4 Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan saat Stres Menurut Psikolog

Rabu, 16 September 2020 05:30 Reporter : Ani Mardatila
4 Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan saat Stres Menurut Psikolog Ilustrasi lari. Shutterstock/l i g h t p o e t

Merdeka.com - Saat kamu stres dengan tuntutan pekerjaan atau kehidupan rumah, akan terasa berlebihan dan kontraproduktif untuk menambahkan kegiatan lain ke daftar rutinitas harianmu. Kamu mungkin merasa tidak punya waktu untuk berolahraga, tetapi olahraga bisa menjadi salah satu alat paling ampuh untuk melawan stres dalam menyelesaikan semuanya.

"Stres adalah kombinasi dari kecemasan, ketakutan akan hal yang tidak diketahui dan depresi rasa sakit yang ditahan di dalam. Olahraga adalah jalan keluar untuk melepaskan ketegangan itu," kata psikolog olahraga Jarrod Spencer, PhD seperti yang dilansir dari Live Strong.

"Bagi banyak orang, saat mereka berolahraga, mereka mengeluarkan tekanan emosional dari tubuh," kata Spencer. "Olahraga membuat pikiranmu bekerja dan memproses informasi pada tingkat yang sangat tinggi."

Bagian terbaiknya adalah bahwa kamu tidak harus berkomitmen pada rutinitas latihan intensitas tinggi untuk mendapatkan hasil yang positif. Kamu bisa memulai dengan lambat.
Secara bertahap bangunlah rencana kebugaran yang sesuai untukmu dan masuk akal dengan pemicu stres yang sedang kamu jalani.

"Latihan adalah tentang pertukaran energi," kata Spencer. "Buat setengah jam atau jam untuk dirimu sendiri setiap hari dan berkomitmenlah untuk itu."

Tetaplah sekonsisten mungkin, tambahnya. "Konsistensi dalam segala hal sangat penting, dan itu benar dengan olahraga dan bagaimana hal itu membantu [dengan stres]."

Ia merekomendasikan empat jenis olahraga yang bisa dijadikan batu loncatan untuk meningkatkan gerakan dan mengurangi stres.

Berikut jenis olahraga yang bisa kamu pertimbangkan untuk dilakukan guna mengatasi stres menurut psikolog dilansir dari Live Strong:

Baca Selanjutnya: 1 Peregangan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini