Zat besi dalam bayam bantu wanita atasi PMS

Kamis, 28 Februari 2013 16:16 Reporter : Kun Sila Ananda
Zat besi dalam bayam bantu wanita atasi PMS Ilustrasi bayam. ©Shutterstock.com/ Maria Komar

Merdeka.com - Makanan yang kaya zat besi ditengarai mampu menurunkan rasa sakit yang biasa diderita wanita saat PMS (Pre-Menstrual Syndrome), salah satunya adalah bayam. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa makanan yang kaya zat besi bisa mengurangi rasa mulas, iritasi, dan depresi yang menjadi gejala umum dari PMS.

Wanita yang mengonsumsi zat besi lebih dari 20 miligram memiliki kemungkinan 35 persen lebih rendah untuk mengalami rasa sakit saat menstruasi atau PMS dibandingkan dengan wanita yang mengonsumsi lebih sedikit zat besi dalam sehari. Tak perlu bingung memenuhi asupan zat besi karena hanya dengan mengonsumsi semangkuk sereal atau bayam saja sudah bisa memberikan Anda 24 miligram zat besi.

"Zat besi sangat penting dan dibutuhkan terutama bagi wanita yang sedang menstruasi," ungkap ahli nutrisi Mayling Kajiya, seperti dilansir oleh NY Daily News (27/02).

Wanita yang mengalami menstruasi harus mengonsumsi makanan seperti sayuran berdaun hijau gelap sebelum mengonsumsi pil untuk meredakan rasa sakit akibat PMS. Selain itu, diharapkan juga untuk mengonsumsi banyak vitamin C, karena vitamin ini membantu tubuh menyerap zat besi.

Jika ada makanan alami yang bisa mengurangi rasa sakit akibat menstruasi, kenapa harus memilih obat dari bahan kimia? [kun]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini