Berencana Latihan Pekan Depan, Pemain Persib Dites PCR

Sabtu, 4 Juli 2020 06:24 Reporter : Aksara Bebey
Berencana Latihan Pekan Depan, Pemain Persib Dites PCR Tes PCR di Graha Persib. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Manajemen Persib Bandung berencana memulai aktivitas latihan pada pekan depan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) sebagai persiapan melakoni Liga 1 2020 pada Oktober nanti. Semua hal berkaitan dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 terus dilakukan termasuk melakukan tes Polymerase Chain Reaction (PCR) kepada seluruh pemain dan ofisial.

Pelaksanaan tes PCR oelh Labkesda Jawa Barat ini berlangsung di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Jumat (3/7). Total, ada 46 orang yang menjalani tes di tahap pertama ini, mulai dari pemain, pelatih, ofisial, hingga media offisial.

Dokter Tim Persib Raffi Ghani mengungkapkan pengetesan ini akan berlangsung selama dua tahap. “Karena belum semua pemain dan offisal bisa berkumpul hari ini. Tapi, kita pastikan semua yang akan melakukan latihan sudah melakukan tes PCR,” kata dia.

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil yang turut meninjau pelaksanaan tes menjelaskan bahwa pengetesan ini merupakan syarat dari PSSI sebelum tim memulai aktivitas latihan. Setelah menjalani tes, ia meminta manajemen Persib beserta semua pemain diminta untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Tapi di Jabar khususnya kami merasa lebih baik tidak rapid test, tapi menggunakan swab PCR yang memang paling kuat dan paling terukur dalam mengukur hasilnya,” terangnya.

“Mudah-mudahan saja dalam satu dua hari hasilnya menyatakan kalau Persib ini sudah siap kembali sudah siap kembali menendang bola di lapangan,” ucap dia.

Sebelumnya, Stadion Gelora Bandung Lautan Api sudah dilakukan peninjauan oleh Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana. Ia memastikan fasilitas milik Pemerintah Kota Bandung tersebut sudah layak digunakan karena sudah melengkapi fasilitas protokol kesehatan, seperti alat pengukur suhu tubuh dan cuci tangan.

Namun, dalam penggunaannya, ada sejumlah aturan yang disesuaikan. Di antaranya, hanya satu pintu stadion yang dibuka. Tujuannya, agar pengawasan lebih ketat dan mudah.

"Saya minta pihak pengguna Persib mengajukan dulu permohonan ke Dispora, nanti Dispora yang mengizinkan atau mengurus prosesnya. Sekarang tergantung dari Persib, calon penggunalah ya, lebih cepat lebih baik," katanya.

Sementara itu, Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts menegaskan tidak sembarangan orang bisa masuk ke dalam stadion saat tim melakukan latihan.

Suporter yang dikenal Bobotoh pun diminta mengerti dengan kondisi ini. Sehingga, jangan memaksakan untuk berinteraksi langsung dengan para pemain. Media hanya diperbolehkan dua kali dalam sepekan untuk melakukan kegiatan peliputan. Kondisi tim saat ini masih fokus dalam persiapan liga yang akan berjalan.

"Pemain begitu termotivasi. Mereka bersiap untuk kompetisi yang akan digelar September atau Oktober," pungkasnya. [gil]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini