Waspada! Sering Lupa Bisa Jadi Pertanda Munculnya Demensia

Selasa, 10 September 2019 16:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Waspada! Sering Lupa Bisa Jadi Pertanda Munculnya Demensia ilustrasi demensia. ©2015 Merdeka.com/ www.iran-daily.com

Merdeka.com - Banyak orang yang sering lupa terhadap sejumlah hal yang baru saja dilakukan. Hal ini terutama terjadi pada hal-hal sepele seperti di mana kita meletakkan kunci maupun pulpen.

Bagi banyak orang, lupa yang dialami ini merupakan masalah kecil yang mereka alami sehari-hari. Namun walau terlihat sepele, kamu perlu berhati-hati karena bisa jadi tanda adanya masalah lebih lanjut.

Menurut dokter spesialis kedokteran jiwa Tribowo Tuahta Ginting, tanda seringkali lupa bisa berpotensi demensia atau kondisi penurunan daya ingat dan cara berpikir.

"Memang bisa saja terjadi, terlebih lagi sering lupa terjadi pada dewasa muda. Yang lebih penting, kalau kejadian sering lupa itu menjelang usia 50 tahun. Mungkin kita harus waspada dan hati-hati lho bisa timbul demensia," jelas Bowo, sapaan akrabnya dalam siaran Live Streaming Radio Kesehatan Kementerian Kesehatan RI.

Namun, faktor sering lupa bukan satu-satunya pemicu seseorang menderita demensia. Faktor lain, seperti alzheimer, gangguan metabolik dan vaskular bisa menjadi penyebab timbulnya demensia.

"Masih ada faktor penyebab demensia lain. Enggak cuma melihat satu faktor penyebab saja," lanjut Bowo.

Upaya mencegah demensia bisa dilakukan. Ketercukupan gizi seimbang, baik vitamin, mineral, protein, dan zat gizi lain harus ada.

"Pencegahan demensia ada, yakni nutrisi harus mencukupi kebutuhan tubuh sehari-hari, pola makan yang sehat dan lingkungan mendukung," tambah Bowo, yang berpraktik di RS Persahabatan Jakarta.

Bowo juga mengingatkan, bila Anda cukup pelupa dianjurkan mendeteksi dini ke pelayanan medis.

"Jangan lengah saat kehilangan memori. Ini bisa jadi tanda demensia. Perlu deteksi dini bagaimana kesehatan kognitif," tandas Bowo.

Reporter: Fitri Haryanti Harsono
Sumber: Liputan6.com [RWP]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini