30 Kata-kata Soe Hok Gie yang Penuh Makna dan Inspirasi, Tumbuhkan Semangat Muda

Rabu, 16 September 2020 10:00 Reporter : Ani Mardatila
30 Kata-kata Soe Hok Gie yang Penuh Makna dan Inspirasi, Tumbuhkan Semangat Muda Soe Hok gie. kaskus.com

Merdeka.com - Soe Hok Gie, salah seorang aktivis Indonesia keturunan Tionghoa yang turut andil dalam penurunan kekuasaan Orde Lama. Lahir di Jakarta, 17 Desember 1942, Gie merupakan anak ke empat dari lima bersaudara keluarga Soe Lie Piet. Ayah Gie, Soe Lie Pit adalah seorang novelis.

Gie kecil kerap mengunjungi perpustakaan umum dan taman bacaan di pinggiran jalan di Jakarta bersama sang kakak, Soe Hok Djin. Lahir dari keluarga penulis membuat Gie begitu dekat dengan sastra. Seorang peneliti menyebutkan bahwa sejak masih sekolah dasar (SD), Gie bahkan sudah membaca karya-karya sastra yang serius, seperti karya Pramoedya Ananta Toer.

Gie juga dikenal sebagai penulis yang produktif. Tulisan-tulisannya banyak dimuat di beberapa media massa, seperti Kompas, Harian Kami, Sinar Harapan, Mahasiswa Indonesia, dan Indonesia Raya.

Sebagai aktivis kemahasiswaan, Gie juga sempat terlibat sebagai staf redaksi Mahasiswa Indonesia, sebuah koran mingguan yang diterbitkan oleh mahasiswa angkatan 66 di Bandung untuk mengkritik pemerintahan Orde Lama. Pada tahun 1983, Gie menerbitkan buku berjudul "Catatan Seorang Demonstran" yang merupakan buku harian Gie sendiri.

Soe Hok Gie bisa menjadi salah satu sosok yang bisa diteladani oleh anak muda masa kini, karakternya yang kuat dan semangat beajarnya menjadikannya seseorang yang berkarakter. Berikut kata-kata Soe Hok Gie yang penuh makna dan inspiratif dilansir dari Dream:

Baca Selanjutnya: Kata-kata Soe Hok Gie yang...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini