Sejarah Inggris vs Prancis di Piala Dunia: Motivasi Les Bleus Balas Dendam

Selasa, 6 Desember 2022 11:00 Reporter : Merdeka
Sejarah Inggris vs Prancis di Piala Dunia: Motivasi Les Bleus Balas Dendam Prancis vs Polandia 3-1. ©2022 REUTERS

Merdeka.com - Timnas Inggris bakal bertemu Prancis dalam babak perempat final Piala Dunia 2022, Minggu (11/12) dini hari. Kedua tim sedikitnya sudah bertemu sebanyak 31 pertandingan di semua ajang.

Dari total itu, Inggris berhasil menang 17 kali, imbang 5 kali sisanya 9 kemenangan menjadi milik Prancis. Karenanya, pertemuan kedua tim kali ini bisa jadi menjadi ajang 'balas dendam' Les Bleus kepada 'Tiga Singa'.

FIFA mencatat, dari pertemuan piala dunia kedua tim, Inggris masih memenangi rekor dengan 2 kemenangan, 2 lainnya imbang. Hasil positif itu mereka raih di tahun 1982 dalam piala dunia Spanyol, Inggris menang 3-1 berkat gol Paul Mariner dan dua gol Bryan Robson. Sementara gol Prancis diciptakan Gerard Soler. Pada Piala Dunia 1966 di Inggris, Prancis juga kalah dengan skor 2-0.

Perjalanan Inggris di Piala Dunia 2022 terbilang positif, pasalnya mereka belum terkalahkan dan hanya meraih imbang. Kemenangan pertama mereka dapatkan saat menjamu Iran, tak tanggung-tanggung, 6 gol berhasil mereka sarangkan.

2 dari 3 halaman

Di matchday kedua, skuad Gareth Southgate sedikit 'loyo' karena harus bermain imbang 0-0 saat bertemu Amerika Serikat. Kemenangan Inggris berlanjut kontra Wales dengan skor 3-0 dan memastikan mereka lolos babak penyisihan grup.

Agresifitas mereka berlanjut di babak 16 besar, bertemu Senegal mereka tampil garang dengan memasukkan tiga gol tanpa balas.

Dalam catatan, mereka juga terbilang 'moncer' untuk urusan gol. Inggris berhasil membukukan 12 gol dengan 2 gol kebobolan.

3 dari 3 halaman

Sementara itu, Timnas Prancis juga tidak bisa diremehkan. Kylian Mbappe dkk berhasil meraih dua kemenangan di penyisihan grup dan satu kali kalah.

Dua kemenangan yang mereka raih masing-masing atas Australia dengan skor 4-1 dan Denmark 2-1. Kekalahan pertama mereka di Piala Dunia 2022 ialah saat bertemu Tunisia dengan skor 2-1.

Di babak 16 besar mereka berhasil menundukkan Polandia dengan skor meyakinkan 3-1. Dari catatan itu, produktifitas gol Prancis masih kalah dari Inggris, mereka meraih 9 gol dan 3 kebobolan.

Dengan statistik tersebut, laga Inggris vs Prancis layak ditunggu, apalagi melihat catatan sejarah kedua tim di mana Three Lions lebih unggul dari Les Bleus. Sudah tentu, Prancis bakal 'mati-matian' membalas dendam mereka.

Reporter: Andri

Baca juga:
Jelang Lawan Maroko, Spanyol Dihantui Rekor Buruk Babak Adu Penalti
Piala Dunia 2022: Link Live Streaming Portugal vs Swiss
Piala Dunia 2022: Link Live Streaming Maroko vs Spanyol
Video: Hasil Piala Dunia 2022 Brasil vs Korea Selatan, Tim Samba Menang
Hasil Piala Dunia 16 Besar Kroasia vs Jepang: Drama Adu Pinalti Bikin Kroasia Lolos
Legenda Real Madrid Tuding Spanyol Sengaja Kalah dari Jepang Hindari Brasil

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini