4 Cara Back Up Data dari Komputer Secara Online Maupun Offline, Mudah Dilakukan

Jumat, 31 Juli 2020 15:30 Reporter : Ani Mardatila
4 Cara Back Up Data dari Komputer Secara Online Maupun Offline, Mudah Dilakukan Ilustrasi Laptop. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Setiap orang kehilangan data pada titik tertentu dalam hidup mereka. Hard drive komputer mungkin dapat rusak besok, atau bug perangkat lunak dapat menghapus file penting. Jika Anda tidak mencadangkan komputer secara teratur, Anda dapat kehilangan file-file itu selamanya.

Cadangan tidak harus sulit atau membingungkan. Anda mungkin pernah mendengar tentang metode cadangan yang tak terhitung jumlahnya, tetapi mana yang tepat untuk Anda? Dan file apa yang Anda benar-benar perlu untuk cadangan?

Mari kita mulai dengan yang sudah jelas: apa yang Anda butuhkan cadangannya? Nah, pertama dan terpenting, Anda harus membuat cadangan file pribadi. Anda selalu dapat menginstal ulang sistem operasi dan mengunduh ulang program jika hard drive Anda gagal, tetapi data pribadi tidak tergantikan.

Setiap dokumen pribadi, foto, video rumahan, dan data lainnya di komputer harus dicadangkan secara teratur. Itu tidak pernah bisa diganti.

Sistem operasi, program, dan pengaturan Anda yang lain juga dapat dicadangkan. Anda tidak harus mencadangkannya, tetapi ini dapat membuat hidup Anda lebih mudah jika seluruh hard drive Anda gagal.

Jika Anda tipe orang yang suka bermain-main dengan file sistem, mengedit registri, dan memperbarui perangkat keras secara teratur, memiliki cadangan sistem lengkap dapat menghemat waktu Anda ketika ada masalah. Berikut cara back up data penting dari komputer dan smartphone:

1 dari 3 halaman

Drive Eksternal

Ini merupakan cara back up data yang paling mudah. Anda hanya perlu memiliki drive eksternal unutk melakukan pencadangan ini.

Colokkan drive penyimpanan eksternal ke PC Anda dan mulai. Tentu saja, drive hadir dalam berbagai bentuk, ukuran, dan konfigurasi. Drive standar tidak memerlukan biaya banyak, tetapi tidak akan melakukan apa pun selain diam saja di sana dan membiarkan Anda melakukan semua pekerjaan pencadangan. Hampir semua drive saat ini menggunakan konektor seperti USB 3.0 atau USB-C untuk mendapatkan kecepatan transfer yang sangat cepat.

Mungkin keputusan terbesar adalah apakah akan menggunakan solid-state drive (SSD) yang lebih cepat tetapi lebih mahal. Tidak seperti hard disk drive, SSD tidak memiliki bagian yang bergerak dan itu berarti kinerja yang luar biasa, yang selalu menjadi nilai tambah ketika memiliki banyak data untuk disalin.

USB Flash Drives

Drive USB kecil hampir semurah cakram, bahkan saat kapasitasnya meningkat. Mereka memiliki keuntungan menjadi ultra-portabel. Mungkin terlalu portabel, karena mudah hilang (dan dicuri). Tetapi mengunci satu flash drive multi-GB di dalam safe deposit box lebih mudah daripada menyimpan disk atau hard drive.

Beberapa drive USB bahkan dirancang untuk perlindungan dari elemen, menjadikannya tujuan yang lebih aman untuk data.

2 dari 3 halaman

Penyimpanan Cloud dan Layanan Sinkronisasi File

Suatu keharusan bagi siapa pun dengan lebih dari satu komputer atau perangkat yang digunakan, perangkat lunak sinkronisasi memastikan Anda memiliki file yang sama pada semua PC. Buat perubahan pada file dan secara otomatis dikirim ke semua PC lain menggunakan akun, bahkan pada sistem operasi lain. 

Mereka selalu menyertakan cadangan file online, yang dapat Anda akses di mana saja, bahkan melalui smartphone. Ini yang paling dalam redundansi.

Nama-nama besar di area ini termasuk Dropbox , Google Drive, dan Microsoft OneDrive.

Semua layanan menyediakan beberapa gigabyte penyimpanan online gratis, biasanya 2GB, tetapi Anda bisa mendapatkan lebih banyak dengan membayar biaya bulanan atau tahunan.

Layanan Pencadangan Online

Kita berada di era cloud, jadi backup online, yang dulu sedikit terspesialisasi, sekarang menjadi norma untuk file-file penting. Berbeda dengan layanan di atas, yang juga menyertakan opsi sinkronisasi file, produk backup langsung cenderung mengarah pada transfer file langsung dari hard drive ke penyimpanan online / cloud, dengan opsi pemulihan yang mudah. 

Instal perangkat lunak pada PC, beri tahu file / folder mana yang harus dicadangkan, dan sisanya ada di background. Karena penyimpanan online, Anda biasanya dapat membaca file melalui browser, atau mengembalikan file ke sistem lain, sesuai kebutuhan. Nama-nama besar yang pernah Anda dengar dalam hal ini adalah: iDrive, SOS Online Backup, Acronis True Image (semua pilihan Pilihan Editor), dan Carbonite.

3 dari 3 halaman

Satu Cadangan Tidak Cukup: Gunakan Banyak Metode

Jadi yang mana yang harus Anda gunakan? Idealnya, Anda akan menggunakan setidaknya dua dari mereka. Mengapa? Karena Anda ingin cadangan di luar dan di tempat .

Cadangan di tempat berarti cadangan yang disimpan di lokasi fisik yang sama dengan Anda. Jadi, jika Anda mencadangkan ke hard drive eksternal dan menyimpannya di rumah dengan PC di rumah, itu adalah cadangan di tempat.

Cadangan di luar kantor disimpan di lokasi yang berbeda. Jadi, jika Anda mencadangkan ke server online, seperti Backblaze atau Dropbox, itu adalah cadangan di luar kantor.

Pencadangan di tempat lebih cepat dan mudah, dan harus menjadi garis pertahanan pertama Anda terhadap kehilangan data. Jika kehilangan file, Anda dapat dengan cepat mengembalikannya dari drive eksternal. Tetapi Anda tidak harus bergantung pada cadangan di tempat saja. 

Jika rumah Anda terbakar atau semua perangkat keras di dalamnya dicuri oleh pencuri, Anda akan kehilangan semua file Anda.

Pencadangan di luar kantor juga tidak harus menjadi server di Internet, dan Anda tidak perlu membayar langganan bulanan untuk mendapatkannya. Anda dapat mencadangkan file ke hard drive dan menyimpannya di kantor Anda, di rumah teman, atau di brankas bank, misalnya. Akan sedikit lebih merepotkan, tetapi itu secara teknis merupakan cadangan di luar kantor.

Demikian pula, Anda juga bisa menyimpan file di Dropbox, Google Drive, atau OneDrive dan melakukan pencadangan rutin ke drive eksternal. Atau Anda bisa menggunakan Backblaze untuk membuat cadangan online dan Windows File History untuk membuat cadangan lokal. 

Ada banyak cara untuk menggunakan layanan ini bersama-sama, dan terserah bagaimana melakukannya. Pastikan Anda memiliki strategi cadangan yang solid, dengan cadangan di tempat  dan di luar kantor, sehingga Anda memiliki jaring pengaman yang luas terhadap kehilangan file.

[amd]
Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Sumut
  3. Ragam
  4. Komputer PC
  5. Yogyakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini