Timnas Indonesia U-23 Ditumbangkan China 0-2

Sabtu, 12 Oktober 2019 07:31 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Timnas Indonesia U-23 Ditumbangkan China 0-2 Timnas Indonesia U-23. ©FAS

Merdeka.com - Timnas Indonesia U-23 harus menelan kekalahan pada laga perdana CFA International Football Tournament 2019. Menghadapi China di Stadion Wuhan Sport Center, Jumat (11/10), Indonesia harus rela kalah 0-2.

Pertandingan ini berlangsung dengan tempo sedang. Indonesia tampil agresif di babak pertama sementara di babak kedua giliran China yang tampil menekan.

Gol dari China tercipta berkat tendangan keras Tong Lei dari luar kotak penalti. Sementara itu gol kedua tercipta melalui bunuh diri Firza Andika.

Timnas Indonesia tampil lebih agresif di awal babak pertama. Mereka pun unggul dalam penguasaan bola. Sementara itu China tampil lebih sering menunggu saja di area pertahanannya.

Namun mereka sempat mendapat peluang emas. Pemain China Tong Lei melepas tendangan jarak jauh. Bola melaju deras menuju pojok kiri atas gawang Nadeo. Namun bola hanya membantur mistar gawang dan keluar lapangan.

Indonesia kemudian berhasil beberapa kali membongkar pertahanan China. Peluang pun didapat. Di antaranya melalui Firza yang merangsek maju dari kiri dan menusuk masuk kotak penalti pada menit ke delapan. Sayang tendangan kaki kanannya kurang sempurna hingga bola mudah saja ditangkap kiper China.

Tak lama kemudian, kombinasi dari kanan membuat Asnawi sukses menembus kotak penalti lawan dalam kondisi cukup bebas. Namun saat melepas tendangan, ada satu bek yang melakukan blok hingga akhirnya menghasilkan tendangan penjuru saja.

China sempat mencoba mengubah taktiknya. Mereka melakukan pergantian pemain. Permainan mereka kemudian sedikit berkembang.

Namun demikian mereka tak mampu menghadirkan banyak ancaman kepada gawang Merah Putih. Demikian juga dengan skuat Indonesia.

Pada akhirnya, tak ada gol yang tercipta pada babak pertama ini. China 0-0 Timnas Indonesia U-23.

1 dari 1 halaman

Babak Kedua

Pada babak kedua, China bermain dengan lebih agresif. Mereka berusaha menekan lebih ke depan. Mereka juga berusaha untuk membongkar pertahanan Merah Putih dengan umpan-umpan pendek yang cepat antar pemain.

Peluang sempat didapat pada menit ke-47. Pemain China melepas tendangan dari luar kotak penalti. Namun bola masih bisa ditangkap dengan sempurna oleh Nadeo.

Indonesia pun akhirnya kesulitan untuk mengembang permainannya. Sementara itu seiring berjalannya waktu, China makin menggebu dalam menyerang pertahanan Merah Putih. Peluang sempat dua kali didapat melalui situasi sepak pojok. Namun masih bisa dihalau barisan pertahanan merah Putih.

Akan tetapi akhirnya pertahanan Indonesia jebol juga pada menit ke-56. Berawal dari sepak pojok, bola berhasil dihalau keluar kotak penalti. Namun justru disambut oleh tendangan voli kaki kanan Tong Lei

Indonesia mendapat peluang tak lama setelah kebobolan. Kerja sama dari sayap kanan berhasil menembus pertahanan China. Bola kemudian berakhir di kaki Rafli. Sayang tendangan kaki kirinya melebar saja dari gawang sang tuan rumah.

Sayangnya Indonesia malah kebobolan lagi pada menit ke-67. Firza mencetak gol bunuh diri setelah usahanya menghalau bola tendangan bebas lawan dengan tandukan malah membuat bola melaju kian deras ke gawang sendiri. 2-0.

Indonesia mencoba untuk mengubah situasi dengan menggantik pemain dan taktik. Namun keadaan tak banyak berubah.

Jelang babak kedua berakhir, Indonesia makin meningkatkan intensitas permainannya. China sendiri tak terlalu ngoyo karena mereka cukup nyaman dengan keunggulannya.

Walau terus menyerang, timnas Indonesia tak berhasil mencetak gol pada sisa laga. Kedudukan akhir tetap 2-0 untuk kemenangan China atas Timnas Indonesia U-23.

Reporter: Dimas Ardi Prasetya
Sumber: Bola.net [RWP]

Baca juga:
Demi Susul Jejak Egy Maulana, Witan Sulaeman Cueki Persebaya dan Persija
Merlion Cup 2019: Timnas Indonesia U-23 Tak Dipatok Target Juara
Egy Maulana Berpotensi Rasakan Juara Liga Polandia bersama Lechia Gdansk
Timnas U-23 Bakal Ikut Merlion Cup 2019 di Singapura
Harapan Pelatih Timnas Indonesia U-23 Selepas Kualifikasi Piala AFC

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini