Persib dan Persija, 2 Klub Paling Sering Disiarkan Secara Langsung di Era Liga 1

Kamis, 21 Mei 2020 10:21 Repoter : Redaksi Bola.com
Persib dan Persija, 2 Klub Paling Sering Disiarkan Secara Langsung di Era Liga 1 Liga 1 - Persija Jakarta dan Persib Bandung (Bola.com/Adreanus Titus)

Merdeka.com - Bola.com, Jakarta - Persija Jakarta dan Persib Bandung terbukti menjadi dua tim yang paling ditunggu oleh pemirsa layar kaca selama era Liga 1, mulai dari 2017 hingga 2019. Hal tersebut terbukti dari sapu bersih yang dilakukan oleh stasiun televisi pemegang hak siar yang selalu menyiarkan secara langsung seluruh pertandingan kandang kedua tim dan hanya dua laga tandang saja yang tidak disiarkan secara langsung.

Persija Jakarta dan Persib Bandung sama-sama mendapatkan raihan 100 kali ditayangkan di layar kaca selama Liga 1 bergulir. Hal tersebut terlihat dari data yang dihimpun oleh Labbola. dalam daftar Top5 tim dengan siaran langsung terbanyak Liga 1 mulai 2017 hingga 2019.

Kedua tim yang juga memiliki sejarah rivalitas suporter itu sama-sama sudah 51 kali ditayangkan secara langsung di televisi ketika menggelar laga kandang. Selain itu, keduanya juga disiarkan dalam 49 laga tandang selama tiga musim tersebut.

Dua pertandingan Persija dan Persib yang tidak ditayangkan melalui layar kaca adalah ketika kedua tim bertandang ke markas Perseru Serui pada Liga 1 2017 dan 2018. Begitu Perseru Serui merger dengan Badak Lampung FC dan berubah menjadi Perseru Badak Lampung pada 2019, pertandingan yang melibatkan Persija dan Persib di Stadion Sumpah Pemuda, Bandar Lampung, pun disiarkan.

Satu hal yang menarik, dari total 100 pertandingan Persija dan Persib yang disiarkan secara langsung, tak satu pun tayangan itu hanya berasal dari live streaming, terutama pada 2018 dan 2019, di mana live streaming dioperasikan oleh Vidio.com.

Sementara itu, Arema FC, Bali United, dan Persela Lamongan melengkapi posisi lima besar klub yang paling sering ditayangkan secara langsung. Namun, berbeda dari dua klub di atas, ketiganya juga mendapatkan tayangan melalui live streaming.

Arema FC yang berada di peringkat ketiga misalnya. Singo Edan mencatatkan 50 kali masuk tayangan langsung televisi ketika menggelar laga kandang Liga 1 2017 hingga 2019.

Sementara ketika melakukan laga tandang, Arema FC 42 kali disiarkan di televisi dan 7 kali hanya melalui live streaming. Total siaran langsung yang didapatkan oleh Arema FC selama tiga musim tersebut adalah 99 pertandingan, yang didapatkan dari 92 tayangan di televisi dan 7 melalui live streaming.

Sementara itu, di peringkat keempat ada Bali United yang mencatatkan 48 pertandingan kandang ditayangkan melalui layar kaca. Sementara untuk laga tandang, Bali United mendapat jatah 40 siaran langsung televisi dan 5 melalui live streaming. Total siaran langsung dan live streaming yang melibatkan Bali United adalah 93 pertandingan.

Persela Lamongan secara mengejutkan berada di peringkat kelima dalam daftar Top 5 Tim Liga 1 dengan siaran langsung televisi terbanyak. Tercatat ada 92 pertandingan yang dijalani Persela ditayangkan secara langsung.

Detilnya, Laskar Joko Tingkir memainkan 43 laga kandang yang disiarkan di stasiun televisi dan tujuh lainnya melalui live streaming. Selain itu 39 laga tandang yang dimainkan oleh Persela juga disiarkan melalui layar kaca televisi dan 6 lainnya disiarkan melalui live streaming.

Total Siaran Langsung Meningkat Setiap Musim

Ilustrasi Liga 1 Indonesia (Bola.com/Adreanus Titus)

Gaung kemeriahan Liga 1 memang terus meningkat sejak pertama kali digelar pada 2017. Dalam edisi perdananya, di mana TVOne menjadi pemegang hak siar, 203 pertandingan dari total 306 laga ditayangkan secara langsung melalui layar kaca.

Sementara itu, ketika hak siar televisi untuk Liga 1 bergeser ke EMTEK Group pada 2018, di mana TvOne juga masih mendapat jatah siaran langsung, peningkatan jumlah siaran langsung pertandingan kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia itu meningkat cukup signifikan.

Jika dibandingkan dengan Liga 1 2017, ada peningkatan hingga 85 pertandingan. Secara total, ada 288 pertandingan yang disiarkan secara langsung melalui beberapa channel.

Indosiar menyiarkan 148 pertandingan Liga 1 2018, di mana O Channel mendapatkan slot 62 pertandingan untuk disiarkan secara langsung. 60 laga lain ditayangkan secara langsung melalui platform Vidio.com dan 18 pertandingan lain disiarkan oleh TVOne.

Sementara pada Shopee Liga 1 2019, EMTEK Group menjadi satu-satunya pemegang hak siar pertandingan. Indosiar pun menambah slot siaran langsung pada musim itu menjadi 192 laga.

Sementara itu, O Channel mendapatkan slot 45 pertandingan dan Vidio.com menayangkan secara langsung 60 live streaming pertandingan. Total ada 305 pertandingan yang disiarkan secara langsung pada Liga 1 2019.

Sumber: Labbola

Video

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini