6 Kekalahan tim besar paling memalukan dalam sejarah Piala Dunia

Rabu, 2 Juli 2014 11:08 Reporter : Masithoh Azzahro Lutfiasari
6 Kekalahan tim besar paling memalukan dalam sejarah Piala Dunia Italia vs Slovakia 2010. ©2014 Merdeka.com/nationalpost.com

Merdeka.com - Tim-tim unggulan benua Eropa seringnya menjadi unggulan ketika gelaran Piala Dunia dimulai. Faktor pemain yang rata-rata memang berkualitas, serta prestise benua Eropa sebagai pusat supremasi sepakbola dunia membuat tim-tim sekelas Belanda, Jerman, Italia, hingga Belgia selalu menempati posisi unggulan. Namun, ada kalanya tim-tim yang diunggulkan tersebut justru gugur di babak kualifikasi grup karena berbagai faktor yang mengganggu produktivitas para pemainnya.

Dilansir dari The Richest, berikut adalah 6 kekalahan timnas-timnas besar yang paling memalukan dalam sepanjang sejarah Piala Dunia.

2 dari 7 halaman

Inggris (Piala Dunia 1950)

dunia 1950 rev1Inggris vs Spanyol 1950. ?2014 Merdeka.com/dailymail.co.uk

Inggris harus pulang dengan tangan hampa karena tak lolos babak kualifikasi grup di Piala Dunia tahun 1950. Saat itu, Perang Dunia II baru saja berakhir dan gelaran Piala Dunia tahun itu adalah yang pertama kalinya setelah 12 tahun terhenti. Pada pertandingan-pertandingan persahabatan sebelum Piala Dunia 1950 dimulai, Inggris tampil memukau. Namun, apalah arti dari kemenangan pertandingan persahabatan jika nyatanya pada medan tarung Piala Dunia yang sesungguhnya Inggris justru dikalahkan Amerika Serikat. Kekalahan ini kemudian disusul dengan kekalahan lain dari Spanyol, yang memaksa Inggris pulang lebih awal.

3 dari 7 halaman

Italia (Piala Dunia 1966)

dunia 1966 rev7Italia vs Korea Utara 1966. ?2014 Merdeka.com/espn.go.com

Italia berada dalam grup yang sebenarnya tidak menyulitkan langkah mereka pada Piala Dunia tahun 1966, bersama Uni Soviet, Korea Utara, dan Chili. Sayang seribu sayang, mereka terlalu meremehkan Korea Utara yang waktu itu memang tak diunggulkan sama sekali untuk melaju dari babak kualifikasi grup. Awalnya, Italia sudah menang 2-0 saat berhadapan dengan Chili, namun mereka harus menelan pil pahit ketika kalah dari Uni Soviet dengan skor 1-0. Meski hanya membutuhkan hasil imbang dengan Korea Utara, nyatanya mereka malah takluk di menit ke-42 dengan skor 1-0 dan tak mampu menyamakan kedudukan.

4 dari 7 halaman

Brasil (Piala Dunia 1966)

dunia 1966 rev7Brazil vs Portugal 1966. ?2014 Merdeka.com/bbcimg.co.uk

Brasil adalah salah satu negara dengan tim nasional sepakbola terkuat di dunia. Nama-nama besar di kancah sepakbola profesional banyak yang berasal dari Brasil, sebut saja Ronaldo, Ronaldinho, Kaka, dan Pele. Namun, nasib buruk menimpa tim kuat ini di Piala Dunia tahun 1966. Bersamaan dengan Italia, mereka harus pulang terlebih dulu sambil menanggung malu karena dikalahkan Portugal di pertandingan terakhir penyisihan grup. Skornya pun cukup meyakinkan, 3-1 untuk kemenangan Portugal. Saat itu Pele tak dapat melakukan banyak pembuktian diri.

5 dari 7 halaman

Prancis (Piala Dunia 2002)

dunia 2002 rev3Prancis vs Denmark 2002. ?2014 Merdeka.com/whoateallthepies.tv

Prancis harus menanggung malu dan pulang lebih awal dari gelaran Piala Dunia 2002, yang berlangsung di Korea Selatan dan Jepang. Yang paling memalukan dari kegagalan Prancis ini adalah ketika mereka dikalahkan Senegal, yang sama sekali tak dijagokan untuk lolos dari babak kualifikasi grup. Kekalahan dari Denmark dengan skor 2-0 di pertandingan terakhir kualifikasi grup membuat wajah publik Prancis diterpa rasa malu, karena bintang sekelas Thierry Henry, David Trezeguet, dan Zinedine Zidane tak mampu membuktikan supremasi bola negara Prancis kala itu.

6 dari 7 halaman

Italia (Piala Dunia 2010)

dunia 2010 rev1Italia vs Slovakia 2010. ?2014 Merdeka.com/nationalpost.com

Italia lagi-lagi mengalami kekalahan memalukan di Piala Dunia dan harus pulang lebih awal dari gelaran akbar tersebut di tahun 2010. Berada satu grup dengan Paraguay, Slovakia, dan Selandia Baru, harusnya tim sekelas Italia yang bertabur bintang tidak mengalami kesulitan untuk lolos dari babak penyisihan grup. Namun kenyataannya, mereka malah tertatih-tatih, sebelum akhirnya dilibas Slovakia pada pertandingan terakhir babak kualifikasi grup. Sang jawara tahun 2006 harus pulang ke negaranya dengan kekalahan telak gara-gara sudah terlalu banyak pemain tua yang dibawa berlaga.

7 dari 7 halaman

Spanyol (Piala Dunia 2014)

dunia 2014 rev5Spanyol vs Belanda 2014. ?2014 Merdeka.com/cbsimg.net

Yang ini baru saja terjadi pada gelaran ajang Piala Dunia 2014 yang kini masih berlangsung. Predikat jawara di tahun 2010 ternyata tak mampu mengangkat semangat para punggawa Spanyol, terlebih saat mereka dipermalukan oleh Belanda yang notabene mereka libas habis di final Piala Dunia 2010 kemarin. Meskipun menang dari Australia di pertandingan terakhir penyisihan grup, angka 2-0 tersebut sudah tak lagi berarti karena mereka sudah ditakdirkan pulang lebih awal karena tampil begitu mengecewakan dan tak bergairah sama sekali. Timnas Spanyol mencatatkan sejarah memalukan bagi publik sepakbola negara mereka.

Yang mana yang menurut Anda paling menyedihkan? [mzh]

Baca juga:
Valdes bandingkan James Rodriguez dan Neymar
Tampil bernyali, Navas yakin Kosta Rika jungkalkan Belanda
Navas: Piala Dunia lebih penting dari masa depan saya
Fernandinho minta Brasil tak lagi emosional

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini