Pembentukan BTN menjadi jawaban semua kendala timnas

Sumber : | Selasa, 5 Februari 2013 21:25
Pembentukan BTN menjadi jawaban semua kendala timnas
Direktur Media PSSI, Tommy Rusian Arief. (c) Eggi Paksha

Merdeka.com - Demi kejayaan tim nasional Indonesia, Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) akan membentuk Badan Tim Nasional (BTN).

Peran BTN, nantinya diharapkan mampu menatap sasaran jangka pendek, menengah, dan jangka panjang yang dirancang PSSI. Dengan adanya BTN yang yang diklaim sebagai badan otonom PSSI, dapat menjalankan program pembentukan Timnas yang berkualitas.

"Mulai dari pencarian pemain berkualitas dan terukur, seleksi pemain yang bermutu dengan standar internasional, pembentukan Timnas, program latihan, pola latihan berkelas internasional dengan pelatih kaliber internasional tentunya," terang Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin Husin yang ditirukan Direktur Media PSSI, Tommy Rusian Arief.

Lebih jauh diutarakan Djohar melalui Tommy, Timnas di bawah BTN akan ditunjang penataan nutrisi dan rekam medis profesional. Sebab, untuk mewujudkan program yang efektif dan implementatif, diperlukan dukungan finansial yang proporsional. Tanpa dukungan finansial yang proporsional, semua program tidak akan berjalan efektif dan optimal.

"Untuk itulah, pembentukan BTN menjadi jawaban dari semua kendala yang ada selama ini. BTN akan lebih fokus menata manajemen Timnas yang lebih profesional. BTN akan bekerja keras guna mewujudkan harapan terbentuknya Timnas berkualitas dan memiliki daya saing tinggi di kawasan Asia Tenggara, Asia, bahkan dunia," katanya.

Tommy juga menjelaskan jika Djohar mendukung sepenuhnya langkah awal yang sudah dilakukan Ketua BTN, Isran Noor dan jajarannya dengan mendatangkan pelatih internasional asal Argentina, Luis Manuel Blanco.

Manuel Blanco dikenal karena pengalamannya menjadi pelatih Timnas China U-23, manajer klub juara Albania yang bermain di Liga Eropa, Dynamo Tirana, dan 30 tahun kariernya melatih klub-klub liga profesional Argentina, Paraguay, Meksiko, Bolivia dan Costa Rica.

Djohar pun berharap, Luis Manuel Blanco dapat mengangkat derajat Timnas Merah Putih. Sebab, diperlukan kerja sangat keras untuk membangun kembali Timnas Indonesia.

"Dukungan PSSI dan kita semua, akan sangat berarti guna menopang kerja Luis Manuel Blanco sebagai pelatih tim Garuda yang baru," pungkas Djohar. (esa/dzi)

Rekomendasi Pilihan

KUMPULAN BERITA
# Timnas Indonesia


Sumber: Bola.net
Komentar Anda



BE SMART, READ MORE