11 Cara Melindungi Akun Pribadi Agar Tidak Mudah Alami Kebocoran Data

Jumat, 25 September 2020 08:00 Reporter : Ani Mardatila
11 Cara Melindungi Akun Pribadi Agar Tidak Mudah Alami Kebocoran Data FBI diserang hacker. ©2016 telegraph.co.uk

Merdeka.com - Hampir semua orang di dunia yang sudah bisa mengakses internet secara mandiri, kini memiliki akun sosial media yang berisi tentang data diri pribadi mereka. Data dasar yang biasa dimasukkan di informasi akun sosial media, meliputi nama depan, nama belakang, tanggal lahir, nomor telepon, bahkan sampai nama ibu kandung.

Meski mudah mengarang semua itu untuk membuat akun, namun semua info tersebut sebenarnya berguna jika melupakan password dan tidak bisa mengaksesnya. Dan jika info sebelumnya yang Anda masukkan adalah hasil karangan dan tidak bisa mengingatnya, maka itu akan menyulitkan.

Para peretas punya banyak alasan untuk ingin menyusup ke kotak masuk pribadi. Pertama, email adalah bentuk komunikasi web yang paling umum saat ini. Namun yang lebih penting, ini adalah pengenal unik untuk banyak proses masuk akun online, yang menjadi alasan mengapa situs ini masih sangat ditargetkan oleh penjahat dunia maya.

Setelah diretas, email dapat digunakan untuk apa saja di web. Penyerang dunia maya dapat mencoba mencuri data pribadi yang diperoleh melalui akun online termasuk informasi kartu kredit. Mereka mungkin mencoba masuk ke akun perbankan online.

Jika itu tidak berhasil, mereka dapat menukarkan sendiri sejumlah uang Anda ke akun palsu dan kemudian mencairkannya. Mungkin mereka akan mulai mengirim spam ke teman melalui email dan media sosial sebagai upaya untuk mencuri lebih banyak informasi. Ini tidak akan menjadi pertanda baik untuk reputasi.

Lalu ada skenario terburuk: pencurian identitas. Itu terjadi pada jutaan orang Amerika setiap tahun, dan ini bisa terjadi kepada siapa saja tanpa mereka sadari. Oleh sebab itu penting untuk melakukan berbagai perlindungan pada akun sosial media. Berikut cara melindungi akun pribadi dan data pribadi, agar tidak mudah alami kebocoran data dilansir dari social media explorer:

Baca Selanjutnya: 1 Jangan Klik Tautan Aneh...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini