Pesawat Emiliano Sala Ditemukan, Proses Penyelidikan Berlanjut

Senin, 4 Februari 2019 18:06
Pesawat Emiliano Sala Ditemukan, Proses Penyelidikan Berlanjut Mantan bintang FC Nantes, Emiliano Sala dikabarkan meninggal dunia usai pesawat yang ditumpanginya hilang dari kontak, selasa (22/1). Hal tersebut membuat pendukung FC Nantes larut dalam rasa duka. (AFP/Loic Venance)

Merdeka.com - Liputan6.com, Jakarta Titik terang pencarian Emiliano Sala mulai terlihat. Tim investigasi independen telah mennemukan pesawat yang ditumpangi oleh pemain Cardiff City tersebut. 

Badan investigas kecelakaan penerbangan internasional (AAIB) telah mengkonfirmasi penemuan tersebut. Puing tersebut ditemukan di English Channel, Minggu pagi (3/2/2019) waktu setempat. Penemuan ini juga telah disampaikan kepada pihak keluarga. 

"Puing pesawat yang membawa Emiliano Sala dan pilot David Ibbotson telah terdeteksi pagi ini (Minggu) oleh FPV MORVEN," kata Koordinator pencarian, David Mearns dilansir Metro.co.uk. 

"Sesuai kesepakatan dengan AAIB, mereka memindahkan GEO OCEAN III ke posisi yang kami sediakan untuk mengidentifikasi pesawat secara visual oleh ROV," bebernya. 

Emiliano Sala bersama pilot, David Ibbotson menghilang sejak Senin (21/1/2019) lalu bersama pesawat yang mereka tumpangi. Diduga, mereka mengalami kecelakaan dan jatuh ke laut setelah sempat hilang dari radar. Otoritas resmi Inggris maupun Prancis menduga keduanya tidak selamat dalam insiden tersebut dan telah menghentikan proses pencarian. 

Pihak keluarga bersama kerabat dekat Sala kemudian menggalang dana untuk melanjutkan pencarian secara independen. Mereka masih berharap, Emiliano Sala bisa ditemukan. 

"Baik pihak keluarga Emiliano Sala maupun David Ibbotson telah diberitahu oleh polisi. AAIB selanjutnya akan memberikan pernyataan resmi besok. Malam ini, pikiran kami bersama pihak keluarga dan teman-teman Emiliano Sala," ujar Mearns menambahkan. 

 

Diserahkan ke AAIB

Setelah penemuan ini, tugas badan pencari independen yang dipimpin oleh Mearns juga berakhir. Sesuai kesepakatan, selanjutnya investigas bakal dilanjutkan oleh AAIB.  

"Benar-benar tragis dan menyedihkan," kata Mearns kepada Sky Sports.

"Tugas kami telah selesai. Sekarang ini menjadi penyelidikan aktif dan ditangani langsung oleh AAIB (Inggris), mereka akan mengambil alih sesuai dengan kesepakatan. Kita sudah melakukan perjalanan panjang dan kini waktunya memikirkan keluarga dan kerabat korban."

"Ini yang mereka inginkan dari kami, kami sudah mencapainya dan ini yang terbaik yang kami bisa untuk membantu--hasil terbaik. Benar-benar tragis dan menyedihkan, tapi setidaknya beberapa pertanyaan akan terjawab berkat apa yang kami temukan hari ini."

Pencarian bawah laut telah dilakukan sejak Minggu pagi, melibatkan tim dari AAIB bersama tim pencari independen. Sebelumnya, AAIB juga sempat menerima temuan berupa bantal kursi dari pesawat yang ditemukan di pantai di sebelah selatan Inggris, Rabu lalu. 

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

Topik berita Terkait:
  1. Emiliano Sala
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini