Wajib Tahu, Ini Keuntungan Rutin Imunisasi Bagi Orang Dewasa

Jumat, 16 Oktober 2020 16:25 Reporter : Merdeka
Wajib Tahu, Ini Keuntungan Rutin Imunisasi Bagi Orang Dewasa Vaksin untuk dewasa dan keluarga. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Badan Kesehatan Dunia atau WHO secara spesifik menyebutkan, terutama kepada orang dewasa, selama pandemi sebaiknya mendapatkan vaksinasi influenza dan pneumonia. Upaya tetap sehat wajib dilakukan dengan mencegah penyakit, salah satunya melalui imunisasi untuk menjaga kekebalan tubuh.

Perlu juga diperhatikan terkait adanya penyakit yang pembawanya (carrier) adalah orang dewasa dimana bisa menularkannya kepada anggota keluarga lain termasuk bayi dan anak-anak. Untuk tetap sehat, anak-anak bukan hanya perlu imunisasi tetapi juga membutuhkan orang tua dan orang dewasa di sekitarnya yang sehat.

Menurut dr. Dirga Sakti Rambe, M.Sc, Sp.PD, Dokter Spesialis Penyakit Dalam dan Vaksinolog, menyatakan bahwa WHO secara spesifik menyebutkan, terutama kepada orang dewasa, selama pandemi sebaiknya mendapatkan vaksinasi influenza dan pneumonia atau PCV. "Vaksinasi influenza itu sendiri perlu dilakukan rutin setiap tahun," jelasnya.

Hal ini disampaikan dr. Dirga dalam acara Forum Dialog Kabar Kamis bertema 'Mengapa Vaksin Penting? Perlukah untuk Orang Dewasa?' yang diselenggarakan di Media Center Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Kamis 15/10/2020. Melakukan imunisasi di usia dewasa maupun lanjut usia menjadi salah satu upaya dalam menjaga kesehatan melalui pembentukan kekebalan tubuh terhadap penyakit tertentu. [hhw]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Berita Kemenkominfo
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini