Sudirman Said

Foto:

Sudirman Said


Nama Lengkap : Sudirman Said

Alias : No Alias

Profesi : Politisi

Agama : Islam

Tempat Lahir : Brebes

Tanggal Lahir : Selasa, 16 April 1963

Zodiac : Aries

Warga Negara : Indonesia


No Relation
BIOGRAFI

Di era pemerintahannya, nampaknya Presiden Joko Widodo benar-benar menginginkan pemerintahan bersih yang didukung dengan jajaran menteri di Kabinet Kerja yang bersih dari catatan korupsi. Hal ini terlihat dari pemilihan menteri yang begitu selektif hingga menghasilkan Sudirman Said sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia.

Menteri yang menjabat di Kabinet Kerja sejak 27 Oktober 2014 ini selain dikenal sebagai pejabat tinggi di jajaran industri minyak dan gas serta direktur utama perusahaan senjata nasional, juga aktif sebagai tokoh antikorupsi.

Lahir di Brebes, Jawa Tengah pada 16 April 1963, Sudirman Said mengawali karirnya dengan menjadi lulusan Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) di tahun 1990. Kemudian beliau melanjutkan pendidikannya dengan mengambil master di Bidang Administrasi Bisnis dari George Washington University, Washington, DC, Amerika Serikat pada tahun 1994.

Sebelum menjadi Menteri ESDM, sebenarnya Sudirman Said bukanlah orang baru di sektor ESDM. Beliau pernah menjabat sebagai Direktur Keuangan & Admin di PT. Petrokimia Nusantara Interindo tahun 2003-2005. Kemudian melanjutkan karirnya sebagai Staf Ahli Direktur Utama PT Pertamina di tahun 2007-2008. Sebelum diangkat menjadi Menteri ESDM, Sudirman Said tercatat menjadi Direktur Utama di PT. Pindad.

Selain berkarir di pemerintahan, Sudirman Said juga pernah menjabat sebagai Wakil Dirut PT Petrosea Tbk dan juga Group Chief of Human Capital and Corporate Services di PT Indika Energy Tbk. Kedua perusahaan terbuka tersebut bergerak di bidang energi dan pertambangan.

Suara vokal Sudirman Said dalam menolak korupsi diwujudkannya dengan mendirikan dan menjadi ketua Badan Pelaksana Masyarakat Transparansi Indonesia bersama dengan Erry Riana (Mantan Pimpinan KPK), Kuntoro Mangkusubroto (Kepala UKP4), Sri Mulyani (Mantan Menteri Keuangan), dan beberapa tokoh lainnya. Beberapa kasus yang pernah didorong untuk diselesaikan oleh badan ini adalah Transparansi Anggota Kabinet tahun 2001, Korupsi Penyelewengan Dana Pemilu oleh Anggota KPU tahun 2004, serta Penyelesaian Kasus Bibit Chandra (Cicak versus Buaya). Untuk kasus terakhir ini, Sudirman bersama Rhenald Kasali dan Bambang Harimurti mendorong agar dua pimpinan KPK Bibit Samad Rianto dan Chandra M. Hamzah tidak dikriminalisasi.

Selain mendirikan organisasi tersebut, Sudirman Said juga membentuk Indonesia Institute for Corporate Governance (IICG) pada 2 Juni 2000 untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih
dan sehat.

Riset dan analisa: Febrianti Diah Kusumaningrum

PENDIDIKAN
  • Sarjana Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (1990)
  • Master Bidang Administrasi Bisnis dari George Washington University, Washington, DC, Amerika Serikat (1994)
KARIR
  • Aktivis Anti Korupsi (Pendiri dan Ketua Badan Pelaksana Masyarakat Transparansi Indonesia)
  • Penanggung Jawab Sementara Rektor Universitasi Paramadina
  • Deputi Kepala Badan Pelaksana Rekontruksi dan Rehabilitasi (BRR) Aceh-Nias
  • Staf Ahli Direktur Utama PT Pertamina (Persero)
  • Direktur Human Capital PT Petrosea Tbk
  • Group Chief of Human Capital and Corporate Services PT Indika Energy Tbk
  • Wakil Direktur Utama PT Petrosea
  • Executive Director APEC CEO Summit 2013
  • Direktur Utama PT Pindad
  • Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM)
SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA
  • Jumat, 15 Desember 2017 12:04:00 Masih ada waktu, Gerindra yakin elektabilitas Sudirman Said meningkat

    Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon yakin dengan calon gubernur yang diusung partainya, Sudirman Said elektabilitasnya akan terus meningkat. Walaupun dalam dalam survei yang dirilis Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, elektabilitas Sudirman Said jelang Pilgub Jawa Tengah 2018 masih berada di bawah 4 perse

  • Kamis, 14 Desember 2017 15:51:19 Menyusul Gerindra, PAN akan deklarasi dukung Sudirman Said di Pilgub Jateng

    Yandri menuturkan, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan sudah melakukan komunikasi dengan Sudirman Said hingga akhirnya memutuskan untuk mengusung mantan Menteri ESDM itu. Komunikasi itu sudah dilakukan selama enam bulan lalu.

  • Kamis, 14 Desember 2017 08:16:00 Prabowo yang merasa untung Anies dan Sudirman Said dicopot Jokowi

    "Yang untung gue," kata Prabowo.

  • Rabu, 13 Desember 2017 16:17:04 Prabowo bebaskan Sudirman Said pilih wakil di Pilgub Jateng

    Prabowo bebaskan Sudirman Said pilih wakil di Pilgub Jateng. Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto membebaskan Sudirman Said memilih pendampingnya untuk Pilgub Jateng 2018 nanti. Dengan begitu diharapkan Sudirman mendapat pasangan serasi seperti Sandiaga Uno untuk Anies Baswedan.

  • Rabu, 13 Desember 2017 14:44:44 Sudirman Said: Saya bersama Gerindra ingin berjuang selesaikan masalah korupsi

    Sudirman Said: Saya bersama Gerindra ingin berjuang selesaikan masalah korupsi. Ketum Gerindra, Prabowo Subianto resmi tunjuk Sudirman Said sebagai bakal calon gubernur Jawa Tengah dalam Pilkada 2018. Sudirman mengatakan, menjadi kepala daerah itu mudah, asal tak tergoda korupsi.

  • Rabu, 13 Desember 2017 14:22:34 Hadir di rumah Prabowo, Anies puji Gerindra pilih Sudirman Said jadi cagub Jateng

    Anies menilai keputusan Gerindra mencalonkan Sudirman Said sangat tepat karena dia sosok rakyat kecil asli Brebes yang mampu membawa kepentingan rakyat. Menurut Anies, jalan terjal bakal dilalui Sudirman Said. Namun, langkah pertama ini bakal membawa Sudirman ke puncak tertinggi.

  • Rabu, 13 Desember 2017 13:40:05 Dhani hingga Rahmawati hadir saat Prabowo umumkan Sudirman Said jadi cagub Jateng

    Musisi dan kader baru Gerindra, Ahmad Dhani juga datang pada sekitar pukul 11.10 WIB. Rachmawati Soekarnoputri tiba setelah Dhani. Terakhir, Wakil Ketua DPR Fadli Zon yang datang dengan mengenakan syal palestina.

  • Rabu, 13 Desember 2017 13:24:40 Gerindra usung Sudirman Said di Pilgub Jateng, Ferry Juliantono legowo

    Waketum Partai Gerindra yang sempat berencana maju dalam Pilgub Jateng Ferry Juliantono mengaku mendukung keputusan Gerindra yang mengusung Sudirman Said untuk maju dalam Pilgub Jawa Tengah (Jateng) 2018. Menurutnya itu adalah keputusan yang terbaik dari partai besutan Prabowo Subianto.

  • Rabu, 13 Desember 2017 11:19:44 Siang ini, Prabowo umumkan cagub Jateng yang diusung Gerindra

    Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto akan mengumumkan dukungan terhadap calon gubernur Jawa Tengah dalam Pilkada 2018. Deklarasi dilakukan bersama sejumlah tokoh dan ulama Jawa Tengah di kediamannya, Jalan Kertanegara 4, Jakarta Selatan, Rabu (13/12).

  • Rabu, 13 Desember 2017 12:51:38 Prabowo: Kita calonkan Sudirman Said di Jawa Tengah

    Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto mengumumkan calon gubernur yang diusung dalam Pilkada Jawa Tengah. Pilihan akhirnya jatuh pada sosok Sudirman Said.

  • Rabu, 13 Desember 2017 11:45:50 Fadli Zon pastikan Gerindra usung Sudirman Said jadi cagub Jateng

    Partai Gerindra hari ini Rabu (13/12) akan mendeklarasikan bakal calon Gubernur yang akan diusung dalam Pilgub Jawa Tengah (Jateng) 2018. Deklarasi itu rencananya dilakukan siang ini di Kediaman Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan.

  • Selasa, 12 Desember 2017 18:13:12 Sudirman Said: Soal pengumuman Cagub Jateng Gerindra, lihat saja besok

    Sudirman Said: Soal pengumuman Cagub Jateng Gerindra, lihat saja besok. Partai Gerindra akan mengumumkan calon gubernur di Pilgub Jateng 2018 besok. Rencananya, pengumuman dilakukan langsung oleh Prabowo Subianto di kediamannya di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Pukul 12.00 WIB.

  • Selasa, 12 Desember 2017 15:08:53 Ferry Juliantono legowo, Sudirman Said yang dipilih Gerindra di Jateng?

    Ferry Juliantono legowo, Sudirman Said yang dipilih Gerindra di Jateng? Partai Gerindra akan umumkan calon gubernur Jawa Tengah pada Rabu (13/12) besok. Pengumuman dilakukan langsung oleh Ketum Gerindra Prabowo Subianto di kediamannya di Kartanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

  • Selasa, 12 Desember 2017 14:55:00 Gerindra umumkan Cagub Jateng di rumah Prabowo besok

    Gerindra umumkan Cagub Jateng di rumah Prabowo besok. Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto bakal mengumumkan calon gubernur Jawa Tengah yang akan diusung partainya besok. Pengumuman dilakukan di rumah orangtua Prabowo di Kartanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (13/12).

  • Senin, 11 Desember 2017 17:10:50 Sudirman Said: Pembangunan energi baru terbarukan butuh negarawan bukan politisi

    "Pembangunan sektor energi itu bersifat jangka panjang, sehingga memerlukan visi dan kemampuan merencanakan jangka panjang. Dan itu hanya bisa dilaksanakan oleh negarawan, tidak bisa diserahkan ke politisi," ujar Sudirman.

  • Senin, 11 Desember 2017 14:23:18 Setya Novanto mundur, Sudirman Said sebut DPR tak lagi terbebani

    Terkait kasus Novanto, Sudirman menyebutkan satu per satu, perangkat yang mendukung siasat-siasat pelecehan hukum Novanto sudah rontok. Para pendukungnya di Partai Golkar pun mulai balik badan. Bahkan, dua pengacaranya pun telah mengundurkan diri.

  • Senin, 11 Desember 2017 09:20:14 Siapkan tiga nama cagub, PAN Jateng tunggu sikap DPP soal koalisi

    DPW Partai Amanat Nasional Jawa Tengah mengusulkan tiga nama untuk bertarung dalam Pilgub 2018. Nama yang sudah disetorkan ke DPP PAN tersebut adalah Sudirman Said, Taufik Kurniawan, dan Nasrullah.

  • Kamis, 16 November 2017 16:12:50 Sudirman Said pimpin Serikat Kedaulatan Bangsa

    Organisasi yang dipelopori para ilmuwan ini didirikan guna menyikapi situasi penyelenggaraan negara akhir-akhir ini, dan menyongsong satu abad kemerdekaan bangsa Indonesia.

  • Selasa, 7 November 2017 19:35:22 PAN Cilacap siap kerja keras menangkan Sudirman di Pilgub Jateng

    Jateng butuh seorang yang bisa jadi manajer untuk menghela laju pembangunan agar tidak makin tertinggal dengan daerah sekitarnya. Dengan pengalamannya menduduki berbagai posisi penting, baik di swasta, BUMN, maupun pemerintahan, Sudirman dianggap tepat menduduki kursi Jateng 1.

  • Jumat, 3 November 2017 08:03:00 Bola panas reklamasi mengarah ke Jokowi

    Bola panas reklamasi mengarah ke Presiden Joko Widodo. Sebab, sebulan sebelum dilantik menjadi Presiden, Joko Widodo yang kala itu masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta mengeluarkan Pergub tentang pedoman teknis membangun dan pelayanan perizinan prasarana reklamasi kawasan strategis pantai utara Jakarta.

Sebelumnya