Timnas Indonesia Ditaklukkan Timnas Vietnam 1-3

Rabu, 16 Oktober 2019 07:51 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Timnas Indonesia Ditaklukkan Timnas Vietnam 1-3 Timnas Indonesia. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Timnas Indonesia harus kembali menelan kekalahan pada matchday 4 Grup G putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Menjamu Vietnam di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Selasa (15/10), Timnas tunduk dengan skor 1-3.

Pertandingan berlangsung dengan tempo sedang. Indonesia berusaha untuk bermain cepat namun bisa dibendung oleh permainan rapi dan tenang yang diperagakan skuat Vietnam. Sang tamu bermain lebih dominan di laga ini.

Gol-gol Vietnam dibagi rata oleh tiga pemain. Tiga pencetak gol itu adalah Do Duy Manh, Que Ngoc Hai, dan Nguyen Tien Linh. Sementara itu gol semata wayang Indonesia dicetak oleh Irfan Bachdim.

Pelatih Indonesia Simon McMenemy melakukan perubahan susunan pemain secara masif di laga ini. Sebagian besar pemain yang main saat melawan Uni Emirat Arab diistirahatkan.

1 dari 2 halaman

Babak Pertama

Vietnam lebih sering menekan pertahanan Indonesia di awal-awal babak pertama. Mereka menekan pertahanan Merah Putih dari segala sisi lapangan.

Vietnam mampu menggulirkan bola dengan cepat antar pemain. Mereka juga mampu mengubah serangan dari sayap kiri ke kanan atau sebaliknya dengan cepat.

Namun mereka masih cukup kesulitan menembus area kotak penalti Indonesia. Skuat Merah Putih juga mencoba sesekali melancarkan serangan, utamanya melalui kedua sayap via Saddil dan Riko. Namun karena transisi yang buruk dari bertahan ke menyerang, usaha skuat Garuda kerap gagal dengan sia-sia. Selain itu Vietnam sendiri tampaknya dari awal juga sudah mengantisipasi serangan dari kedua sisi sayap tersebut.

Peluang pertama muncul pada menit ke-18. Pemain Vietnam melepas tendangan keras knuckle ball dari luar kotak penalti sebelah kiri. Namun Ridho dengan sigap mampu membendung laju bola.

Gawang Indonesia akhirnya kebobolan pada menit ke-26. Berawal dari sepak pojok dari sebelah kiri, bola melesat ke tiang dekat dan disundul ke tiang jauh. Bola kemudian dikembalikan lagi ke tengah dengan sundulan oleh pemain Vietnam. Bola gagal dihalau dengan sempurna oleh Basna dan akhirnya disambar oleh Do Dyu Manh. 0-1.

Indonesia kemudian mencoba bermain lebih agresif setelah kebobolan. Awalnya Merah Putih masih kesulitan untuk menembus pertahanan Vietnam.

Namun akhirnya mereka bisa memaksa lini pertahanan Vietnam bekerja sedikit lebih keras. Beberapa peluang didapat. Di antaranya melalui tandukan Basna dari sepak pojok, namun masih bisa ditangkap dengan mudah oleh kiper lawan.

Pada injury time, Putu Gede melepas tendangan first time. Namun bola hanya melipir tipis saja ke samping kiri gawang Vietnam.Pada akhirnya tak ada gol lagi yang tercipta. Indonesia tertinggal 0-1 dari Vietnam.

2 dari 2 halaman

Babak Kedua

Indonesia mencoba menekan sejak awal. Usaha mereka cukup berhasil. Peluang pun didapat pada menit ke-49. Tendangan bebas Van Dimas ditanduk oleh Dutra di tengah kotak penalti, namun sayang hanya berbuah tendangan gawang.

Namun Vietnam mampu bangkit. Mereka secara perlahan bisa balik mengancam pertahanan Merah Putih.
Pada akhirnya upaya membuahkan hasil. Tusukan Do Hung Dung dari sayap kanan gagal dihentikan oleh Riko dan Abduh. Basna berusaha menghentikan dengan tekelnya, namun malah berbuah pelanggaran penalti. Eksekusi dilakukan oleh Que Ngoc Hai dengan tenang dari titik 12 pas pada menit ke-53. 0-2.

Indonesia mencoba untuk bangkit. Tapi justru malah mereka yang tersakiti lagi. Setelah sukses merebut bola di tengah, Vietnam memberikan umpan terobosan pada Tien Linh. Setelah lolos dari jebakan offside, dengan mudah ia sukses menjebol gawang Ridho. 0-3.

Indonesia berusaha tak menyerah meski telah tertinggal tiga gol. Pada menit ke-72, peluang pun didapat melalui Beto. Namun sayang tendangannya dari dalam kotak penalti hanya meleset tipis ke samping kiri gawang Vietnam.

Pada menit ke-79, Indonesia mendapat peluang lagi. Setelah mendapat umpan dari Riko, Evan Dimas mendapat ruang tembak dari dalam kotak penalti sebelah kanan. Namun bola tendangannya dengan sigap bisa diblok oleh defender lawan dan menghasilkan sepak pojok saja.

Pada menit ke-84, Indonesia akhirnya bisa mencetak gol. Riko melakukan serangan balik dan melaju ke dalam kotak penalti. Meski sempat terjatuh, ia bisa memberikan umpan pada Irfan. Penyerang Bali United ini pun bisa mencetak gol dengan tendangan kaki kirinya. 1-3.

Pada menit 90+3, Indonesia dihukum penalti. Sebab Otavio Dutra melanggar Nguyen Quang Hai di kotak terlarang. Namun untung Ridho dengan gemilang mengeblok eksekusi Do Hung Dung. Hasil ini membuat Timnas Indonesia tumbang 1-3 dari Vietnam.

Reporter: Dimas Ardi Prasetya
Sumber: Bola.net [RWP]

Baca juga:
Timnas Indonesia U-22 Kalah Tipis 0-1 dari Timnas Yordania U-22
Timnas Indonesia U-23 Ditumbangkan China 0-2
Timnas Senior Indonesia Ditaklukkan Uni Emirat Arab 5 Gol Tanpa Balas
Jadwal Pertandingan Timnas Indonesia vs Uni Emirat Arab
Kualifikasi Piala AFC U-16 2020, Indonesia Bungkam Filipina

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini