Waspadai Makanan Berbahan Sayur Namun yang Bisa Buat Gendut

Senin, 15 Maret 2021 09:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Waspadai Makanan Berbahan Sayur Namun yang Bisa Buat Gendut Cah brokoli sosis tofu. ©2016 cookpad.com

Merdeka.com - Selama ini, sayuran selalu dikaitkan sebagai salah satu makanan sehat yang sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Namun, pada kondisi tertentu, sayuran justru bisa menyebabkan bertambahnya berat badan.

Ahli gizi komunitas, Dr dr Tan Shot Yen, mengatakan bahwa sayur sangat rendah kalori dan tidak bisa menjadi penyebab kegemukan. Walau demikian, olahan berkedok sayur dapat menjadi sumber masalah dan pada akhirnya menyebabkan kegemukan serta tidak sehat bagi tubuh.

Tan mencontohkan salah satu resep sayur yang tidak sehat adalah brokoli saus keju. Resep tersebut menggunakan 100 gram brokoli, 1 buah kentang, 25 gram tepung terigu, 50 gram keju cheddar parut, 250 ml susu putih, 25 gram margarin, 1 sendok teh saus tomat, garam secukupnya, dan merica secukupnya.

“Asli, ini contoh bagus kenapa makan sayur jadi gendut dan sama sekali tidak sehat,” ujar Tan kepada Health Liputan6.com beberapa waktu lalu.

Ia juga menyampaikan alasan mengapa resep tersebut tidak sehat. Pertama, karena lebih banyak produk ultra proses-nya ketimbang brokoli. Kedua, tepung, saos, margarine, keju (fake cheese). Ketiga, mengajak orang terus menggunakan trans fat.

“Padahal WHO sudah bersumpah menghapusnya per 2023,” terangnya.

Baca Selanjutnya: Pikiran Manipulatif...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini