Jenazah dari Pesawat Emiliano Sala Telah Dievakuasi

Kamis, 7 Februari 2019 22:06
Jenazah dari Pesawat Emiliano Sala Telah Dievakuasi Mantan bintang FC Nantes, Emiliano Sala dikabarkan meninggal dunia usai pesawat yang ditumpanginya hilang dari kontak, selasa (22/1). Hal tersebut membuat pendukung FC Nantes larut dalam rasa duka. (AFP/Loic Venance)

Merdeka.com - Liputan6.com, Jakarta - Pesawat yang ditumpangi Emiliano Sala telah ditemukan di dasar laut Selat Inggris. Sementara jenazah yang berada di dalamnya juga sudah dievakuasi. Meski demikian, belum diketahui apakah Emiliano Sala termasuk di dalamnya.

Pesawat Piper Malibu N264DB yang membawa Sala dan pilot David Ibotsson jatuh saat dalam perjalanan dari Nantes menuju Cardiff, 21 Januari lalu. Proses pencarian sempat dihentikan sebelum akhirnya dilanjutkan oleh pihak keluarga dengan biaya swadaya dan bantuan dari kerabat serta pesepak bola lainnya.

Titik terang akhirnya terlihat setelah kapal khusus yang digunakan tim pencari menemukan puing pesawat di dasar laut Selat Inggris. Badan Investigasi Kecelakaan Udara Inggris (AAIB) juga telah mengkonvirmasi temuan tersebut.

Proses evakuasi terhadap jenazah, Minggu lalu sempat terhambat cuaca buruk. Derasnya arus di bawah laut membuat proses tersebut terpaksa ditunda.

Seperti dilansir Sky Sports, AAIB telah berusaha untuk mengangkat puing pesawat tersebut ke permukaan. Namun sulitnya medan dan cuaca yang tidak bersahabat membuat upaya yang mereka lakukan terpaksa dihentikan.

"Setelah pemeriksaan visual yang ekstensif dari lokasi kecelakaan menggunakan kendaraan yang dioperasikan dari jarak jauh (ROV), diputuskan untuk mencoba proses evakuasi," bunyi pernyataan AAIB dilansir SkySports.

"Dalam kondisi yang menantang, AAIB dan kontraktor sepsialis berhasil menemukan jenazah di tengah puing-puing. Operasi dilakukan secara bermartabat dan keluarga tetap diberi informasi tentang kemajuannya."

"Sayang, upaya pemulihan puing pesawat tidak berhasil karena kondisi cuaca buruk memaksa kami untuk mengembalikan ROV ke kapal. Cuaca buruk juga diperkirakan masih terus berlanjut sehingga kami harus mengambil keputusan sulit dengan menghentikan operasi ini secara keseluruhan," tulis AAIB.

Jenazah Dibawa ke Tim Forensik

Meski demikian, AAIB dan tim pencari masih sempat mengangkat jenazah dari puing tersebut. Selanjutnya, temuan itu akan diperiksa oleh tim forensik.

"Jenazah saat ini telah dibawa ke Portland untuk ditangani Dorset Coroner."

AAIB juga tetap melanjutkan proses penyelidikan terkait penyebab kecelakaan pesawat Emiliano Sala. Data yang didapat lewat rekaman dari ROV dianggap sudah cukup untuk mengungkap kecelakaan yang menimpa pesawat itu.

"Meski tidak mungkin untuk memulihkan pesawat, rekaman video luas yang ditangkap ROV diharapkan memberikan bukti berharga untuk penyelidikan."

"Kami berharap, update kami berikutnya menjadi laporan sementara, yang akan kami publikasikan dalam waktu satu bulan setelah kecelakaan terjadi."

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini