Jelang Brasil vs Kroasia, Vinicius Junior Makin Pede Berkat Wangsit Carlo Ancelotti

Kamis, 8 Desember 2022 20:07 Reporter : Merdeka
Jelang Brasil vs Kroasia, Vinicius Junior Makin Pede Berkat Wangsit Carlo Ancelotti Brasil vs Korea Selatan 4-1. ©2022 REUTERS

Merdeka.com - Timnas Brasil dipastikan bakal menurunkan penyerang andalan mereka, Vinicius Junior, sebagai starter pada pertandingan melawan Timnas Kroasia pada babak perempat final Piala Dunia 2022, di Stadion Kota Pendidikan, Ar-Rayyan, Qatar, Jumat (9/12) malam WIB.

Sejak awal Timnas Brasil mengarungi Piala Dunia 2022, Vinicius Junior selalu menjadi andalan Tite di lini depan. Sang pelatih hanya sekali mengistirahatkannya di bangku cadangan saat Brasil dikalahkan Kamerun 0-1 pada partai terakhir penyisihan grup, Sabtu (3/12).

Bintang muda Timnas Brasil itu pun sukses membalas kepercayaan Tite dengan penampilan ciamiknya. Buktinya, Vinicius sukses membukukan satu gol dan dua assist di tiga pertandingan.

Penyerang sayap 22 tahun itu lantas mengungkap sosok yang membuat dirinya tampil moncer, yakni pelatih Real Madrid Carlo Ancelotti. Menurutnya, pelatih asal Italia itu telah memberinya banyak tips untuk menambah kepercayaan dirinya sehingga bisa masuk skuad utama Timnas Brasil di Piala Dunia tahun ini.

2 dari 3 halaman

Vinicius tiba di Qatar tanpa mengetahui apakah dia akan mendapatkan kesempatan bemain sebagai starter di Timnas Brasil. Namun, hingga jelang laga perempat final versus Kroasia, tak ada lagi yang meragukan posisinya di tim inti dan perannya bagi Tim Samba.

Bintang Real Madrid itu mengatakan Ancelotti adalah salah satu orang yang memberinya arahan jelang turnamen sepak bola terbesar itu.

"Saya berbicara dengan Ancelotti dan dia memberi saya banyak nasihat untuk membantu saya menjadi starter di Brasil. Dia memberi saya banyak kepercayaan diri," kata Vinicius, dikutip dari ESPN, Kamis (8/12).

"Dia selalu keras dengan saya ketika dia membutuhkannya. Dia seperti seorang ayah bagi saya," katanya lagi.

Vinicius sering ditanyai di Madrid saat Zinedine Zidane menjadi pelatihnya, tetapi dengan cepat memantapkan dirinya sebagai starter dengan Ancelotti sebagai komando. Penyerang Brasil itu mengatakan pelatih Italia itu selalu mengiriminya pesan.

"Dia bagus tidak hanya dalam aspek teknis permainan, tapi juga bagaimana dia menangani para pemainnya," sambung Vinicius.

"Saya banyak berkembang dan Ancelotti membantu saya dalam hal itu. Dia dan [pelatih Brasil] Tite sangat mirip dan mereka banyak berbicara satu sama lain," pungkasnya.

3 dari 3 halaman

Selain Ancelotti, Vinicius pun memuji gelandang Kroasia Luka Modric. Ia mengaku banyak belajar dari rekan setimnya di Real Madrid itu.

"Dia selalu mengajari saya banyak hal, di dalam dan di luar lapangan," kata Vinicius.

"Modric membantu saya setiap hari, memastikan saya selalu meningkat. Dia adalah referensi bagi saya, bermain di level tinggi pada usia 37 tahun, itu adalah sesuatu yang langka. Saya senang bisa bermain melawan dia, dan biarkan tim terbaik menang," ujarnya.

Sementara itu, di timnas Brasil, ia juga mengaku banyak mendapat nasihat dari Neymar. Terutama mengenai pentingnya bermain untuk negaranya di Piala Dunia.

"Dia memberi tahu saya bagaimana Piala Dunia berbeda dari yang lainnya," kenang Vinicius.

"Dia mengatakan itu padaku, dan aku selalu mengingatnya. Dan ketika lagu kebangsaan dimainkan, aku menyadari apa artinya semua itu," pungkasnya.

Vinicius dan Neymar bakal berjibaku bersama-sama di Timnas Brasil melawan Kroasia pada babak perempat final, Jumat (9/12) malam WIB. Kedua pemain sudah memperlihatkan kolaborasinya yang apik saat melawan Korea Selatan di babak 16 besar.

Vinicius berhasil mencetak gol berkat umpan manis yang dikirimkan Neymar pada menit ke-7. Bahkan keduanya sering merepotkan lini pertahanan Korsel hingga akhirnya menang dengan skor 4-1.

Adapun tiga gol lain untuk Timnas Brasil saat mengalahkan Korsel dicetak oleh Neymar lewat titik penalti (13'), Richarlison (29') dan Lucas Paqueta (36'). Sementara satu gol hiburan Korsel dibuat oleh Paik Seung-Ho (76).

Berkat kemenangan itu Brasil maju ke babak perempat final melawan Kroasia. Jika menang pada laga tersebut, Juara Piala Dunia 5 kali itu akan menantang pemenang Belanda vs Argentina di semifinal.

Reporter: Jule Putra [eko]

Baca juga:
Qatar Optimis Jumlah Pengunjung Piala Dunia 2022 Capai Target
Belanda vs Argentina, Van Dijk Tak Gentar Hadapi Messi
Karya Lukisan Raksasa Seniman Qatar Pecahkan Rekor Dunia
WAGs Inggris Pindah dari Kapal Mewah di Qatar Gara-Gara Ada Tamu Kencing Sembarangan
Potret Turis Piala Dunia Antusias Mengenal Islam di Masjid Biru Doha

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini