Eks Pemain Bayern Munchen: Sepakbola Penting, tapi Jangan Tinggalkan Pelajaran

Senin, 24 Juni 2019 14:42 Reporter : Haris Kurniawan
Eks Pemain Bayern Munchen: Sepakbola Penting, tapi Jangan Tinggalkan Pelajaran Allianz Ajak Anak Indonesia Eksplorasi Diri Lewat Sepakbola. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Eks pemain belakang Bayern Munchen Martin Demichelis membagikan pengalamannya kepada sejumlah anak-anak Indonesia tentang bagaimana dirinya bisa menjadi pemain profesional kelas dunia. Hal itu disampaikannya dalam konferensi pers pada acara Allianz Explorer Camp Football Edition 2019.

Demichelis mengungkapkan, untuk bisa menjadi pemain profesional, dirinya tidak hanya terus menerus latihan sepakbola. Tetapi, menyeimbangkan dengan kemampuan pendidikan formal. Oleh karenanya, Ia mengimbau anak-anak Indonesia untuk tidak pernah meninggalkan pendidikan sekolah, meski mereka bercita-cita menjadi pemain sepakbola.

Martin Demichelis di acara Allianz 2019 Merdeka.com/Haris Kurniawan

"Kalian memang mendedikasikan waktu untuk sepakbola, tetapi jangan tinggalkan pelajaran," kata Demichelis di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (24/6).

Pria yang juga mantan pemain timnas Argentina ini juga menceritakan, sejak kecil Ia sudah membagi waktu antara pendidikan formal dengan hobinya bermain sepakbola. Selain itu, Demichelis juga tidak pernah lupa untuk melakukan kegiatan positif lainnya.

"Ketika kecil saya hanya bermain (sepakbola) 2 jam dan sisa waktu 22 jam lain saya pakai momen menjadi diri kita pribadi yang baik. Semuanya harus disiplin. Itu nasihat yang paling penting," jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Demichelis yang juga merupakan sahabat pemain dunia Lionel Messi mengingatkan, anak-anak Indonesia yang berhasil menjadi pemain profesional perlu untuk menjaga pribadinya. Sikap ini diperlukan agar bisa diterima oleh pemain profesional lainnya.

"Kita bisa belajar dari yang dewasa. Saya juga banyak belajar dari teman-teman saya. Saya berteman baik dengan Messi, saya belajar banyak dari dia. Messi itu rendah hati, seorang pribadi yang sangat rendah hati."

"Yang menentukan keberhasilan Anda juga adalah kepribadian. Dalam sepakbola kita harus berusaha maksimal didukung dengan aspek kepribadian kita yang baik," tuntasnya.

Untuk informasi, Allianz Explorer Camp Football Edition mengajak legenda sepakbola Bayern Munchen Martin Demichelis. Pemain asal Argentina ini memberikan coaching clinic kepada anak-anak Indonesia, bagaimana bermain sepakbola dengan baik dan berbagi pengalaman untuk menjadi pemain kelas dunia. [hrs]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini