42 Rumah di Simalungun Tertimpa Longsor Akibat Hujan Deras, Ini Kronologinya

Minggu, 29 November 2020 11:45 Reporter : Fatimah Rahmawati
42 Rumah di Simalungun Tertimpa Longsor Akibat Hujan Deras, Ini Kronologinya ilustrasi tanah longsor. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Cuaca ekstrem yang terjadi dalam beberapa waktu terakhir di Sumatra Utara (Sumut) membuat beberapa daerah dilanda banjir dan longsor. Setelah banjir bandang melanda kawasan Sungai Landak, jalan amblas dan longsor juga terjadi di beberapa ruas jalan di Sumut. Seperti di jalan lintas Pematang Siantar-Tanah Jawa, jembatan Sungai Tongguran di jalan Pematang Siantar-Parapat Km 12 serta jalan kabupaten di Kecamatan Raya Kahean dan Kecamatan Dolok Panribuan.

Tak hanya itu, longsor juga terjadi di Nagori Bayu Muslimin, Kecamatan Tapian Dolok, Kabupaten Simalungun yang menyebabkan sebanyak 42 rumah warga tertimbun tanah longsor.

Menurut Kepala Desa Nagori Bayu, Ahmad Simbolon menjelaskan, longsor ini akibat dari hujan deras yang terjadi beberapa hari belakangan ini. Melansir dari Liputan6.com, longsor pertama terjadi di daerah ini dan menimpa 20 rumah warga. Namun, saat pembersihan pasca longsor ini belum selesai, daerah ini kembali diguyur hujan deras dan akhirnya terjadi longsor susulan yang menimpa 22 rumah lainnya.

Ahmad berharap, Pemkab Simalungun memberikan bantuan kepada warga terdampak dan mengatasi agar longsor tidak terjadi lagi.

"Longsor hampir setiap tahun selalu menimpa warga di desa ini," katanya pada Sabtu (28/11).

Baca Selanjutnya: Pemkab Simalungun Akan Ambil Langkah...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini