7 Pesepakbola muda yang mendulang sukses di turnamen Piala Dunia

Jumat, 23 Mei 2014 07:39 Reporter : Masithoh Azzahro Lutfiasari
7 Pesepakbola muda yang mendulang sukses di turnamen Piala Dunia Pele. ©2014 Merdeka.com/wikimedia.org

Merdeka.com - Bagi para pesepakbola muda dari negara-negara peserta Piala Dunia, turnamen tersebut selalu dijadikan ajang untuk mempromosikan diri dan memaksimalkan potensi supaya dilirik oleh para manajer tim-tim elit sepakbola Eropa. Semangat dan energi muda yang mereka bawa memang selalu berhasil meniupkan angin segar bagi timnasnya, dan inilah prospek bagus yang dilihat para manajer sepakbola elit dunia. Dalam sepanjang sejarah Piala Dunia, berikut adalah 7 pesepakbola muda yang mendulang sukses pada debut World Cup mereka, yang dilansir dari The Richest.

2 dari 8 halaman

Bastian Schweinsteiger

7 pesepakbola muda yang mendulang sukses di turnamen piala duniaBastian Schweinsteiger. ©2014 Merdeka.com/soccerlens.com

Untuk seorang pemain yang belum menginjak usia 30 tahun, Bastian Schweinsteiger sudah meraih prestasi yang cukup impresif di kancah sepakbola dunia. Penampilannya bersama timnas Jerman yang begitu mantap di Piala Dunia 2006 lalu membuat bintang Bastian bersinar terang sebagai pemain muda berbakat. Saat itu usianya masih 21 tahun. Ketika Jerman menghadapi Portugal pada perebutan juara ketiga turnamen tersebut, performa Bastian begitu memukau hingga dia diberi gelar Man of the Match. Untuk turnamen Piala Dunia di Brasil tahun ini, tak diragukan lagi bahwa timnas Jerman masih akan banyak bergantung pada pria kelahiran tahun 1 Agustus 1984 ini.

3 dari 8 halaman

Lukas Podolski

7 pesepakbola muda yang mendulang sukses di turnamen piala duniaLukas Podolski. ©2014 Merdeka.com/fanpop.com

Lagi, prajurit muda timnas Jerman lain yang layak masuk dalam pemain muda terhebat sepanjang sejarah Piala Dunia adalah Lukas Podolski. Pada Piala Dunia tahun 2006 lalu, Lukas berhasil meraih gelar Young Player Award, pada usianya yang ke-21, mengalahkan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Meski penghargaan ini tidak membuatnya melejit seperti dua mega bintang tersebut, performa cemerlang yang ditunjukkan Podolski di tahun 2006 lalu memang layak mendapatkan 4 jempol dari para penikmat sepakbola dunia. Diturunkan untuk menjadi pasangan duet maut bagi Miroslav Klose, Podolski terbukti mampu membuat bangga publik sepakbola Jerman.

Apakah tahun ini dia kembali akan membuat penikmat sepakbola dunia terkagum-kagum?

4 dari 8 halaman

Michael Owen

7 pesepakbola muda yang mendulang sukses di turnamen piala duniaMichael Owen. ©2014 Merdeka.com/thefa.com

Pada Piala Dunia 1998, Michael Owen masih berusia 18 tahun ketika bergabung dengan timnas Inggris. Namun usia muda ternyata terbukti tidak menurunkan kepercayaan diri Owen. Menunjukkan performa gemilang bersama Liverpool pada Liga Inggris di musim tahun 1997, pelatih timnas Inggris saat itu, Glenn Hoddle, memilih Owen sebagai salah satu prajuritnya. Owen kembali berlaga bersama timnas kebanggaan Ratu Elizabeth ini di turnamen Piala dunia tahun 2002 dan 2006, sebelum akhirnya tak dipasang lagi sebagai punggawa timnas setelah tahun 2008.

5 dari 8 halaman

Giuseppe Bergomi

7 pesepakbola muda yang mendulang sukses di turnamen piala duniaGiuseppe Bergomi. ©2014 Merdeka.com/altervista.org

Bila membahas tim-tim hebat pada ajang Piala Dunia, sepertinya tidak lengkap jika tidak mengikutkan nama pemain dari Italia, mengingat timnas berseragam biru ini sudah memenangkan tropi World Cup sebanyak 4 kali. Giuseppe Bergomi, pemain muda Italia yang berlaga pada usia 18 tahun di Piala Dunia 1982, pantas untuk masuk daftar pemain muda terbaik Piala Dunia. Meski saat direkrut timnas, Bergomi masih baru menuntaskan 30 pertandingan saja bersama Inter Milan, namun terbukti aksinya di ajang internasional tersebut tak bisa diremehkan. Bergomi kemudian turut serta dalam turnamen Piala Dunia tahun 1986 dan 1990, dan kini dinobatkan sebagai salah satu defender terbaik yang pernah dimiliki oleh timnas Italia.

6 dari 8 halaman

Thomas Mueller

7 pesepakbola muda yang mendulang sukses di turnamen piala duniaThomas Mueller. ©2014 Merdeka.com/wikimedia.org

Lagi-lagi Jerman berhasil menempatkan salah satu punggawanya dalam daftar pemain muda terhebat di dunia. Kali ini, nama Thomas Mueller yang bertengger mengungguli kawannya dalam daftar ini, Bastian Schweinsteiger dan Lukas Podolski. Pada gelaran Piala Dunia tahun 2010 lalu, Mueller menjalani debutnya bersama timnas Jerman pada usia 20 tahun. Tak mengecewakan sama sekali, pada awal turnamen saja Mueller berhasil mencetak 5 gol dalam 6 pertandingan timnas Jerman kala itu. Untuk itu, pria kelahiran 13 September 1989 ini mendapatkan gelar Young Player Award dan piala Golden Boot. Si tahun berikutnya, dia masuk dalam daftar FIFA Ballon d'Or. Hebat! 

7 dari 8 halaman

Franz Beckenbauer

7 pesepakbola muda yang mendulang sukses di turnamen piala duniaFranz Beckenbauer. ©2014 Merdeka.com/stormnotify.com

Mungkin kini Anda mulai bertanya-tanya, mengapa Jerman mampu melahirkan banyak bintang di kancah sepakbola dunia? Franz Beckenbauer, yang merupakan salah satu legenda sepakbola Jerman (dulu Jerman Barat), berhasil masuk dalam daftar prestisius pemain muda terhebat di dunia. Franz yang masih berusia 20 tahun saat berlaga untuk timnas Jerman Barat di Piala Dunia tahun 1966 berhasil memukau dunia dengan 2 golnya di babak final. Meski Jerman Barat saat itu harus rela kalah dari sang tuan rumah, Inggris, Franz akhirnya berhasil mengangkat tropi World Cup bersama timnas di tahun 1974 setelah mengalahkan Belanda dengan skor 2-1.

8 dari 8 halaman

Pele

7 pesepakbola muda yang mendulang sukses di turnamen piala duniaPele. ©2014 Merdeka.com/wikimedia.org

Pada Piala Dunia tahun 1958, sang bintang Brasil, Pele, masih berusia 17 tahun. Namun usia muda tak mencegahnya untuk meraih prestasi terbaik di turnamen tersebut, dengan bukti 6 gol yang berhasil dicetaknya untuk membawa Brasil juara. Tak ada lagi pemain muda dengan usia 17 tahun yang pernah menyamai rekor Pele ini lagi hingga sekarang, dan itulah yang membuat nama Pele begitu dielu-elukan sebagai pesepakbola terbaik yang pernah ada di dunia. Di sepanjang karir profesionalnya, Pele juga tidak pernah memiliki catatan kontroversial baik di dalam lapangan maupun di luar lapangan. Benar-benar teladan yang patut dicontoh oleh para pesepakbola muda masa kini.

Siapa yang menurut Anda akan bersinar di turnamen Piala Dunia Brasil tahun ini? [mzh]

Baca juga:
Hodgson rilis nomor punggung skuat Inggris di PD Brasil 2014
Louis Van Gaal pimpin Belanda jalani latihan di Portugal
Jelang Piala Dunia, pesanan kaos jersey bola alami penurunan
Ghana realistis, tapi bisa mengejutkan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini