10 Manfaat Telur Rebus untuk Kesehatan, Menjaga Kesehatan Mata Hingga Cegah Kanker

Kamis, 26 Maret 2020 19:00 Reporter : Ayu Isti Prabandari
10 Manfaat Telur Rebus untuk Kesehatan, Menjaga Kesehatan Mata Hingga Cegah Kanker Ilustrasi telur rebus. Shutterstock/Ildi Papp

Merdeka.com - Telur merupakan salah satu bahan makanan yang bisa diolah menjadi berbagai macam menu makanan yang lezat. Bahkan bagi sebagian orang, telur merupakan bahan wajib yang ditambahkan di setiap menu untuk mendapatkan rasa yang lebih spesial. Bukan hanya menjadi bahan campuran, olahan telur yang hanya direbus pun sudah nikmat untuk disantap.

Hidangan telur rebus ini sering kali menjadi menu favorit bagi mereka yang menjalani program diet. Bukan tanpa alasan, telur rebus ini bisa dikonsumsi sebagai pengganti nasi karena bisa memberikan rasa kenyang lebih lama.

Bukan hanya itu, konsumsi telur rebus ini juga lebih sehat karena terdapat berbagai macam kandungan yang bermanfaat bagi tubuh. Mulai dari protein, kalsium, kolin, fosfor, hingga folat.

Dilansir dari laman Bola.com, berikut 10manfaat telur rebus untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui.

1 dari 10 halaman

Meningkatkan Kinerja Otak

006 indra cahya

upi.com

Manfaat telur rebus yang pertama adalah mampu meningkatkan kinerja otak. Manfaat ini didapatkan dari kandungan vitamin dan mineral yang sangat berguna untuk membantu meningkatkan fungsi otak dan saraf.

Bukan hanya itu, kandungan kolin yang terdapat pada telur rebus juga mendukung dalam pengaturan kerja otak, sistem saraf dan kardiovaskular menjadi lebih optimal.

2 dari 10 halaman

Menjaga Kekuatan Otot, Tulang, dan Gigi

Manfaat telur rebus berikutnya dapat menjaga kekuatan otot, tulang, dan gigi. Kandungan protein tinggi dalam telur rebus sangat berguna untuk membantu menjaga dan memperbaiki jaringan otot, tulang juga gigi.

Selain itu, kandungan vitamin D dalam telur rebus juga dapat membantu penyerapan dan mengatur kadar kalsium dalam darah, sehingga mampu membuat tulang dan gigi semakin kuat.

3 dari 10 halaman

Baik untuk Kesehatan Mata

ilustrasi mata

2019 Merdeka.com/Pixabay

Bagi Anda yang perhatian menjaga kesehatan mata, Anda bisa mulai mengonsumsi telur rebus dari sekarang. Sebab, telur rebus mempunyai kandungan zeaxanthin lebih banyak dibandingkan sayur.

Kandungan ini mampu mencegah terjadinya degenerasi makula dan mengurangi risiko katarak. Ini bisa jadi salah satu manfaat telur rebus yang tidak boleh dilewatkan.

4 dari 10 halaman

Melancarkan Sirkulasi Darah dan Cegah Anemia

Berikutnya, manfaat telur rebus juga dapat melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh. Bukan hanya itu, konsumsi telur rebus juga sangat disarankan untuk mencegah terjadinya kekurangan darah atau anemia.

Bagi Anda yang memiliki masalah kesehatan yang berhubungan dengan peredaran dan produksi darah, Anda patut mencoba konsumsi telur rebus ini sebagai alternatif pengobatan alami.

5 dari 10 halaman

Mencegah Penyakit Jantung

5 macam penyakit jantung yang paling sering ditemui

2020 Merdeka.com

Telur rebus mempunyai kandungan lemak baik atau lemak tak jenuh dan tak jenuh ganda. Kandungan lemak jenis ini sangat baik untuk menstabilkan kadar kolesterol dalam darah sehingga mampu mencegah terjadinya risiko penyakit jantung.

Selain itu, kandungan omega 3 dalam telur rebus juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat yang kerap kali menjadi penyebab gangguan jantung. Manfaat telur rebus yang satu ini tentu saja sayang untuk dilewatkan.

6 dari 10 halaman

Menurunkan Risiko Kanker

Manfaat telur rebus selanjutnya adalah dapat menurunkan risiko penyakit kanker. Hal ini tidak lain karena telur rebus mempunyai kandungan antioksidan tinggi yang sangat berguna untuk menangkal radikal bebas penyebab tumbuhnya sel kanker dalam tubuh.

Dengan begitu, mengonsumsi telur rebus secara rutin dengan porsi seimbang mampu menurunkan terserangnya penyakit kanker.

7 dari 10 halaman

Menambah Energi

011 tantri setyorini

2018 Merdeka.com/Pexels

Tidak diragukan lagi, telur rebus mempunyai banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan energi. Kandungan vitamin A, B12, dan selenium yang terdapat dalam telur rebus merupakan sumber energi yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh tetap sehat dan kuat.

8 dari 10 halaman

Membantu Menurunkan Berat Badan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, telur rebus bisa menjadi alternatif makanan yang tepat bagi Anda yang sedang menjalani program diet. Kandungan protein dalam telur rebus dapat memberikan rasa kenyang lebih lama.

Sehingga dengan konsumsi telur rebus ini, bisa mengurangi hasrat atau keinginan untuk makan makanan atau camilan lebih banyak. Cara ini pun dipercaya efektif untuk menurunkan berat badan.

9 dari 10 halaman

Baik untuk Nutrisi Kulit

ilustrasi kulit sehat

Shutterstock/Piotr Marcinski

Manfaat telur rebus selanjutnya adalah dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Nutrisi vitamin dan mineral dalam telur rebus dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit serta mencegah terjadinya kerusakan jaringan tubuh.

Dengan mengonsumsi ini, Anda akan mendapatkan kulit yang sehat dan cantik.

10 dari 10 halaman

Menjaga Kesehatan Rambut dan Kuku

Terakhir, manfaat telur rebus yang bisa Anda dapatkan ketika mengonsumsinya adalah kesehatan rambut dan kuku yang bisa terjaga dengan baik. Telur rebus mempunyai sumber belerang dan vitamin D cukup tinggi yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut serta kuku.

Bukan hanya itu, kandungan mineral di dalamnya juga membantu pertumbuhan rambut dan kuku lebih sehat. Anda bisa mendapatkan manfaat telur rebus ini tentunya dengan pola konsumsi yang seimbang dan tidak berlebihan.

[ayi]
Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Sumut
  3. Manfaat Telur Rebus
  4. Telur
  5. Ragam
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini