Waspadai Kondisi Mata Lelah, Perhatikan Gejala yang Muncul Ini

Selasa, 2 Juli 2019 13:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Waspadai Kondisi Mata Lelah, Perhatikan Gejala yang Muncul Ini mata lelah. ©2012 panitcar.com

Merdeka.com - Menonton televisi terutama dalam jangka waktu lama bisa menghadirkan masalah bagi mata. Hal yang biasa terjadi ketika menonton TV adalah mata yang menjadi lelah.

Mata lelah atau asthenopia merupakan kondisi mata yang menimbulkan sejumlah gejala seperti kelelahan, sakit di sekitar mata, pandangan memburam, pusing, dan bahkan kadang pandangan berbayang. Dilansir dari verywell Health, gejala ini dapat muncul ketika menonton TV dalam jarak dekat, membaca, bekerja di depan komputer, atau melakukan aktivitas dalam jarak dekat dengan mata.

Sejumlah gejala tersebut muncul ketika mata mencoba untuk fokus pada obyek yang berjarak dekat. Hal ini terutama ketika dilakukan dalam jangka panjang sehingga otot sekitar mata menjadi tegang dan mudah lelah.

Gejala yang muncul dari masalah kesehatan ini adalah:

- Mata sakit atau iritasi
- Kesulitan untuk fokus
- Mata kering atau berair
- Pandangan buram
- Mata semakin sensitif dengan cahaya
- Rasa sakit di leher, pundak, dan punggung.

Kelelahan pada mata dapat muncul ketik seseorang berusaha untuk lebih sedikit berkedip ketika menonton TV atau melakukan hal ini. Secara rata-rata, seseorang bakal berkedip 18 kali semenit untuk menyegarkan dan melubrikasi mata.

Namun sebuah penelitian terdahulu mengungkap bahwa seseorang berkedip separuh kali lebih sedikit ketika menonton televisi atau komputer. Jarang berkedip ini sering menghasilkan kondisi mata yang kering, lelah, gatal, dan panas.

Selain karena duduk terlalu dekat, menonton TV terlalu banyak bisa menyebabkan mata lelah karena mencoba fokus secara konstan pada obyek kecil dan terang di dalam ruang gelap. Ruang gelap ini menyebabkan iris mata terbuka lebih lebar untuk menyerap lebih banyak cahaya. [RWP]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini