Yoga, tenangkan pikiran dan segarkan badan

Senin, 10 Agustus 2015 18:24 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Yoga, tenangkan pikiran dan segarkan badan Ilustrasi yoga. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Dmitry Berkut

Merdeka.com - Yoga merupakan olahraga asal India yang begitu populer di Indonesia. Awalnya juga diciptakan untuk memperbaiki teknik pernapasan Anda dan menjaga kesehatan mental. Sebab dengan serangkaian teknik yoga, Anda akan memperoleh ketenangan jiwa dan mendapatkan kekuatan spiritual.

Terlepas dari aspek spiritual tersebut, sudah banyak penelitian yang memaparkan manfaat fisiologis dari yoga. Dilansir dari healthmeup.com, berikut adalah manfaat melakukan yoga secara rutin.

Menurunkan stres

Ketika tubuh Anda stres atau tertekan, maka tubuh Anda mengeluarkan hormon kortisol yang membuat Anda selalu waspada namun Anda tubuh tetap berfungsi dengan baik. Sementara yoga akan membantu Anda dalam mengurangi produksi hormon kortisol tersebut sehingga akan membuat tingkat stres Anda turun dan Anda menjadi lebih tenang.

Mengeluarkan enzim antioksidan

Paparan zat berbahaya pada tubuh berkontribusi dalam pembentukan penyakit berbahaya seperti kanker dan mempercepat proses penuaan dalam tubuh. Untuk menangkal hal buruk ini, maka tubuh manusia membutuhkan sistem pertahanan internal yang kuat. Salah satunya adalah enzim antioksidan yang akan meningkat karena Anda melakukan yoga.

Merangsang sistem saraf

Yoga akan merangsang produksi sistem saraf parasimpatis. Sistem saraf ini berfungsi untuk menenangkan tubuh dan mengembalikan keseimbangan tubuh terutama setelah stres. Saat sistem saraf ini bekerja, darah akan mengalir ke kelenjar endokrin, organ pencernaan, dan organ lainnya yang mengurangi denyut jantung dan menurunkan tekanan darah. [feb] SELANJUTNYA

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini