Waspada! Menurunkan Berat Badan Bakal Lebih Sulit Usai Umur 30 Tahun

Senin, 1 Juli 2019 13:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Waspada! Menurunkan Berat Badan Bakal Lebih Sulit Usai Umur 30 Tahun menurunkan berat badan. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Kondisi individu yang berbeda bisa membuat upaya yang perlu dilakukan untuk menurunkan berat badan jadi berbeda. Salah satu hal yang ternyata bisa berpengaruh dalam menurunkan berat badan ini adalah usia seseorang.

Dilansir dari Times of India, tubuh seseorang disebut tidak membakar kalori dengan cara yang sama seumur hidup. Ketika kamu masuk ke usia 30 tahun, massa otot dan kekuatan menurun sehingga tubuh membakar lebih sedikit kalori.

Melissa Halas-Liang dari California Academy of Nutrition and Dietetics menyebut bahwa hal ini dialami baik oleh pria dan wanita. Oleh karena itu, kamu perlu berupaya lebih keras untuk membakar lemak ketika melewati usia ini.

Kemampuan tubuh untuk membakar kalori ini biasanya mulai terus menurun usai 30. Kemampuan tubuh untuk melakukan berbagai fungsi dasar seperti bernapas menurun 10 persen ketika kamu berusia 50 tahun. Pada umur 70 tahun, kemampuan ini bakal menurun sekitar 20-25 persen.

Semakin menurunnya energi yang dihasilkan oleh tubuh seseorang ini berarti semakin menurunnya kalori yang dibakar. Walau begitu, hal ini bisa lebih berdampak pada pinggul wanita.

Besarnya efek pada wanita ini disebabkan karena perubahan hormon yang terjadi saat menopause yang bisa berdampak buruk pada upaya menurunkan berat badan. Pada pria, menurunkan berat badan cenderung lebih mudah karena mereka memiliki massa otot lebih tinggi dan metabolisme yang lebih cepat dibanding wanita walau usia bertambah.

Walau bakal sulit, namun masih sangat besar peluangmu untuk menurunkan berat badan usai usia 30. Hanya saja, kamu perlu untuk mengonsumsi makanan sehat dalam jumlah tepat dan disertai olahraga yang cocok. [RWP]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini