8 Pemain muda ini debutnya paling sukses sepanjang Liga Inggris

Rabu, 14 Mei 2014 07:03 Reporter : Masithoh Azzahro Lutfiasari
8 Pemain muda ini debutnya paling sukses sepanjang Liga Inggris Danny Rose. ©2014 Merdeka.com/365dm.com

Merdeka.com - Tenaga para pemain muda di lapangan sepakbola Liga inggris selalu menjadi sorotan media olahraga dunia. Sebagai liga yang paling prestisius saat ini, debut para pesepakbola muda Liga Inggris sering dijadikan patokan perkembangan bakat-bakat muda di kancah olahraga si kulit bundar ini. Dilansir dari FTB Pro, berikut adalah para pemain muda Liga Inggris yang debutnya paling sukses sepanjang sejarah.

2 dari 9 halaman

Michael Owen

rev2Michael Owen. ?2014 Merdeka.com/thetimes.co.uk

Pada game yang dihadapi Liverpool melawan Wimbledon di akhir musim 1996/97, The Reds membutuhkan kemenangan untuk bisa mempertahankan gelar juara Premier League. Pada saat poin kritis, tertinggal 1-0 dari sang lawan, Michael Owen diturunkan dan kemudian menciptakan satu gol yang menandai awal karirnya. Meski saat itu Liverpool tak berhasil menang, nama Michael Owen menjadi perhatian baru bagi semua Liverpudlian. Setelah pertandingan ini, dua musim kemudian Owen meraih sepatu emas Premier League secara berturut-turut.

3 dari 9 halaman

Sergio Aguero

rev2Sergio Aguero. ?2014 Merdeka.com/smimg.net

Nama Sergio Aguero tak bisa ditinggal begitu saja dari sejarah kesuksesan Manchester City menembus papan atas Premier League. Pada musim debutnya di tahun 2011, Aguero langsung menunjukkan performa berkecepatan tinggi meski sempat berada dalam kondisi kurang fit pada pertandingan perdananya. Hingga saat ini, posisinya sebagai striker di Manchester City masih cukup solid, karena berhasil membawa timnya pada kemenangan Premier League musim 2011/12 dan 2013/14.

4 dari 9 halaman

Milan Baros

rev2Milan Baros. ?2014 Merdeka.com/quotidiano.net

Milan Baros dibeli oleh Liverpool seharga 3,2 juta poundsterling, atau sekitar Rp62,09 milyar di tahun 2002. Pada pertandingan debutnya di Premier League melawan Bolton Wanderers, Baros langsung melesakkan 2 gol ke gawang lawan, pada usianya yang bahkan belum genap 21 tahun. Aksi Baron kemudian tak terhentikan, hingga ia berhasil membawa Liverpool menjuarai Premier League pada tahun 2003, dan sempat menjadi top skor di ajang Euro 2004. Pada musim terakhirnya di Liverpool pada tahun 2005 lalu, Baros juga sempat memberikan kontribusi bagus untuk timnya memenangkan Liga Champions.

5 dari 9 halaman

Federico Macheda

rev2Federico Macheda. ?2014 Merdeka.com/itv.com

Federico Macheda disebut-sebut sebagai 'masa depan Manchester United' setelah menjalani pertandingan debutnya di musim tahun 2008. Saat itu MU sedang menghadapi Aston Villa dan butuh menang untuk menjauhkan posisi dari sang rival abadi, Liverpool, yang terus menempel mereka di papan klasemen sementara. Macheda yang saat itu masih berusia 17 tahun kemudian diturunkan dan langsung berhasil membawa kemenangan yang dibutuhkan Red Devils dengan apik. Namun sayang, setelah musim debutnya, Macheda sering dipinjamkan kepada tim lain dan membuatnya tidak lagi produktif dalam mencetak gol.

6 dari 9 halaman

Cristiano Ronaldo

rev2Cristiano Ronaldo. ?2014 Merdeka.com/ronny7.com

Tidak ada publik sepakbola dunia yang tak mengenal sosok Cristiano Ronaldo. Saat menjalani debutnya di Manchester United pada usia 18 tahun, Ronaldo langsung menggebrak dunia. Pada pertandingan debutnya, Ronaldo diturunkan setelah MU bertanding selama 1 jam. Aksinya begitu mengesankan, hingga sempat memberikan assist untuk mencetak gol keempat bagi Red Devils di pertandingan tersebut. Selama beberapa musim ke depannya bersama MU, Ronaldo menjadi primadona baru di Liga Inggris dan dataran Eropa.

7 dari 9 halaman

Phil Jones

rev2Phil Jones. ?2014 Merdeka.com/365dm.com

Phil Jones mungkin bukanlah tipe pemain yang mencetak gol berulang kali dalam satu pertandingan. Namun kehebatannya dalam mempertahankan garis belakang timnya sangat patut diacungi jempol pada musim debutnya dulu. Ketika diturunkan oleh Blackburn Rovers saat melawan Chelsea, Phil langsung menunjukkan performa maksimal hingga akhirnya berhasil menahan The Blues dengan skor draw, 1-1. Mengingat pada musim 2009/2010 Chelsea sangatlah kuat, kemampuan Phil menahan sebagian striker The Blues benar-benar fantastis.

8 dari 9 halaman

Alan Shearer

rev2Alan Shearer. ?2014 Merdeka.com/espncdn.com

Alan Shearer termasuk dalam daftar legenda hebat timnas Inggris. Pada musim debutnya bersama Southampton melawan Arsenal beberapa tahun sebelum pindah ke Blackburn Rovers, Shearer mencetak hatrick yang membuat mata penonton saat itu terpana. Shearer kemudian dibeli oleh Blackburn dengan harga Rp69,86 milyar. Meski nasib malang menimpanya selama separuh musim, karena cedera menghalanginya untuk berkarir cemerlang, Shearer tetap berhasil menyumbangkan performa terbaik pada musim-musim berikutnya.

9 dari 9 halaman

Danny Rose

rev2Danny Rose. ?2014 Merdeka.com/365dm.com

Bagi seorang pemain muda yang baru saja memulai debut di liga sepakbola Eropa, mencetak gol ke gawang lawan abadi bisa jadi penanda kesuksesan untuk musim-musim mendatang. Itulah yang terjadi pada Danny Rose. Di tahun 2010, dia bergabung dengan Tottenham Hotspur pada usia yang belum genap 20 tahun. Di pertandingan debutnya, dia berhasil menyumbangkan gol untuk akhirnya mengalahkan sang rival abadi Spurs, Arsenal. Publik pun dibuat terkesima dan Sky Sport's Golden Boot pada tahun musim tersebut akhirnya jadi milik Rose.

Dedikasi, kematangan di lapangan, membuat para bintang muda ini bersinar di musim debutnya. [mzh]

Baca juga:
City bukan sahabat yang baik bagi pemain Inggris
Kegembiraan The Citizens angkat trofi Barclays Premier League

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini