Yogurt Bisa Bermanfaat Bantu Anak Obesitas Atasi Masalah Kesehatan Mereka

Kamis, 26 September 2019 05:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Yogurt Bisa Bermanfaat Bantu Anak Obesitas Atasi Masalah Kesehatan Mereka Ilustrasi yoghurt. ©2014 Merdeka.com/shutterstock/Sea Wave

Merdeka.com - Anak yang mengalami obesitas disarankan untuk mengonsumsi lebih banyak yogurt untuk membantu mereka menurunkan berat badan. Manfaat lain dari konsumsi yogurt ini adalah kandungan probiotik di dalamnya bisa menurunkan risiko munculnya penyakit jantung dan diabetes tipe-2.

Sebuah penelitian terbaru mengungkap bahwa konsumsi yogurt merupakan strategi efektif untuk masalah obesitas pada anak ini. Jika dikaitkan dengan kemampuan mencegah obesitas pada anak-anak, hal ini mungkin karena kandungan mikrobioma usus.

Dilansir dari The Sun, penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit Anak-Anak Fuzhou, Fujian, China. Penelitian ini melihat bagaimana probiotik mempengaruhi kesehatan dari anak obesitas antara usia 6-14 tahun.

Terdapat 54 anak-anak yang terlibat sebagai partisipan dalam penelitian tersebut. Seluruh partisipan tersebut memiliki pola makan dengan jumlah kalori dikurangi dan dikombinasikan dengan olahraga.

Berat badan dan petunjuk kesehatan metabolik diukur. Beberapa hal seperti tingkat gula darah dan insulin juga diukur sebelum dan pada akhir penelitian setelah 12 minggu.

1 dari 2 halaman

Kesehatan Metabolik

Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang mengonsumsi suplemen probiotik, yang ditemukan pada yogurt memiliki manfaat. Para anak-anak ini kehilangan lebih banyak berat badan secara signifikan serta gejala penanda lebih rendah yang menunjukkan masalah kesehatan metabolik lebih rendah.

Peneliti percaya bahwa probiotic membantu meningkatkan jumlah bakteri baik di usus. Kandungan ini disebut bisa membantu mempertahankan berat badan sehat.

"Hasil temuan kami menyarankan bahwa suplemen probiotik mungkin membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan kesehatan metabolik pada anak obesitas. Hal ini bisa jadi strategi efektif untuk pencegahan dan pengobatan obesitas di masa mendatang," terang peneliti, Professor Rui-Min Chen.

2 dari 2 halaman

Butuh Penelitian Lanjutan

Walau begitu, Professor Chen menyebut bahwa masih dibutuhkan penelitian lain untuk mengonfirmasi manfaat ini.

"Penelitian lebih lanjut dibutuhkan untuk mengonfirmasi temuan ini. Pasalnya jumlah partisipan kami kecil dan terbatas," terang Chen.

Obesitas pada anak-anak bukanlah masalah yang patut dikesampingkan. Kondisi obesitas pada anak-anak ini bisa berdampak panjang dan mempengaruhi kesehatan mereka di masa mendatang. [RWP]

Baca juga:
Ketenangan Orangtua Dibutuhkan Ketika Hadapi Anak yang Demam
Berbagi Cerita dengan Anak Bisa Bantu Perkembangan Otak Anak
Potret Muram Kemiskinan di RI, Bayi Diberi Kopi karena Orang Tua Tak Bisa Beli Susu
Apakah Aman Bagi Anak-Anak untuk Mengonsumsi Kopi?
Orang Tua Tidak Sanggup Beli Susu, Bayi di Sulbar Terpaksa Diberi Minum Kopi

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini