Usai Dikritik, Timnas Inggris Bakal Gelar Penghormatan Bagi Tragedi Christchurch

Kamis, 21 Maret 2019 07:51 Repoter : liputan6.com
Usai Dikritik, Timnas Inggris Bakal Gelar Penghormatan Bagi Tragedi Christchurch Selebrasi gol kedua bagi timnas Inggris, Trent Alexander-Arnold pada menit ke-25 memanfaatkan umpan J. Sancho pada laga persabahatan kontra Amerika Serikat yang berlangsung di Stadion Wembley, Inggris. Timnas Inggris menang 3-0. (AFP/Ian Kington)

Merdeka.com - Liputan6.com, Jakarta Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) akhirnya memberi kesempatan untuk memberikan penghormatan terhadap korban penembakan brutal di Christchurch, Selandia Baru. Setelah menuai kritik, FA memutuskan aksi simpatik ini akan berlangsung saat Timnas Inggris bertemu timnas Republik Ceko pada babak kualifikasi Euro 2022, Jumat (22/3/2019).

Aksi teror melanda Christchurch, Jumat lalu. Seorang pria menembaki jemaat tengah sholat Jumat di dua mesjid,menewaskan setidaknya 50 orang dan melukai puluhan lainnya.

Pelaku akhirnya dibekuk polisi. Brenton Tarrant, pria asal Australia tersebut ditengarai merupakan bagian dari kelompok radikal supremasi kulit putih.

Setelah kejadian, hening cipta untuk menghormati korban berlangsung selama semenit jelang pertandingan rugbi Six Nations dan liga rugbi Super League, akhir pekan lalu. Namun aksi ini sama sekali tidak berlangsung di ajang Premier League, EFL, dan Piala FA.

FA pun menuai kecaman dan dianggap memiliki standar ganda menyikapi aksi terorisme. Pasalnya, saat aksi teror juga melanda Paris, Prancis, November tahun lalu, tim-tim Premier League diminta mengenakan pita hitam untuk menghormati para korban.

Belakangan FA menyatakan akan memberi penghormatan kepada korban tragedi Christchurch. "Kami akan memberi penghormatan bagi para korban tragedi Selandia Baru saat timnas Inggris berhadapan dengan Republik Ceko, Jumat (22/3/2019) mendatang."

Bergabung di Grup A

130126 b

Sementara itu, pada babak kulaifikasi Euro 2020, Timnas Inggris berada di grup A bersama Bulgaria, Montenegro, Republik Ceko, dan Kosovo. Setelah bertemu Republik Ceko, Timnas Inggris selanjutnya akan berhadapan dengan tuan rumah, Montenegro, 26 Maret 2019.

Pada Piala Eropa sebelumnya, Timnas Prancis tersingkir di babak 16 besar. Langkah Three Liones terhenti setelah kalah 1-2 dari tim kuda hitam, Islandia.

Jadwal Kualifikasi Euro 2020

21 Maret 2019

Khazakstan vs Skotlandia

Cyprus vs San Marino

Irlandia Utara vs Estonia

Belanda vs Belarusia

Slowakia vs Hungaria

Kroasia vs Azerbaijan

Israel vs SloveniaMacedonia vs Latvia

Austria vs PolandiaBelgia vs Rusia

22 Maret 2019

Bulgaria vs Montenegro

Inggris vs Republik Ceko

Portugal vs Ukraina

Luxemburg vs Lithuania

Moldova vs Prancis

Andorra vs Islandia

Albania vs Turki

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini