Intip Rekor Pertemuan Timnas Indonesia U-22 Vs Vietnam

Minggu, 24 Februari 2019 11:06
Intip Rekor Pertemuan Timnas Indonesia U-22 Vs Vietnam Piala AFF U-22 2019: Vietnam Vs Indonesia (Bola.com/Adreanus Titus)

Merdeka.com - Jakarta Laga penting akan dihadapi Timnas Indonesia U-22 di Piala AFF U-22 2019. Timnas bakal menghadapi Vietnam dalam laga semifinal yang digelar di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Minggu (24/2/2019).

Timnas Indonesia dan Vietnam sudah sering berjumpa. Dan, jika bicara pertemuan kedua tim di level U-22 atau U-23, bisa dibilang masih imbang, meski jika melihat ranking FIFA Vietnam berada di atas Indonesia.

Pertemuan pertama Timnas Indonesia U-22 dan Vietnam terjadi di SEA Games 2011 yang digelar di Jakarta. Saat itu, kedua tim bertemu di semifinal, di mana Timnas Indonesia U-23 asuhan Rahmad Darmawan lolos sebagai runner-up Grup A.

Menghadapi Vietnam yang lolos sebagai juara Grup B, Timnas Indonesia U-23 berhasil meraih kemenangan dalam pertandingan itu. Tim Garuda Muda berhasil menang 2-0 atas Vietnam berkat dua pemain asal Papua, Patrich Wanggai dan Titus Bonai, dan melangkah ke final.

Namun, Vietnam mampu meraih kemenangan ketika bertemu dengan Tim Garuda Muda untuk kedua kalinya. Pertemuan kedua tim terjadi di SEA Games 2015, tepatnya dalam perebutan medali perunggu dalam cabang sepak bola pesta olahraga negara Asia Tenggara yang tengah digelar di Singapura itu.

Vietnammeraih kemenangan meyakinkan dalam kesempatan ini. Tim Garuda Muda harus menelan kekalahan telak 0-5 dari Vietnam di perebutan tempat ketiga itu. Kekalahan dengan skor serupa dengan ketika Tim Garuda Muda menghadapi Thailand di semifinal.

Partai Sengit pada Pertemuan Terakhir

Pertemuan terakhir kedua tim terjadi di SEA Games 2017. Pada ajang itu, untuk pertama kalinya tim peserta menggunakan kategori usia di bawah 22 tahun. Vietnam tampil meyakinkan dalam tiga pertandingan pertama sebelum berhadapan dengan Timnas IndonesiaU-22.

Sementara Tim Garuda Muda asuhan Luis Milla sempat ditahan oleh Thailand yang kemudian berlanjut dengan dua kemenangan atas Filipina dan Timor Leste. Vietnam pun menjadi momok yang cukup menakutkan bagi Timnas Indonesia U-22.

Namun, pada akhirnya Tim Garuda Muda mampu menahan imbang Vietnam di laga keempat Grup B SEA Games 2017 yang digelar di Stadion Selayang. Kedua tim bermain imbang tanpa gol dalam laga tersebut.

Akhirnya Timnas Indonesia U-22 berhasil lolos ke semifinal setelah pada laga terakhir menang 2-0 atas Kamboja. Tim Garuda Muda menggeser Vietnam dari posisi runner-up berkat kemenangan telak 3-0 yang diraih oleh Thailand atas Vietnam di laga terakhir Grup B.

Patut dinantikan apakah Timnas Indonesia U-22asuhan Indra Sjafri bisa meraih kemenangan atas Vietnam seperti yang pernah diraih Tim Garuda Muda delapan tahun lalu di Jakarta?

Atau justru Vietnam yang dalam beberapa tahun terakhir memperlihatkan perkembangan signifikan di dunia sepak bola internasional yang akan membungkam Timnas Indonesia U-22?

Sumber: bola.com

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini