Hasil Liga Champions: Barcelona Ungguli Borussia Dortmund 3-1

Kamis, 28 November 2019 09:17 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Hasil Liga Champions: Barcelona Ungguli Borussia Dortmund 3-1 Barcelona vs Borussia Dortmund. ©AP Photo

Merdeka.com - Barcelona berhasil memetik kemenangan pada laga matchday kelima Grup F Liga Champions 2019-20. Menghadapi Borussia Dortmund di Camp Nou, Kamis (28/11) dini hari WIB, Barcelona berhasil taklukkan Borussia Dortmund 3-1.

Tiga gol Barca lahir dari kaki trio penyerang mereka, Lionel Messi, Luis Suarez, dan Antoine Greizmann masing-masing satu. Dortmund sempat membalas lewat gol Jadon Sancho di babak kedua, bahkan nyaris mencetak gol kedua.

Babak pertama dimulai, Dortmund mengejutkan Barca dengan serangan cepat di menit ke-2. Nico Schulz menjajal kemampuan Ter Stegen, ditepis, lalu usaha keduanya melenceng dari sasaran.

Kejutan di awal pertandingan itu membuat Barca tersadar. Lionel Messi memimpin serangan Barca dan terus menciptakan peluang. Seperti biasa, Barca mendominasi penguasaan bola.

Dortmund berusaha keras merebut bola dan menahannya selama mungkin ketika berhasil mencuri dari kaki pemain Barca. Pertarungan ini tidak mudah, Dortmund bakal menderita sepanjang laga.

Menit ke-21, Luis Suarez sempat membaw Braca unggul, tapi golnya dianulir wasit lantaran offside. Suarez bergerak terlalu cepat ketika menerima umpan sempurna Messi.

Lima menit berselang, Ousmane Dembele terpaksa keluar lapangan karena cedera. Pukulan berat bagi Dembele yang baru pulih, Antoine Griezmann masuk sebagai pengganti.

Usaha pertamanya gagal, Suarez tak menyerah. Delapan menit berselang, menyambut umpan Messi, Suarez melepaskan tembakan keras ke sudut kiri bawah gawang Roman Burki. Gol!

Barcelona 1-0 Dortmund di menit ke-29.

Unggul satu gol membuat Barca kian agresif. Messi dkk. membombardir pertahanan Dortmund menit-meint berikutnya. Percobaan Messi di menit ke-31 masih bisa digagalkan, Antoine Griezmann sempat dijatuhkan di kotak penalti di menit ke-32.

Tak butuh waktu lama, Messi akhirnya menemukan golnya. Kali ini Suarez yang jadi peladen, berawal dari kesalahan umpan pemain-pemain Dortmund. Tanpa ampun, Messi berlari kencang untuk mengelabui bek Barca dan melepas tembakan keras mendatar ke sisi kiri gawang Burki. Gol!

Menit ke-32, Barcelona 2-0 Dortmund.

Dortmund kehilangan ketenangan di lini belakang, Barca tampak mengancam setiap kali menyerang. Mats Hummels dkk. mulai menyadari bahaya yang mereka hadapi, bagaimanapun mereka mencoba tidak kebobolan lagi di babak pertama.

Tidak banyak peluang tercipta menjelang akhir babak pertama. Turun minum, skor 2-0 untuk keunggulan Barca.

1 dari 1 halaman

Babak Kedua

Semenit babak kedua berjalan, Messi sudah mengancam. Dia membelah pertahanan Dortmund dengan umpan presisi untuk Griezmann, sayang tembakan Griezmann masih mudah dihentikan.

Messi terus menjadi kreator serangan Barca, sang kapten sedang dalam performa terbaiknya. Di sisi lain, Dortmund kesulitan merancang serangan. Masuknya Jadon Sancho belum mengubah apa pun.

Menit ke-61, Sancho akhirnya membuktikan ancamannya sejak masuk di babak kedua. Sancho bekerja sama dengan Brandt di sisi kiri, tapi tembakannya masih bisa diamankan Ter Stegen.

Usaha Barca akhirnya melahirkan gol ketiga. Berawal dari serangan balik, Messi menguasai bola di lini tengah, mengecoh satu pemain Dortmund, lalu melepas umpan daerah untuk Griezmann.

Umpan ini jelas memanjakan Griezmann, tepat ke sisi kiri lini serang Barca. Tanpa ampun, Griezmann melewati Piszczek untuk melepas tembakan ke sudut kanan bawah gawang Burki. Gol!

Barcelona 3-0 Dortmund di menit ke-67, pertandingan dikunci lebih cepat.

Messi nyaris menambah koleksi golnya di menit ke-75. Sang kapten mengeksekusi tendangan bebas di sisi kanan gawang Dortmund. Sepakannya nyaris sempurna, kiper tak berkutik, tapi masih membentur mistar.

Terlalu asyik menyerang, Barca justru kebobolan. Sancho benar-benar memberikan dampak positif sejak bermain di babak kedua. Barisan bek Barca gagal membuktikan diri ketika dibutuhkan.

Berawal dari aksi Brandt, Sancho mendapatkan bola di kotak penalti. Sedikit mengecoh Junior Firpo, Sancho melepaskan tembakan kaki kanan keras ke sudut kanan atas, Ter Stegen tak berdaya. Gol! Barca 3-1 Dortmund di menit ke-77.

Sancho nyaris mencetak gol keduanya di menit ke-87. Pemain berdarah Inggris ini benar-benar mengancam gawang Barca, kali ini dengan sepakan keras dari luar kotak penalti. Bola sempat disentuh Ter Stegen, lalu membentur mistar

Usaha Sancho itu sekaligus jadi peluang matang terakhir pertandingan tersebut. Dortmund sudah berjuang, tapi tak berdaya di hadapan publik Camp Nou.

Hingga peluit panjang ditiup, kedudukan tetap 3-1 untuk Barcelona. Kemenangan ini sekaligus memastikan langkah Barca ke babak 16 besar sebagai juara grup.

Reporter: Richard Andreas
Sumber: Bola.net [RWP]

Baca juga:
Hasil Liga Champions: Inter Milan Kalahkan Slavia Praha 3-1
Hasil Liga Champions: Real Madrid Bermain Imbang 2-2 Melawan PSG
Hasil Liga Champions: Juventus Kalahkan Atletico Madrid 1-0
Hasil Liga Champions: Chelsea Menang Tipis Atas Ajax Amsterdam 1-0

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini