Walau Tak Bisa Sembuh, Namun Kanker Tetap Bisa Dikontrol

Senin, 5 Desember 2022 09:40 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Walau Tak Bisa Sembuh, Namun Kanker Tetap Bisa Dikontrol Ilustrasi Kanker. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Penyakit kanker merupakan salah satu hal yang ditakuti oleh banyak orang. Ketika seseorang menderita penyakit ini, butuh penanganan yang lebih lanjut untuk mengatasinya.

Dokter Spesialis Onkologi dari RSUP Persahabatan dr. Oni Khonsa, Sp.OG, Subsp. Onk mengatakan penyakit kanker tidak bisa disembuhkan namun dapat dikendalikan.

"Kalau kanker itu definisinya bukan sembuh, dia sama seperti asma, hipertensi, diabetes, ada kekambuhan bila tidak dikontrol, jadi pengobatan ini biar lebih terkontrol," ujar dr. Oni beberapa waktu lalu dilansir dari Antara.

Lebih lanjut, dr. Oni mengatakan kanker bukanlah penyakit yang bisa disembuhkan layaknya tuberkulosis (TB). Kanker sendiri memiliki banyak jenis hingga tingkat keparahan yang berbeda.

Menurut dr. Oni, kambuh atau tidaknya sel kanker sangat ditentukan dari pengobatan, terapi dan juga gaya hidup pasiennya.

"Sesering apa kambuhnya? Itu sangat erat dengan stadium, jenis kankernya dan kondisi-kondisi lain penyerta pasien, bagaimana membuat pola hidup yang baik," ujar dr. Oni.

2 dari 2 halaman

Sementara itu, dr. Oni juga mengatakan bahwa kista tidak selalu menjadi cikal bakal dari kanker. Hanya kista endrometrium saja yang bisa berkembang menjadi kanker.

Meski demikian, pemeriksaan lebih lanjut perlu dilakukan untuk mengetahui ganas atau tidaknya jenis kista tersebut.

"Mengarah ke ganas atau tidak dilihat dari tes, kista yang diduga jinak bisa berubah sifatnya. Ini bisa bertransformasi karena ada paparan karsinogen seperti dari zat kimia, rokok, vape," kata dr. Oni.

"Kalau ternyata waktu diperiksa kistanya masih eksis, terutama endrometrium maka hindari potensi karsinogen. Kista harus diambil dan dilihat jinak atau enggak tapi kalau enggak diambil harus dipantau terus," tandasnya. [RWP]

Baca juga:
Perlu Diwaspadai, Kenali Beda Tahi Lalat Sehat dan Indikasi Kanker
Konsumsi Buah dan Sayur secara Rutin Bisa Kurangi Risiko Kanker
Tekan Risiko Kanker Serviks dengan Cegah Seks di Usia Dini
Konsumsi Pil KB Sejak Remaja Bisa Pengaruhi Risiko Kanker Payudara
Kompor Gas Hasilkan Senyawa Benzena, Bisa Picu Kanker?

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Fakta Kesehatan
  3. Kanker
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini