Yakin Social Distancing #DiRumahAja yang Kamu Lakukan Sudah Tepat?

Selasa, 24 Maret 2020 00:00 Reporter : Iwan Tantomi
Yakin Social Distancing #DiRumahAja yang Kamu Lakukan Sudah Tepat? (c)shutterstock

Merdeka.com - Merebaknya wabah virus Corona membuat pemerintah akhirnya mengeluarkan kebijakan social distancing. Instruksi itu pun dikeluarkan langsung oleh Presiden Joko Widodo sejak 15 Maret 2020. Tujuannya untuk meminimalkan penyebaran COVID-19 di tengah masyarakat. Lewat social distancing ini pula, orang-orang dianjurkan #dirumahaja, baik untuk urusan kerja, belajar, hingga ibadah.

Pertanyaannya sekarang, sudahkah yakin social distancing yang kamu lakukan tepat atau sesuai anjuran yang benar?

Nyatanya, social distancing bukan berarti menganjurkan kamu untuk mendekam di rumah dan tidak bertemu siapa-siapa. Yang benar, social distance adalah menjaga jarak, dan bijak memilih orang yang kamu ajak berinteraksi, tidak perlu keluar rumah kalau tidak mendesak, serta tetap menjaga kebersihan dan imunitas tubuh.

Nah, biar social distancing kamu makin optimal, beberapa cara ini bisa kamu coba.

1 dari 6 halaman

Rajinlah Mencuci Tangan Pakai Sabun dan Air Bersih

tangan pakai sabun dan air bersih(c)shutterstock

Rajinlah mencuci tangan menggunakan sabun dan air yang mengalir, setidaknya selama 20 detik beberapa kali dalam sehari. Lakukan sebelum memasak atau makan, setelah keluar dari kamar mandi, serta setelah menutup hidung saat batuk atau bersin. Cara tersebut cukup efektif untuk mencegah diri dari infeksi COVID-19.

2 dari 6 halaman

Penuhi Kebutuhan Pokok di Rumah

pokok di rumah(c)shutterstock

Selama masa isolasi berlangsung, ada baiknya kamu menyuplai kebutuhan bahan pokok di rumah. Bila perlu, belanja sekaligus untuk beberapa hari, tapi jangan sampai melakukan panic buying agar tak merugikan orang lain. Selain sayur dan buah-buahan, makanan kemasan, termasuk makanan beku dan yang tak mudah rusak bisa distok di rumah. Dengan begitu, kamu jadi tak harus bolak-balik keluar hanya untuk membeli makan.

3 dari 6 halaman

Siapkan Juga Obat-Obatan di Rumah

obat obatan di rumah(c)shutterstock

Jika di rumah tersedia P3K, lekas cek apa saja obat-obatan yang sudah habis. Baru kemudian, beli di apotek sisanya. Setidaknya, beberapa obat yang perlu disiapkan di rumah adalah obat penghilang rasa nyeri, penurun demam, juga dekongestan. Sebab, obat-obatan tersebut dinilai bisa meredakan gejala ringan COVID-19.

4 dari 6 halaman

Jangan Malas Bersih-Bersih Rumah

bersih bersih rumah(c)shutterstock

Ingatlah, kamu akan lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Jadi, biar kondisi rumah tetap nyaman, serta bebas virus dan kuman penyakit, jangan malas untuk bersih-bersih. Pastikan debu-debu di pojok rumah juga ikut dibersihkan. Selain itu, sering-seringlah mengepel rumah dan mengganti pengharum ruangan, sehingga kamu bisa betah berhari-hari di rumah.

5 dari 6 halaman

Terus Update Informasi Seputar COVID-19

informasi seputar covid 19(c)shutterstock

Hal yang tak kalah penting untuk kamu lakukan adalah mengikuti perkembangan COVID-19, di berbagai media. Jika ada anjuran baru dari pemerintah, pastikan tidak ketinggalan. Dengan begitu, bila hal buruk terjadi, setidaknya kamu sudah antisipasi lebih dini.

6 dari 6 halaman

Jangan Ragu untuk Bertanya Langsung ke Dokter

untuk bertanya langsung ke dokter(c)shutterstock

Sebagai pemungkas, jangan ragu untuk bertanya langsung ke dokter. Lebih-lebih jika kamu mengalami gejala yang serupa COVID-19, seperti demam, flu, hingga kesulitan bernapas. Biar lebih efektif, tanpa buru-buru panik keluar rumah, kamu bisa mengandalkan aplikasi Halodoc yang bisa kamu unduh dengan mudah App Store maupun Google Play.

Lewat aplikasi tersebut, kesehatan kamu di rumah bisa dievaluasi melalui layanan pesan (chat), maupun video atau voice call. Seringan apapun gejala yang kamu alami, jika memang mengarah ke COVID-19, lekaslah konsultasikan dengan dokter. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan penanganan lebih cepat. Makanya, unduh aplikasi Halodoc sekarang juga di sini.

[boo]
Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Advertorial
  3. Corona
  4. Covid 19

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini