PSIS Mengklaim Rugi Belasan Miliar Rupiah karena Pandemi Virus Corona

Kamis, 21 Mei 2020 03:06 Repoter : Redaksi Bola.com
PSIS Mengklaim Rugi Belasan Miliar Rupiah karena Pandemi Virus Corona Gelandang jangkar PSIS, Ibrahim Conteh (kiri) bersama CEO PSIS, Yoyok Sukawi. (Bola.com/Vincentius Atmaja)

Merdeka.com - Bola.com, Semarang - Dampak wabah virus corona sangat besar bagi seluruh lapisan masyarakat di Indonesia, termasuk di kancah sepak bola. Kontestan Shopee Liga 1 2020, termasuk PSIS Semarang, dipastikan ikut mengalami kerugian yang tidak sedikit.

Kompetisi kasta tertinggi di sepak bola Indonesia baru melakoni tiga pertandingan ketika dihentikan total oleh PSSI. Sampai sekarang belum ada kejelasan apakah kompetisi Liga 1 2020 akan dilanjutkan atau tidak. 

PSIS Semarang mengklaim mengalami kerugian mencapai belasan miliar rupiah, sebagai akibat dari pandemi COVID-19.

CEO PSIS Semarang, Yoyok Sukawi mengatakan, pandemi membuat kompetisi berhenti sekaligus klub tidak ada pemasukan. Sementara PSIS Semarang masih memiliki tanggungan operasopnal dan membayar gaji pemain meski tidak penuh.

"Kami tidak ada lagi pemasukan. Baik sponsor, pendapatan tiket, bagi hasil siaran TV, bagi hasil usaha, semua berhenti. Di saat pendapatan berhenti, kami masih mengeluarkan biaya," kata Yoyok Sukawi, Rabu (20/5/2020).

"Kami tetap profesional, dan insyaallah masih mampu. Kalau tahun ini, jelas rugi. Hitungan kami tahun ini, minus antara Rp10 miliar sampai Rp15 miliar. Tetap kami jalani, tidak ada masalah," ungkapnya.

 

Tidak Semua Klub Siap

PSIS
Logo PSIS Semarang. (Bola.com/Dody Iryawan)

Pria bernama lengkap Alamysah Satyanegara Sukawijaya menambahkan tidak semua klub di Indonesia siap menghadapi situasi seperti ini. Menurut dia, masih ada klub yang mendapat bantuan pemerintah, atau patungan dari berbagai pihak, sebagai modal untuk mengarungi kompetisi.

Dirinya berharap tahun depan kondisi sudah kembali normal. Roda kompetisi, keuangan klub termasuk PSIS bisa membaik lagi, terutama bagi para pemain yang merindukan aktivitas pertandingan sepak bola.

"Sebetulnya kami sudah siap tahun ini. Pondasi yang sudah tertata dengan baik seperti infrastruktur stadion kandang, pemain, tim pelatih, ofisial hingga tim akademi adalah aset besar PSIS," kata Yoyok. 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini