3 Manfaat Jahe Merah untuk Kolesterol yang Jarang Diketahui

Rabu, 10 Agustus 2022 11:14 Reporter : Ani Mardatila
3 Manfaat Jahe Merah untuk Kolesterol yang Jarang Diketahui jahe merah. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Jahe termasuk dalam rempah-rempah yang telah banyak dimanfaatkan untuk obat tradisional dan bahan makanan fungsional yang mudah tumbuh di Indonesia.

Jahe merah (Zingiber officinale var. Rubrum) telah banyak digunakan sebagai obat untuk sakit kepala, mual, muntah, mabuk perjalanan, dan radang sendi. Jahe merah dapat mengurangi peradangan, dan inilah mengapa beberapa peneliti menduga jahe merah juga bermanfaat untuk jantung serta menurunkan kolesterol. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian untuk membuktikan hal ini.

Namun sebagai pengobatan herbal, tak ada salahnya Anda mengambil manfaat jahe merah untuk kolesterol. Berikut selengkapnya merdeka.com merangkum manfaat jahe merah untuk kolesterol yang menarik diketahui:

2 dari 3 halaman

Jahe Mengaktifkan Enzim

Manfaat jahe merah untuk kolesterol yaitu terletak pada enzimnya. Para peneliti dari sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal "Food and Function" pada tahun 2013 melansir dari laman livestrong, menyatakan bahwa mekanisme jahe dapat menurunkan kolesterol telah dipahami dengan baik oleh para ilmuwan dan peneliti lainnya.

Mereka menjelaskan bahwa jahe mengaktifkan enzim yang meningkatkan penggunaan kolesterol tubuh Anda dan menurunkannya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa jahe dapat menurunkan kolesterol tinggi yang diinduksi secara eksperimental pada hewan, tetapi penelitian lebih lanjut tentang efek jahe pada manusia dengan kolesterol tinggi diperlukan, sebelum zat tersebut dapat disebut-sebut sebagai pengobatan untuk kolesterol tinggi.

Penurunan LDL

Manfaat jahe merah untuk kolesterol yaitu dapat menurunkan LDL. Kolesterol LDL sering disebut kolesterol "jahat" karena terkumpul di dinding pembuluh darah, meningkatkan kemungkinan masalah kesehatan seperti serangan jantung atau stroke.

Melansir dari Journal of Nutrition College, Volume 3, Nomor 4, Tahun 2014, pemberian jahe merah 3,2 ml/kg BB per hari selama 21 hari kepada sejumlah karyawati yang memiliki kadar kolesterol LDL lebih dari 100mg/dl hingga 159 mg/dl, indeks massa tubuh (IMT) lebih dari 18,5 kg/m2, belum mengalami menopause, tidak sedang dalam keadaan hamil dan menyusui menyuguhkan hasil penurunan yang signifikan terhadap kadar kolesterol LDL setelah diberikan minuman jahe merah.

Penurunan Kolesterol Jahat pada Penderita Hiperkolesterolemia

Manfaat jahe merah untuk kolesterol yaitu dapat menurunkan kolesterol jahat pada penderita hiperkolesterolemia. Hiperkolesterolemia adalah suatu keadaan di mana kadar kolesterol dalam darah melebihi di atas normal. Hiperkolesterolemia terjadi karena adanya gangguan metabolisme lemak yang dapat menyebabkan peningkatan kadar lemak darah.

Dalam sebuah artikel ilmiah, Dampak Konsumsi Ekstrak Jahe Merah Terhadap Penurunan Kolesterol Jahat pada Penderita Hiperkolesterolemia di Purwokerto (2014), disimpulkan bahwa konsumsi  ekstrak  jahe  merah berdampak dalam  penurunan kadar kolesterol jahat   pada   penderita   hiperkolesterolemia.

Oleh    karena     itu     disarankan     para penderita  hiperkolesterolemia  dapat  meminum ekstrak    jahe merah    sebagai    salah    satu minuman  alternatif  untuk  menurunkan  kadar kolesterol LDL dengan dosis 8 gr per hari.

3 dari 3 halaman

Cara Membuat Minuman Jahe Merah

Bahan

  • 2 rimpang jahe merah (cuci bersih, memarkan atau geprek)
  • 2 gelas air
  • 7 cm kayu manis
  • Madu (secukupnya)
  • 1 batang serai (memarkan)

Cara membuat:

1. Siapkan semua bahan, rebus air hingga mendidih bersama jahe, batang serai, dan kayu manis di atas api sedang kira-kira selama 15 menit.

2. Jika sudah mendidih, angkat, tuang ke dalam gelas saji.

3. Tambahkan madu secukupnya agar rasanya semakin nikmat.

Resep Wedang Jahe Susu

Bahan

  • 1 liter susu segar
  • 100 gram jahe, cuci bersih memarkan
  • 1 butir cengkeh
  • 50 gram gula merah, sisir halus
  • 1 cm kayu manis
  • 4 sdm gula pasir

Cara membuat:

  1. Rebus jahe dan susu segar hingga mendidih dengan api kecil sambil terus diaduk
  2. Tambahkan cengkeh dan kayu manis ke dalam rebusan susu bersama jahe, aduk rata
  3. Tambahkan gula merah dan gula putih. Aduk rata, rebus semua bahan hingga gula larut
  4. Koreksi rasa, tambahkan gula jika wedang ini belum cukup manis. Angkat wedang susu jahe yang telah matang, saring dan sajikan di gelas saji

Resep Wedang Jahe Lemon

Bahan

  • 1 rimpang jahe, memarkan
  • 1 buah lemon, iris tipis-tipis
  • 1 liter air
  • 5 sdm madu, atau sesuai selera

Cara membuat:

  1. Rebus air hingga mendidih kemudian masukkan rimpang jahe ke dalam air
  2. Rebus hingga air mengeluarkan aroma wangi jahe
  3. Matikan kompor jika air sudah matang dan jahe cukup layu
  4. Tambahkan irisan jeruk lemon ke dalam panci
  5. Sajikan ke dalam gelas, tambahkan satu sendok madu
  6. Aduk rata air jahe dan madu, sajikan selagi masih hangat

[amd]
Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Sumut
  3. Ragam
  4. Ragam Konten
  5. Yogyakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini