digunakan sebagai bahan dalam salad. Dan dalam masakan India, kunyit putih segar juga digunakan sebagai bahan masakan populer. Selain itu kunyit putih juga memiliki manfaat kecantikan yang tak boleh dilewatkan. Berikut manfaat kunyit putih untuk kecantikan:

Baca Selanjutnya: Mencerahkan Wajah...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini