Dibanding Malaysia, ini kekurangan sepakbola Indonesia

Sabtu, 18 November 2017 20:16 Sumber :
Dibanding Malaysia, ini kekurangan sepakbola Indonesia Rahmad Darmawan (c) ist

Merdeka.com - Sebuah penilaian dibeber Rahmad Darmawan terkait kelebihan-kelebihan yang dimiliki Malaysia di sektor sepakbola. Penilaian tersebut, menurut Pelatih T-Team ini, berdasar dari pengamatannya selama berkarir di negeri tetangga.

"Pengalaman saya di klub, di Terengganu, dalam segi infrastruktur, untuk dua klub kami memiliki dua stadion dan disiapkan tujuh lapangan untuk latihan," ujar RD, sapaan karib Rahmad Darmawan.

"Di sana, federasi juga menyiapkan kompetisi kelompok umur. Ada Piala Presiden untuk U-21, ada Usia Belia untuk U-19 dan ada juga kompetisi untuk U-16. Ini yang kita kalah," paparnya.

Namun demikian, RD menegaskan Indonesia juga memiliki kelebihan dari jirannya tersebut. Menurut pelatih yang sempat menangani Timnas Indonesia tersebut, talenta-talenta pesepakbola Tanah Air jauh lebih melimpah dan berkualitas.

"Kalau urusan talenta, kita luar biasa," tegasnya.

Tapi, RD menyebut Malaysia mampu menyiasati kekurangan mereka tersebut. Malaysia membuat sebuah sistem dan konsep yang tepat dalam mengelola talenta yang mereka punya.

"Selalu kan kekalahan kita dari mereka karena strategi bermain, ini karena secara edukasi mereka sudah terbiasa," RD memaparkan.

"Mereka tak lebih pintar, hanya terbiasa. Sejak usia 16 tahun mereka sudah dimatangkan di kompetisi," tandasnya. (den/dzi)


Sumber: Bola.net
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini