Yuk, kenali 7 ciri umum sifat si introvert!

Selasa, 4 November 2014 14:00 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Yuk, kenali 7 ciri umum sifat si introvert! Ilustrasi pendiam. Shutterstock/Roobcio

Merdeka.com - Apakah Anda termasuk orang yang tidak menyukai hiruk pikuk keramaian entah itu di tempat umum atau bahkan di sebuah pesta? Bisa jadi Anda memiliki sifat introvert. Pemiliki sifat introvert sendiri kurang menyukai suasana yang bising atau berada di tengah keramaian. Mereka lebih suka untuk fokus pada pikiran internal, perasaan, dan suasana hati mereka daripada hal-hal eksternal. Seringnya, pemilik sifat introvert sering dianggap sebagai orang yang pemalu.

Dilansir dari healthmeup.com, inilah beberapa ciri lain dari sifat introvert yang wajib untuk Anda ketahui.

Mereka menikmati kesendirian
Setiap kali mempunyai waktu untuk beristirahat, si introvert pasti akan menghabiskan waktu sendirian. Mereka menyukai aktivitas individu seperti berjalan santai, membaca buku, atau menonton film favorit. Aktivitas seperti itu akan membuat pikiran mereka menjadi lebih tenang dan damai.

Tidak terlalu suka bertemu orang baru
Meskipun mereka senang sekali mendapat kenalan atau teman baru, namun proses di awal berkenalan akan membuat mereka cemas. Sehingga mereka cenderung untuk tidak percaya diri atau tidak tertarik ketika bertemu dengan orang baru.

Tidak aktif di sekolah
Ketika duduk di bangku sekolah, pemilik sifat introvert cenderung tidak aktif. Mereka tidak terlalu percaya diri untuk mengungkapkan pendapat, mengajukan pertanyaan, atau menjadi sukarelawan untuk maju di depan kelas.

Suka mendengarkan musik di tempat umum
Karena pemilik sifat introvert tidak terlalu suka berada di tempat umum, maka mereka akan cenderung melakukan hal-hal yang bisa 'melindungi' mereka dari kerumunan. Salah satu caranya adalah mereka akan memakai headphone dan menciptakan dunia mereka dengan mendengarkan musik.

Perhatian pada detail
Salah satu nilai lebih seorang yang introvert adalah mereka sangat perhatian pada detail. Mata mereka begitu tajam dengan detail yang tidak diperhatikan orang lain.

Mereka memiliki kelompok pertemanan kecil
Karena orang introvert tidak pandai dalam sosialisasi, maka mereka hanya punya sekelompok kecil teman. Walaupun kecil, namun mereka sangat menikmatinya dan pertemanan ini biasanya berjalan dengan panjang.

Mereka berteman baik dengan ekstrovert
Secara mengejutkan, orang introvert ternyata bisa berteman baik dengan orang ekstrovert. Sebab orang ekstrovert akan mendorong mereka untuk melakukan sesuatu yang biasanya tidak berani mereka lakukan.

Itulah beberapa keunikan dengan orang dengan sifat introvert. Selain ciri tersebut, orang introvert pun juga memiliki perasaan yang sensitif. [feb]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini