Wanita tinggi dan langsing bisa punya banyak anak

Sabtu, 27 April 2013 18:28 Reporter : Destriyana
Wanita tinggi dan langsing bisa punya banyak anak ilustrasi tubuh langsing. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Pressmaster

Merdeka.com - Para ilmuwan mengatakan bahwa peningkatan kesehatan dan gizi menyebabkan wanita tinggi dan langsing bisa memiliki banyak anak dibanding mereka yang bertubuh pendek.

Studi yang dilakukan oleh Universitas Durham ini diikuti dua komunitas wanita di Gambia. Penelitian ini juga menantang gagasan bahwa tingkat kematian rendah di Barat telah menghambat seleksi alam, dan bahwa evolusi umat manusia telah berhenti.

Data yang dikumpulkan oleh Medical Research Council, Inggris, antara tahun 1956 dan 2010 digunakan untuk sebagai informasi pendukung mengenai penduduk dua desa di Gambia. Para peneliti juga mengumpulkan data menyeluruh mengenai tinggi dan berat badan para wanita.

Selama penelitian, kedua komunitas mengalami pergeseran demografi yang signifikan - dari kematian yang tinggi sampai tingkat kesuburan yang menurun drastis. Namun, penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Current Biology ini tidak dapat menentukan dengan tepat mengapa hal tersebut terjadi.

Diperkirakan, kesehatan yang lebih baik menentukan bisa atau tidaknya wanita bereproduksi. Ada bukti bahwa tren serupa juga terlihat di Inggris, meskipun untuk alasan yang berbeda.

Studi tersebut menemukan bahwa pria bertubuh tinggi cenderung memiliki lebih banyak anak dan wanita dengan bobot tubuh lebih rendah juga cenderung memiliki lebih banyak anak. [des]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini