5 Jurus yang harus diterapkan pelatih baru Manchester United

Jumat, 9 Mei 2014 07:04 Reporter : Masithoh Azzahro Lutfiasari
5 Jurus yang harus diterapkan pelatih baru Manchester United Manchester United. ©REUTERS/Darren Staples

Merdeka.com - Setelah hengkangnya Moyes dari kursi kepelatihan Manchester United, tim jagoan Liga inggris yang turun ke papan tengah ini segera berbenah diri. Menunjuk Ryan Giggs, sang legenda hidup, menjadi pelatih sementara dirasa sebagai langkah yang tepat untuk memulai revolusi Red Devils.

Isu terakhir yang beredar, pelatih timnas Belanda, Louis van Gaal, akan segera didapuk mengganti posisi Moyes. Apa saja yang harus dilakukan van Gaal jika sudah terpilih nanti? Dilansir dari Bleacher Reports, inilah 5 di antaranya.

2 dari 6 halaman

Ubah formasi 4-4-2

4 4 2Jurus mengembalikan kejayaan MU. ©2014 Merdeka.com

Formasi ini menjadi langganan Manchester United sejak tahun 1992 dan memang berhasil memberikan banyak kemenangan. Namun, formasi 4-4-2 sepertinya sudah tak lagi relevan untuk mereka pakai lagi. Dibutuhkan beberapa winger dan pemain tengah yang memiliki skill lengkap untuk menghadang lawan, mengumpan bola, melepaskan tendangan jitu, dan berlari gesit untuk bisa mengoptimalkan formasi tersebut. Masalahnya, MU sedang 'miskin' pemain dengan kualitas lengkap seperti itu.

Jika Louis van Gaal betul-betul jadi berkarir di Old Trafford, pelatih yang terkenal dengan strategi 4-3-3 itu harus mencoba menerapkannya pada skuad Setan Merah. Dengan formasi ini, kemungkinan besar potensi Shinji Kagawa dan Juan Matta akan jadi lebih terekspos daripada sebelumnya.

3 dari 6 halaman

Buang saja pemain 'pengangguran'

pemain pengangguranJurus mengembalikan kejayaan MU. ©2014 Merdeka.com

Namanya juga sebuah tim yang sedang mengalami masa transisi, rasanya wajar jika para pengamat sepakbola menyarankan pelatih baru untuk 'menendang' beberapa pemain yang tidak memberikan kontribusi vital pada kerja tim. Ashley Young dan Antonio Valencia adalah salah duanya. Dari total pertandingan musim 2013/2014 sejauh ini, seperti dilansir dari WhoScored.com, mereka berdua hanya mampu menyumbangkan tak lebih dari 6 assists, dengan kondisi tim yang benar-benar membutuhkan suplai bola ke depan saat ini. Anderson dan Nani juga bisa dipertimbangkan untuk 'dibuang', karena toh mereka bisa dibilang selama ini lumayan 'menganggur'.

4 dari 6 halaman

Rekrut pemain kelas dunia sungguhan

kelas dunia sungguhanThomas Mueller. ©2014 Merdeka.com/bundesliga.com

Mungkin akan banyak fans yang setuju bahwa tindakan Moyes membeli Fellaini adalah kesalahan yang cukup berpengaruh. Alih-alih memboyong pemain yang betul-betul cemerlang dan mampu memberi kontribusi nyata pada lini tengah tim, Moyes malah membeli Marouane Fellaini, yang akhirnya malah menjadi kontroversi bagi MU karena permainannya yang cenderung emosional dan tanpa sumbangsih nyata. Jika van Gaal akhirnya bergabung dengan skuad Setan Merah, ada baiknya dia membawa pemain andalannya ketika melatih Bayern Munich, Thomas Mueller, ke Old Trafford.

5 dari 6 halaman

Rotasi ban kapten

kaptennemanja vidic. ©whoateallthepies.tv

Nemanja Vidic sudah betul-betul memberikan kemampuan terbaiknya dalam menjabat posisi kapten selama MU mengalami masa-masa sulit sepeninggal Sir Alex Ferguson. Nama Wayne Rooney sepertinya harus dicoret dari daftar calon kapten baru karena sepertinya dia lebih cocok untuk 'dipimpin' dan bukan memimpin. Dilihat dari sejarah Louis van Gaal dengan van Persie di timnas Belanda, rasanya kesempatan terbuka lebar bagi RvP untuk bisa menggantikan posisi Nemanja Vidic memegang tampuk kapten. Kita tunggu saja bagaimana keputusan sang pelatih baru nantinya.

6 dari 6 halaman

Pilih pendamping pelatih yang tahu sejarah MU

pelatih yang tahu sejarah muJurus mengembalikan kejayaan MU. ©2014 Merdeka.com

Tak ada satu pelatih pun di liga sepakbola manapun di dunia ini yang bisa berhasil menangani satu klub seorang diri, tanpa adanya asisten ataupun pendamping yang loyal dan satu visi. Dengan hadirnya Giggs sementara mengontrol skuad Setan Merah, tentu tak ada ruginya jika nanti van Gaal memilih Giggs sebagai tangan kanannya, mengingat Giggs sudah begitu loyal kepada MU selama bermusim-musim. Sang pelatih timnas Belanda tersebut akan butuh seseorang yang paham pola permainan MU dari masa ke masa, untuk semakin memantapkan revolusi MU saat ini.

Apakah Anda punya pendapat lain? [mzh]

Baca juga:
Sang Dewi Fortuna yang kerap bikin senyum tak percaya
Selisih gol jadi penentu juara, City punya pengalaman indah
Intip peluang juara liga Inggris: Selisih gol bisa jadi penentu
Review: Liverpool tersandung di rumah Sendiri
Norwich ujian pertama

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini