Pertarungan 7 playmaker terbaik dunia di pentas Euro 2016

Kamis, 2 Juni 2016 00:01 Reporter : Yoga Tri Priyanto
Pertarungan 7 playmaker terbaik dunia di pentas Euro 2016 Playmaker terbaik Euro 2016. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Sepakbola tidak melulu tentang seorang striker yang mencetak gol. Sepakbola adalah tim. Tidak ada posisi yang menjadi penentu kemenangan. Semua lini dalam sepakbola berhak mencetak gol dan menentukan kemenangan.

Salah satu posisi yang kerap dilupakan dan tenggelam oleh gol-gol para striker adalah playmaker. Sosok playmaker memang jarang mencetak gol, namun sentuhan-sentuh mereka sangat berpengaruh pada permainan tim. Di kancah sebesar Euro, ada beberapa playmaker yang siap bertarung membuktikan kebolehannya.

Siapa saja mereka? Berikut ulasannya.

1 dari 7 halaman

Toni Kroos

Toni Kroos. © fourfourtwo.com

Sukses mengantarkan Real Madrid meraih gelar Liga Champions ke-11, nama Toni Kroos langsung banyak disanjung. Bukan kebetulan, pasalnya Kross memiliki insting yang bagus dalam permainan Los Blancos. Di kancah timnas Jerman, Kroos banyak diandalkan untuk bersanding dengan Sebastian Schweinsteiger dan juga Mesut Ozil.

Peran Kroos dalam membagi bola dan menciptakan peluang sungguh luar biasa. Dia tipikal pemain cerdas yang mampu melihat peluang sekecil apapun dan menyuplai bola untuk rekan-rekannya.

2 dari 7 halaman

Paul Pogba

Paul Pogba. © Talksport.com

Paul Pogba adalah seorang playmaker muda yang dimiliki oleh timnas Prancis. Di kancah Euro 2016, pemain Juventus ini siap menunjukkan kemampuan terbaiknya, terlebih lagi dia akan berlaga di rumah sendiri.

Beberapa penampilan apik sebenarnya sudah terlihat saat pertama kali bergabung dengan Juventus. Di Piala Dunia 2014 lalu, Pogba mencuri perhatian banyak orang dengan skill yang menawan. Di laga persahabatan melawan Kamerun beberapa waktu lalu, Pogba menggunakan kaki kanannya untuk mengirimkan umpan cantik ke Olivier Giroud dan berbuah gol. Prancis sukses mengalahkan Kamerun dengan skor 3-2. Peran Pogba sangat dinanti dalam Euro 2016.

3 dari 7 halaman

Andres Iniesta

Andres Iniesta. © football.co.uk

Sosok yang satu ini tidak terbantahkan sebagai playmaker kelas dunia. Perannya begitu vital di skuad timnas Spanyol dan juga timnya, Barcelona. Di ajang Euro 2012 lal, Andres Iniesta menjadi pemain paling berpengaruh atas kemenangan Spanyol atas Italia dengan skor 4-0.

Sebenarnya bukan hanya Iniesta, namun berkat kolaborasinya bersama Xavi Hernandez. Spanyol kala itu membuktikan mampu membungkam kritik atas formasi dari pelatih Del Bosque yang tidak menempatkan satu striker pun di depan. Namun terbukti berhasil, yang mana kreator serangan justru dari lini tengah yang digawangi oleh Iniesta. Di Euro 2016, gelandang senior ini siap membantu La Furia Roja menyabet juara Euro untuk ketiga kalinya secara berturut-turut.

4 dari 7 halaman

James Milner

James Milner. © express.co.uk

James Milner berusia 30 saat ini. Pelatih Timnas Inggris masih memberikan kepercayaan pada playmaker Liverpool ini untuk membela The Three Lions di ajang Euro 2016. Penampilana impresifnya bersama The Reds membuat Roy Hudgson terpesona dan memanggilnya untuk bersanding dengan Jordan Henderson dan Eric Dier di lini tengah.

Kiprahnya di Euro 2016 kali ini menjadi ajang pembuktian Tiga Singa untuk kembali meraih tahta di kancah Eropa. Dengan skuad yang lebih muda, seharusnya Inggris bisa lebih kratif dengan variasi serangan. Tentu saja hal itu akan menjadi tugas berat seorang James Milner.

5 dari 7 halaman

Luka Modric

Luka Modric. © football.co.uk

Pemain Timnas Kroasia ini akan menjadi tumpuan berkat kecerdasannya di lapangan. Luka Modric, akan menunjukkan kemapuannya mengolah dan membagi bola serta menyuplai bola ke lini dengan. Dia adalah playmaker sejati.

Modric memang sudah menjadi langganan starter di skuad Real Madrid musim ini. Dalam statistik Whoscored.com, passing sukses yang dilakukan MOdric adalh 90,9 persen! Menakjubkan!

Di lini tengah Kroasia, Modric mungkin akan dipasangkan dengan Ivan Rakitic (Barcelona) dan Ivan Perisic (Inter Milan). Menarik kita nantikan.

6 dari 7 halaman

Marek Hamsik

Marek Hamsik. © express.co.uk

Slovakia memiki playmaker yang andal. Adalah Marek Hamsik, yang kin berkarir di Serie A bersama Napoli. Hamsik langganan menjadi starter untuk Napoli dan itu mencuri perhatian pelatih timnas Slovakia, Jan Kozak.

Penampilan impresif Hamsik diharapkan akan menular di ajang Euro 2016 bersama timnas Sloakia. Meskipun menjadi kuda di grup B bersama Inggris, Wales, dan Russia, Slovakia masih terus akan bertarung dengan segenap kekuatan yang ada.

7 dari 7 halaman

Daniele De Rossi

rossiDaniele De Rossi. © fourfourtwo.com

Sebagai salah satu sosok senior di timnas Italia, Daniele De Rossi memangku beban berat. Terutama di kancah Euro 2016. pasalnya, pemain yang berkarir bersama AS Roma akan diplot sebagai suksesor Andrea Pirlo di skuad Gli Azzurri. Itu adalah beban berat.

Kita tahu bahwa Pirlo merupakan playmaker kelas dunia yang begitu cerdas. Namun jangan salah. De Rossi bukan pemain yang ecek-ecek. Dia memiliki akurasi passing 88,9 persen dalam semusim bersama AS Roma. Rasanya sangat cocok menggunakan jasa De Rossi untuk mengalirkan bola-bola ke lini depan. Dia adalah playmaker kelas dunia.

[ega]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini