Timnas Indonesia Harus Akui Keunggulan Timnas Malaysia 0-2

Rabu, 20 November 2019 08:37 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Timnas Indonesia Harus Akui Keunggulan Timnas Malaysia 0-2 Timnas Indonesia. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Kekalahan kembali dialami oleh Timnas Indonesia pada matchday kelima Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. Menghadapi Timnas Malaysia di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Selasa (19/11), Timnas Garuda harus menyerah 2-0.

Pertandingan ini berlangsung dengan tempo sedang. Duel kedua tim ini berlangsung dengan cukup seru karena seiring waktu keduanya bermain makin terbuka dan saling serang. Sejumlah peluang pun tercipta di pertandingan ini.

Gol Malaysia dicetak oleh Safawi Rasid (brace). Timnas Indonesia sempat mendapat peluang mencetak gol melalui Osas Saha namun tendangan penaltinya bisa digagalkan kiper lawan.

Malaysia mencoba untuk bermain dengan lebih agresif begitu laga babak pertama dimulai. Mereka menekan Indonesia hingga jauh ke depan.Namun skuat Merah Putih mampu bermain dengan tenang. Mereka mampu menguasai bola dan menekan pertahanan Malaysia melalui sisi kiri. Namun belum memberikan ancaman berarti bagi kiper tuan rumah.

Malaysia berusaha untuk menekan dengan sabar. Namun usaha mereka tak membuahkan ancaman pada pertahanan Indonesia. Sebaliknya, Merah Putih sempat mendapat dua peluang untuk mengancam melalui serangan balik, namun semuanya berakhir dengan tendangan yang melambung ke atas gawang.

Pada menit ke-11, Malaysia menciptakan peluang emas. Sepak pojok dari sisi kiri menghujam langsung ke arah gawang. Namun Ridho dengan sigap mampu meninjunya. Sempat terjadi kemelut di kotak penalti, namun wasit akhirnya memberikan tendangan bebas karena menganggap ada pemain Malaysia yang melanggar Ridho.

Pada menit ke-20, Indonesia mendapat peluang emas. Serangan Malaysia dipatahkan di tengah oleh Bayu dan bola jatuh ke kaki Greg. Penyerang Madura United ini kemudian memberikan umpan pada Febri yang melesat dari sisi sayap kanan dan tinggal berhadapan dengan kiper Malaysia. Sayang, bola sepakannya masih bisa dihalau Mohd Khalid.

Malaysia kemudian menaikkan tempo permainannya. Indonesia pun sedikit tertekan. Alhasil pada menit ke-29, mereka memaksa barisan pertahanan Merah Putih melakukan pelanggaran di depan kotak penalti. Peluang ini bisa dikonversi dengan baik semenit kemudian oleh Safawi Rasid dengan tendangan bebas dari jarak sekitar 25 meter. Tendangan kaki kirinya menghujam ke pojok kiri atas gawang tanpa bisa dijangkau Ridho. 1-0.

Indonesi sempat mendapat peluang emas pada menit ke-37. Terjadi kemelut di depan gawang Malaysia. Tendangan bebas dari area kiri tengah lapangan ke tiang jauh ditanduk oleh Dutra dan ditepis kiper Malaysia. Bola sempat bergulir liar dan akhirnya jatuh ke kaki Greg. Sayang bola sepakannya masih bisa dihalau satu bek Malaysia dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Laga kemudian berjalan cukup alot. Pada akhirnya tak ada gol yang tercipta. Malaysia unggul 1-0 atas Timnas Indonesia di babak pertama.

1 dari 1 halaman

Babak Kedua

Indonesia memulai pertandingan babak kedua dengan agresif. Tim yang diasuh oleh Yeyen Tumena ini berusaha menyerbu melalui sisi sayap, khususnya di sisi kiri.

Namun serangan mereka masih belum membahayakan pertahanan sang tuan rumah. Di sisi lain, Malaysia berusaha untuk mengontrol tempo permainan, namun taktik mereka tak mampu menghasilkan serangan berbahaya pada pertahanan skuat Garuda.

Seiring waktu, pertandingan menjadi kian terbuka. Kedua tim lebih berani saling menyerang. Pada menit ke-64, Malaysia mendapat peluang mencetak gol. Namun tendangan Kutty dari luar kotak penalti masih melambung. Semenit kemudian, Indonesia coba mengancam melalui Osas Saha, namun bola tendang jarak jauhnya masih terlalu lemah dan diamankan kiper dengan mudah.

Pada menit ke-68, Malaysia mengancam melalui tendangan keras Brendan Gan dari luar kotak penalti, namun bisa ditepis oleh Ridho.

Sayangnya, pada menit ke73, Indonesia akhirnya kebobolan untuk kedua kalinya. Safawi Rasid berhasil mencuri bola dari Yanto Basna dan dengan tenangan keras kaki kirinya ia menjebol gawang M Ridho. 2-0.

Pada menit ke-83, Indonesia mendapatkan penalti setelah Febri dijatuhkan kiper Malaysia. Tapi eksekusi Osas Saha terlalu lemah dan bisa digagalkan dengan sangat mudah oleh Farizal Marlias.

Pada menit ke-87, Indonesia nyaris kebobolan lagi setelah mendapat serangan balik dari Malaysia. Safawi Rasid melepas tendangan melengkung dari pojok kiri kotak penalti. Namun usahanya mencatatkan hattrick gagal karena bola masih melebar ke sisi kanan gawang Ridho.

Pada akhir laga, wasit memberikat tambahan waktu tiga menit. Namun hingga laga berakhir, tak ada tambahan gol yang tercipta.

Reporter: Dimas Ardi Prasetya
Sumber: Bola.net [RWP]

Baca juga:
Timnas Indonesia Ditaklukkan Timnas Vietnam 1-3
Timnas Senior Indonesia Ditaklukkan Uni Emirat Arab 5 Gol Tanpa Balas
Jadwal Pertandingan Timnas Indonesia vs Uni Emirat Arab
Indonesia Kalah 0-3 dari Thailand

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini