Zat dalam jahe ampuh redakan gejala asma?

Jumat, 7 November 2014 12:31 Reporter : Kun Sila Ananda
Zat dalam jahe ampuh redakan gejala asma? Ilustrasi jahe. ©Shutterstock.com/Dream79

Merdeka.com - Asma adalah salah satu penyakit yang sulit disembuhkan dan mudah kambuh. Namun sebuah penelitian mengungkap informasi terbaru yang bisa membantu para pasien asma. Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Allergy ini menunjukkan bahwa kebanyakan pasien penyakit pernapasan kronis seperti asma biasanya kekurangan vitamin D. Dengan begitu, pasien asma bisa membaik jika meningkatkan kadar vitamin D dalam dirinya atau dengan mengonsumsi jahe.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Dr Ronit Confino-Cohen dari Tel Aviv University, ditemukan bahwa kebanyakan pasien asma kekurangan vitamin D. Dari 21.000 pasien asma yang diteliti, 25 persen lebih berkemungkinan mengalami asma karena kekurangan vitamin D.

"Kami mengetahui bahwa orang dengan tingkat vitamin D yang tinggi lebih baik dalam mengontrol asma mereka," ungkap profesor Catherine Hawrylowicz dari King's College London, seperti dilansir oleh Daily Health Post (04/11).

Sementara itu, penelitian lain yang dilakukan di Amerika Serikat dan dipimpin oleh Elizabeth Townsend dari Columbia University juga mengungkap bahwa jahe memiliki zat yang bisa efektif meredakan gejala asma. Penelitian ini menemukan bahwa komponen dalam jahe, antara lain 6-gingerol, 8-gingerol, dan 6-shogaol bisa membuat otot pernapasan menjadi tenang dan rileks, sehingga membantu meredakan gejala asma.

Di antara ketiganya diketahui bahwa 6-shogaol adalah yang paling efektif untuk membuat otot pernapasan menjadi rileks. Meski begitu, penelitian ini dilakukan menggunakan ekstrak dari jahe dan tidak dilakukan dengan jahe biasa. Sehingga tak diketahui apakah mengonsumsi jahe biasa akan membantu meredakan gejala asma. [kun]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini