Yuk atasi sakit kepala dengan yoga!

Selasa, 24 Juli 2012 13:04 Reporter : Kun Sila Ananda
Yuk atasi sakit kepala dengan yoga! Ilustrasi sakit kepala. ©shutterstock.com/lenetstan

Merdeka.com - Beberapa jenis sakit kepala kadang terlalu kuat hingga tak bisa diatasi bahkan oleh aspirin sekali pun. Sakit kepala seperti ini biasanya terasa pada leher, kepala bagian bawah, atas, dan pada pelipis.

"Sakit kepala semacam ini biasanya disebabkan oleh tekanan pada punggung bagian atas dan pundak," jelas Jyotsna Sahni, seorang staf dokter di Canyon Ranch Resort and Spa di Tucson, Arizona, seperti dilansir oleh Womenshealthmag.com.

Lalu bagaimana cara mengatasi sakit kepala seperti ini? Jangan khawatir, pertama-tama mulailah dengan mengendurkan rahang Anda dengan menyentuhkan ujung lidah ke langit-langit mulut, tepat di belakang gigi depan. Kemudian lakukan pose yoga berikut ini.

1. Pose Puppy (Uttana Shishosana)
Mulai dengan tangan Anda dan lutut dengan punggung lurus. Kemudian gerakkan tangan ke depan dan turunkan dahi ke lantai sambil menjaga posisi pinggul tetap tinggi. Tahan sambil bernafas panjang dan dalam lima hingga 10 kali. Cobalah lepaskan ketegangan dari bahu dan punggung atas Anda. Ulangi ini hingga dua atau tiga kali sehari.

2. Pose berbaring dengan sudut terikat (Supta Baddha Konasana)
Berbaringlah telentang dengan tangan di samping tubuh. Telapak tangan menghadap ke atas. Kemudian tekuk lutut dan letakkan telapak kaki Anda berhadapan dan bersentuhan. Ini akan membuat lutut Anda bergeser ke samping dan berlawanan arah. Kemudian gerakkan lengan Anda ke samping dan melewati kepala sambil bernapas dalam-dalam. Tahan hingga lima sampai 10 napas. Cobalah membuat tubuh Anda santai. Gerakan ini bisa dilakukan sekali dalam sehari.

Itulah dua pose yoga yang bisa Anda lakukan saat sedang mengalami sakit kepala hebat. Sekali-sekali mengurangi konsumsi obat-obatan seperti aspirin dan mencoba melakukan yoga untuk mengobati sakit kepala tentu baik untuk tubuh Anda. [kun]

Topik berita Terkait:
  1. Yoga
  2. Sakit Kepala
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini