Enjang dan Retno Melamar Persib

Sabtu, 19 November 2005 18:18 Sumber :
Kapanlagi.com

Merdeka.com - Kapanlagi.com - Dua pemain PSMS Medan, Enjang Ruhiman dan Retno Kartiko menyatakan minatnya untuk bergabung dengan tim "Maung Bandung" Persib, bahkan mulai Jumat kedua pemain itu sudah berada di Lembang Kabupaten Bandung, tempat training camp tim Juara Liga Indonesia I itu.

Meskipun "melamar" (datang) sendiri ke Bandung, Enjang Ruhiman dan Retno Kartiko tampaknya mempunyai peluang besar untuk bergabung dengan Persib yang saat ini tinggal 16 pemain.

Enjang berpeluang untuk mengisi posisi Suwitha Patha yang dicoret pelatih Risnandar beberapa waktu lalu. Sama halnya juga dengan Retno Kartiko yang bisa bersaing, berbekal pengalaman dan jam terbangnya sebagai pemain inti PSMS Medan pada Liga Indonesia XI/ 2005 lalu.

"Enjang dan Retno memang sudah `masuk` Bandung, namun baru hari ini (Jumat) ia ikut berlatih dengan pemain lainnya di Lembang, dan keputusan dipakai tidaknya tergantung pelatih," kata Humas Persib Bandung, H Oce Permana yang juga tim negosiasi pemain Persib.

Enjang Ruhiman sendiri bukan orang baru di Bandung, pasalnya ia mengawali debutnya bergabung dengan Persikab Kabupaten Bandung dan ia adalah kelahiran Lembang Kabupaten Bandung. Namun kariernya di Liga Indonesia banyak dihabiskan bersama Persita Tangerang dan PSMS Medan.

Namun bergabungnya dalam latihan dengan pemain Persib di Lembang Bandung tersebut entah kebetulan `pulang kampung` atau memang serius untuk bisa masuk tim Persib Bandung. Yang jelas posisi gelandang bertahan Persib saat ini butuh pemain baru setelah pemain yang selama ini bercokol di posisi gelandang bertahan Suwitha Patha atau Chioma Kingsley sudah masuk pemain yang dicoret.

Sementara itu kehadiran Enjang Ruhiman dan Kartiko kabarnya disambut oleh pelatih Persib, Risnandar yang hingga saat ini belum melakukan perekrutan pemain satupun.

Persib Bandung sendiri sudah melakukan tiga kali pencoretan pemain. Tahap pertama mencoret delapan pemain, yakni Ekene Ikenwa, Pradit Thawechai, Uilian Souza, Chioma Kingley, Asep Dayat, Dadang Hidayat, Aji Nurfijal dan Gatot.

Kemudian tahap kedua mencoret Aceng Djuanda dan Ryan serta pencoretan ketiga melibas Suwitha Patha dan kiper Dadang Sudradjat.

"Saat ini kita tinggal ada 16 pemain yang berlatih, minus Erick Setiawan yang bergabung dengan Timnas PSSI SEA Games Manila. Perekrutan pemain itu menunggu rekomendasi pelatih, sedangkan perburuan pemain terus dilakukan, baik pemain lokal maupun pemain asing," kata Oce Permana.

Ia menyebutkan beberapa nama pemain yang sedang diincar, antara lain Gendut Donny, Mardiansyah, kiper Samsidar serta beberapa pemain asing asal Singapura, yakni Agu Casmir dan Dickson.

"Pemain yang kita kontak memang sudah menunjukkan minatnya memperkuat Persib, sedangkan Casmir dan Dickson masin memperkuat timnya. Namun kita selalu kontak SMS dengan mereka," katanya.

Namun sejauh ini tim negosiatsi perekrutan pemain tampaknya masih terhadang kendala nilai kontrak yang dipatok para pemain yang diincar tersebut. Oce Permana mengakui sudah adanya pihak yang menyodorkan nilai kontrak, namun belum dilakukan tindak lanjut untuk kesepakatan kontrak tersebut.

Yaris ke Sabah FC

Sementara itu ditengah `krisis` pemain yang dihadapi Persib akibat ditinggalkan beberapa pemain seniornya, kubu Persib juga dikejutkan dengan `keputusan` Yaris Riyadi yang dikabarkan terbang ke Malaysia dan berlatih dengan tim Sabah FC.

Konon ia berangkat bersama mantan striker nasional Asep Dayat untuk melamar ke tim `Negeri Jiran` Sabah FC tersebut. Ironisnya, destroyer andalan Persib tersebut tidak memberitahu pelatihnya tentang keberangkatannya ke Malaysia.

Mantan pemain nasional tersebut mulai tidak berlatih dengan Persib sejak Senin (14/11) lalu, atau sejak diawalinya TC yang dilakukan di Lembang Kabupaten Bandung.

Keberangkatan Yaris tanpa pamit ke Malaysia itu cukup mengejutkan kubu Persib yang tidak menyangka rencana tersebut, sementara Yaris sendiri merupakan salah satu pemain yang akan dipertahankan untuk Liga Indonesia XII/ 2006 mendatang.

"Kabar keberangkatannya ke Malaysia diperoleh dari orang tuanya. Awalnya dikira absen biasa, ternyata berlatih di tim Sabah," kata Risnandar, Pelatih Persib Bandung.

Kalau memang Yaris Riyadi jadi hengkang dari Persib, ini merupakan kali kedua dilakukan pemain yang gemar bernomor punggung `3` tersebut. Sebelumnya ia juga sempat hengkang ke Pelita Krakatau Steel selama dua musim kompetisi sebelum akhirnya kembali ke Persib Bandung.

Yang jelas, kemungkinan kepindahan Yaris ke Sabah FC tampaknya akan berlangsung rumit, sebab status Yaris Riyadi saat ini sebagai PNS di Dinas Pendapatan Daerah (Dipenda) Kota Bandung, di mana kemungkinan ia tidak akan mendapatkan cuti selama bertanding di Malaysia.

Konon status PNS dari Yaris Riyadi itu pula yang `memulangkan` kembali Yaris dari Pelita KS ke Persib Bandung beberapa tahun lalu.

"Saya juga terkejut dengan kepergian ia ke Malaysia untuk berlatih dengan tim di sana. Namun melihat statusnya sebagai PNS, tampaknya akan sulit bagi dia untuk mendapatkan cuti dari Pemkot Bandung," kata Oce Permana. (*/rit)

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini