Andik Ungkap Formasi Timnas Indonesia Racikan Simon McMenemy

Sabtu, 9 Maret 2019 19:16
Andik Ungkap Formasi Timnas Indonesia Racikan Simon McMenemy Andik Vermansah merayakan kemenangan Timnas Indonesia atas Timor Leste 3-1, Selasa (13/11/2018) di Stadion Utama Gelora Bung Karno. (Bola.com/Muhammad Iqbal Ichsan)

Merdeka.com - Liputan6.com, Jakarta - Gelandang sayap Timnas Indonesia, Andik Vermansah, mengakui ada perbedaan ketika Simon McMenemy di kursi pelatih. Menurut Andik, taktik yang diusung Simon berbeda dengan pelatih timnas sebelumnya.

Seusai latihan di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (8/3/2019), Andik mengatakan, Simon lebih senang memakai formasi 4-4-2 untuk Timnas Indonesia. Sebelumnya, Tim Garuda lebih sering menggunakan pola 4-3-3 atau 4-5-1. 

Tak jarang 4-4-2 diamond yang diterapkan oleh pelatih asal Skotlandia tersebut. Dengan formasi tersebut, pelatih berusia 41 tahun itu menekankan penguasaan bola di lini tengah melalui operan pendek.

Permainan Timnas Indonesia tidak bertumpu pada serangan sayap, seperti strategi sebelum era kepelatihan Simon McMenemy. Sejumlah pemain perlu beradaptasi, termasuk Andik.

"Jujur saya belum pernah menjalani strategi seperti ini. Namun, kami mau tidak mau mengikuti cara pelatih. Saya juga harus mengubah gaya bermain," tutur Andik, seperti dilansir Antara.

TC di Australia

Timnas Indonesia akan menjalani pemusatan latihan di Perth, Australia pada 9-17 Maret 2019 dan Bali pada 18-21 Maret 2019. Seharusnya, skuat berjuluk tim Garuda itu menjalani TC di Perth, Australia sejak tanggal 7 Maret.

Akan tetapi, karena masalah administrasi, tim baru bisa berangkat ke Negeri Kanguru pada Sabtu (9/3).Timnas pun terpaksa berlatih di Jakarta pada 7-8 Maret 2019.

Persiapan

TC Timnas Indonesia ini digelar sebagai persiapan menuju pertandingan persahabatan internasional FIFA di Myanmar pada Senin, 25 Maret 2019. Tahun ini, praktis tidak ada turnamen yang diikuti oleh Timnas senior Indonesia.

Saksikan video pilihan di bawah ini

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini