Sukses di Piala Asia 2019, Vietnam Raup Rp7,4 Miliar

Rabu, 23 Januari 2019 09:46
Sukses di Piala Asia 2019, Vietnam Raup Rp7,4 Miliar Timnas Vietnam menyapa suporter setelah laga melawan Yaman di Piala Asia 2019 (16/1/2019). (AFP)

Merdeka.com - Jakarta - Timnas Vietnam meraup prestasi di dalam dan luar lapangan menyusul penampilan di Piala Asia 2019. Sukses mencapai ke perempat final, mereka juga mendapat hadiah besar.

Vietnam sudah dipastikan menghasilkan uang sekitar 522 ribu dolar AS (Rp7,4 miliar) atas performa mengesankan sejauh ini di Piala Asia 2019.

Kemenangan atas Yordania di babak 16 besar tak hanya membawa the Golden Dragons ke perempat final melainkan juga membuat tim mendapat 304 ribu dolar AS (Rp4,3 miliar) dari Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Vietnam, lima bank lokal Vietnam serta satu perusahaan.

Tim asuhan Park Hang-seo juga menerima 65.200 dolar AS (Rp927,1 juta) setelah lolos dari fase kualifikasi, termasuk 43.500 dolar AS (Rp618,6 juta) dari Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) dan 21.700 dolar AS (Rp308,5 juta) dari anggota VFF.

Sementara sebagai peserta Piala Asia 2019, Timnas Vietnam mendapat 200 ribu dolar AS dari panpel. Seandainya mampu mencapai semifinal, pundi-pundi uang Timnas Vietnam bakal makin besar karena mereka dipastikan akan mengantongi tambahan sebesar 1 juta dolar AS (Rp14,2 miliar).

Ini adalah kali kedua buat Vietnam melaju hingga perempat final Piala Asia. Pada 2007 saat dilatih Alfred Riedl, mereka pernah mencatatkan prestasi serupa. Namun, ketika itu Piala Asia baru diikuti 16 tim, bukan 24 tim seperti edisi tahun ini.

Di fase perempat final yang digelar di Al Maktoum Stadium, Dubai, Kamis (24/1/2019), Vietnam akan bersua raja Piala Asia, Jepang. Hingga sejauh ini Jepang merupakan negara sebagai pengoleksi gelar Piala Asia terbanyak, yakni empat kali jadi juara.

Pemerintah Vietnam Bangga

Prestasi apik Nguyen Cong Phuong dkk. mendapat respons positif dari pemerintah Vietnam. MenteriKebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Vietnam, Nguyen Ngoc Thien, mewakili pemerintah mengucapkan selamat atas pencapaian Vietnamsejauh ini.

"Jutaan fans sangat gembira dan bangga dengan performa Vietnam di Piala Asia. Hasil ini hadiah tak ternilai yang akan dibawa pulang timnas," kata Thien.

"Dengan kebersamaan, skill, dan semangat, Vietnam bermain dengan berani untuk meraih kemenangan meyakinkan dan menjadi satu dari delapan tim terbaik di Asia. Tekad dan energi ini menunjukkan keindahan orang Vietnam; bangkit dari kesulitan," imbuhnya.

Thien juga mengucapkan terima kasih kepada pelatih Park Hang-seo serta staf pelatih atas kontribusi mereka buat sepak bola Vietnam. Tak lupa, sang menteri juga berterima kasih kepada kalangan suporter atas dukungan kepada tim dalam setiap pertandingan yang dijalani.

Sumber:Bola.com

Topik berita Terkait:
  1. Timnas Vietnam
  2. Piala Asia
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini